KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniCarut-Marut Pendidikan Indonesia oleh : Ashiong Parhehean Munthe
03-Aug-2015, 18:10 WIB


 
 
Carut-Marut Pendidikan Indonesia
KabarIndonesia - Carut-marut dunia pendidikan di tanah air, menjadi gambaran yang tansparan atas buruknya pengelolaan pemerintah atas pendidikan. Misalnya masih kurangnya distribusi guru di daerah-daerah, karena masih tertumpuk di wilayah perkotaan padahal Indonesia sekarang menurut PGRI masih krisis guru.
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Pikiranku 19 Jul 2015 06:37 WIB

Hilang Arah 19 Jul 2015 06:35 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PENDIDIKAN

Penilaian PAK Guru Golongan IV di LPMP DIY
Oleh : Affan Safani Adham | 03-Apr-2010, 17:21:38 WIB

KabarIndonesia - Sebanyak 143 berkas usulan guru golongan IVa, IVb, dan IVc  se Provinsi D.I. Yogyakarta telah dinilai oleh Tim Penilai Pusat Setjen Kemendiknas pada 9 - 13 Maret 2010 yang lalu. Penilaian dilaksanakan di LPMP D.I. Yogyakarta dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Suhardjono.

Menurut Kasi FSP LPMP DIY Taufan Agus Hanafi, hasil penilaian pada periode ini sangat memuaskan dengan indikator 83,2% guru pengusul berhasil memperoleh nilai dari unsur pengembangan profesi. "Hal ini sangat menggembirakan karena selama ini para guru golongan IVa menganggap kewajiban mengumpulkan nilai 12 dari unsur pengembangan profesi merupakan momok yang menghambat karir kepangkatan mereka," jelas Taufan Agus Hanafi.

Menurutnya, unsur pengembangan profesi adalah komponen penilaian yang diperoleh dari aktivitas para guru dalam melakukan penelitian, pengembangan bahan ajar, penciptaan karya seni monumental dan pertunjukan. Sehingga yang diajukan dalam penilaian dapat berupa laporan penelitian tindakan kelas, ringkasan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah berkala, tulisan ilmiah populer, buku, diktat, alat peraga, teknologi tepat guna, serta portofolio penciptaan karya seni yang telah di ekspose dalam pameran maupun pagelaran. Hasil lengkap penilaian dari 143 pengusul itu sebanyak 41 guru (28,7%) mendapat nilai 12 atau lebih sehingga langsung dapat dinaikkan jabatan fungsionalnya setingkat lebih tinggi, 78 guru (54,6%) berhasil mendapatkan nilai pengembangan profesi meskipun belum mencapai 12 sehingga diharapkan dapat mengajukan karya tambahan pada periode berikutnya.

Sedangkan 24 guru (16,8%) yang belum berhasil memperoleh nilai diharapkan terus berusaha melakukan kegiatan pengembangan profesi. Dengan hasil ini, Taufan menghimbau para guru golongan IV di DIY yang belum memiliki karya pengembangan profesi agar optimis dan mencoba memulai melaksanakan penelitian, menyusun KTI, membuat diktat, atau membuat karya seni sesuai amanat Kepmenpan nomor 84 tahun 1993.

Hal ini, katanya, selain untuk percepatan peningkatan karir kepangkatannya juga sebagai upaya meningkatkan kontribusi guru terhadap kinerjanya dan tugas profesinya.

Berdasarkan data NUPTK, di DIY terdapat 19.428 PNS guru golongan IV/a, dan hingga saat ini yang telah mengusulkan penilaian angka kredit di LPMP DIY baru 485 orang. LPMP DIY bersama Dinas Pendidikan kab/kota/provinsi akan terus melakukan pembinaan sehingga lebih banyak lagi jumlah guru yang melaksanakan kegiatan pengembangan profesi dan mengajukan usulan penilaian PAK. Taufan menegaskan agar para guru tidak perlu khawatir dengan terbongkarnya praktik pemalsuan PAK golongan IV/b.

Sepanjang guru mendaftarkan usulan penilaian PAK di Subbag Kepegawaian Dinas Pendidikan, maka berkas usulannya oleh Dinas Pendidikan akan diserahkan ke LPMP untuk dinilai oleh Tim Penilai dari Setjen Kemendiknas.

LPMP DIY menjamin penilaian dilaksanakan murni sesuai kaidah akademik dan dipastikan bersih dari unsur suap, serta tidak dipungut biaya sepeser pun.

Pada tahun anggaran 2010 LPMP DIY direncanakan kembali akan melaksanakan penilaian sekitar Bulan Oktober 2010, sehingga para guru disilakan mendaftarkan berkas usulannya ke Dinas Pendidikan kab/kota/provinsi.


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mengelola Bisnis Menggiurkan di Tapanulioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
24-Jul-2015, 20:08 WIB


 
  Mengelola Bisnis Menggiurkan di Tapanuli Demam batu akik sudah berlangsung hampir setengah tahun sejak Februari 2015. Demam akik juga melanda kawasan Tapanuli di Sumatera Utara. Tapanuli Tengah misalnya sudah melakukan pameran akik. Fenomena akik juga mewarnai kawasan Tapanuli Utara. Awalnya hanya dua orang pengelola, belakangan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
TNI Polri Jangan Mau Diadu Domba 28 Jul 2015 09:27 WIB

Mewujudkan Damai Itu Indah 27 Jul 2015 23:03 WIB

 
Indonesia Sambut Ferrari 488 GTB 31 Jul 2015 10:18 WIB


 

 

 
PHE ONWJ Optimis Capai Target 31 Jul 2015 10:17 WIB


 
Jadwal Copa America 2015 11 Jun 2015 13:43 WIB

 
Mengenang Chris Siner Key Timu 13 Mei 2015 18:00 WIB

Badan Kecil, Semangat Tinggi 30 Apr 2015 07:41 WIB

 

 
Deteksi Kanker Sejak Dini 06 Jul 2015 22:55 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia