KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniSegudang Manfaat Bila Berpikiran Positif oleh : Bunga Wiladatika
22-Sep-2018, 15:10 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berpikiran positif mendatangkan beragam manfaat bagi kesehatan jiwa dan raga. Berpikiran positif adalah bagaimana cara kita menghadapi suatu hal secara logis dari segi yang positif, sehingga mampu menjalani berbagai aspek masalah dalam kehidupan. Apa saja manfaat baik yang
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

Hidup adalah Belajar 29 Aug 2018 06:45 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 
 
PENDIDIKAN

Pemkab Lutra Belajar Standar Pelayanan Pendidikan di Purworejo
Oleh : Basri Andang | 04-Des-2011, 23:43:24 WIB

KabarIndonesia - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara akan menerapkan standar pelayanan minimal (SPM) di dalam perumusan kebijakan dan pelaksanaan pendistribusian guru yang proporsional. Salah satu upaya untuk memahami konsep dan implementasi kebijakan tersebut tim Kabupaten Luwu Utara akan berkunjung ke Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Tim akan belajar keberhasilan Kabupaten Purworejo menerapkan SPM di dalam kebijakan redistribusi guru serta berhasil melakukan efisiensi anggaran sebesar Rp. 5 milyar setahun. Kunjungan akan dilakukan pada tanggal 3 – 7 Desember 2011.

Saat ini Pemkab Luwu Utara tengah berupaya meningkatkan pelayanan publik di bidang pendidikan terkait penerapan Standar Pelayanan Minimum Pendidikan Dasar (SPMPD) sesuai Permendiknas 15 tahun 2010, serta penerapan standar ISO bagi pelayanan kesehatan Puskesmas. Namun di dalam mengimplementasikannya masih ditemukan banyak kendala, terutama terkait dengan kualitas dan distribusi guru, manajemen data dan sekolah, dan alokasi anggaran yang efektif dan efesien. Dengan dukungan program KINERJA USAID, telah dilaksanakan lokakarya Standar Pelayanan Minimum di Kabupaten Luwu Utara. Pelaksanaan kunjungan belajar ini merupakan tindaklanjut dari lokakarya tersebut.

Menurut Wahyu, LPSS KINERJA USAID Kabupaten Luwu Utara, kunjungan ini penting agar Pemkab Lutra mendapat gambaran mengenai upaya dan langkah apa saja yang telah berhasil dijalankan oleh Pemkab Purworejo. Keberhasilan Kabupaten Purworejo adalah di dalam melakukan redistribusi guru, re-grouping sekolah, dan menyelenggarakan kelas rangkap yang memberi dampak terhadap penghematan anggaran daerah (APBD) hingga mencapai 5 milyar rupiah per tahun. Kabupaten tersebut juga telah mampu menerapkan Standar Pelayanan Minimum sesuai Permendiknas No 15 tahun 2010. Purworejo juga merupakan daerah yang telah berhasil menerapkan pengukuran kinerja Pemda dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan public di bidang pendidikan.

Secara khusus, tim Kabupaten Lutra akan mempelajari dan memetakan proses yang dilakukan Pemkab Purworejo di dalam menerapkan SPMPD yang terkait dengan kebijakan distribusi guru yang proporsional, manajemen pendataan, re-grouping sekolah, pengelolaan sekolah rangkap, sekolah unggulan (RSBI, ISO), puskesmas (ISO) dan system penganggaran yang efesien dan efektif.

Kunjungan belajar ini akan diikuti oleh 13 orang, yang terdiri dari dua kelompok, yakni unsur Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait pendidikan. Dari unsur Pemda yang akan diikut adalah Pimpinan Daerah (Bupati), Bappeda, BKDD, Dikorda, dan Dinas Kesehatan, Ortala, dan Bagian Hukum Pemkab Luwu Utara. Dari unsur Non Pemerintah yang akan ikut di dalam tim sebanyak 3 orang. Mereka berasal dari PGRI, Tokoh Masyarakat/Komite Sekolah, dan wartawan local. Wahyu Irianto dari KINERJA USAID akan mendampingi tim berangkat ke Kabupaten Purworejo. Dari unsur Pemerintah akan memanfaatkan dana APBD 2011 dan unsur non Pemerintah akan mendapat dukungan pendanaan dari KINERJA USAID.

Di dalam agendanya, rombongan akan bertemu Bupati dan Wakil Bupati, Sekda, DPRD Purworejo, kemudian diskusi dengan Bappeda, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan mengenai praktek yang baik di dalam pelayanan publik yang dilakukan masing-masing SKPD. Lalu berkunjung ke UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) dan beberapa sekolah yang telah menerapkan distribusi guru, kelas rangkap sekolah unggulan. Begitu juga dengan Puskesmas yang berhasil menerapkan SPM kesehatan dan pengelolaan puskesmas berstandar ISO. (*)




Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/








 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia