KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKota Pintar akan Ciptakan Peluang Besar, Bagaimana dengan Indonesia? oleh : Rohmah Sugiarti
20-Mei-2017, 05:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sejumlah negara di dunia, menerapkan kemajuan teknologi informasi pada proses adaptasi untuk melahirkan model pendekatan pembangunan yang relatif baru yang disebut Kota Pintar (Smart City).

Kota Pintar didesain mampu meningkatkan produktivitas manusia yang tinggal di dalamnya,
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Nantikanlah Kedatanganku 25 Apr 2017 23:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PENDIDIKAN

Rumah Baca di Lereng Merapi
Oleh : Gendhotwukir | 24-Des-2008, 23:39:51 WIB

KabarIndonesia - Komunitas Merapi yang selama ini juga berbasis di milis mulai menggeliat lagi untuk melakukan tindakan nyata di masyarakat. Setelah menerbitkan buku kumpulan cerpen Opera Zaman (Grafindo, 2006) dan mendirikan sebuah rumah baca di daerah gempa bantul, kini Komunitas Merapi mendirikan lagi sebuah Rumah Baca di Lereng Merapi tepatnya di Dusun Gemer, Ngargomulyo, Dukun, Magelang, Jawa Tengah.

Puluhan Warga Dusun Gemer pada hari Selasa (23/12) secara gotong royong dan antusias mulai membangun rumah baca tersebut. Proyek amal ini merupakan proyek lanjutan dari proyek-proyek amal sebelumnya. Rumah baca yang terletak di Lereng Merapi ini selanjutnya diberi nama Rumah Baca “Komunitas Merapi” sesuai dengan nama milisnya dan terbuka untuk umum. Siapapun bisa mengakses rumah baca ini.

Rumah Baca ini terletak di Lereng Gunung Merapi. Tidak mengherankan, setiap saat warga Dusun Gemer ini siap untuk diungsikan karena bahaya letusan dari Gunung Merapi. Warga Dusun Gemer dan sekitarnya mayoritas mata pencahariannya adalah petani. Anak-anak petani ini kurang beruntung karena kekurangan akses buku-buku bacaan, padahal minat baca mereka cukup tinggi.

Rumah baca yang terletak di zona rawan letusan Gunung Merapi ini dibangun dengan model terbuka. Siapapun bisa mengakses dengan mudah dan tanpa birokrasi yang ribet. Tujuan didirikannya rumah baca di dusun ini tentu saja untuk meningkatkan pengetahuan warga dusun sesuai moto rumah baca ini yaitu “Membaca adalah Ibu Pengetahuan”.

Pembangunan Rumah Baca Komunitas Merapi secara permanen ini merupakan aksi lanjutan yang terwujud berkat kerja sama Komunitas Merapi dengan KKI Koeln Jerman, KKS Melati Jakarta, Komunitas Terminal Tiga, Penerbit Grafindo, Komunitas Cah Andong Yogyakarta, Warga Dusun Gemer dan tentunya Bapak Y. Sukisno dari Dusun Gemer yang selanjutnya menjadi penanggung jawab rumah baca ini.

Rumah Baca Komunitas Merapi ini lahir dari komitmen masyarakat lokal yang benar-benar mendambakan kemudahan akses bacaan yang mendidik. Rumah Baca ini juga bukan merupakan bentukan LSM atau NGO. Rumah baca ini bersifat independen dan tidak untuk tujuan komersial.

“Warga dusun juga perlu bacaan yang bermutu. Oleh sebab itu kami menyambut dengan antusias pendirian rumah baca ini. Kami juga senang dengan rekan-rekan dari Komunitas Cah Andong Yogyakarta yang baru-baru ini berkunjung ke Rumah Baca Komunitas Merapin dan menyumbangkan buku-buku bacaan,” tegas Bpk. Y. Sukisno.

Buku-buku yang saat ini terkumpul berkat sumbangan dari berbagai pihak memang belum dipajang karena masih menunggu bangunan permanennya. Saat ini buku yang terkumpul jumlahnya baru sedikit. Kira-kira jumlahnya baru sekitar 400 buku dan kebanyakan berbahasa Jerman. Koleksi buku-buku dalam Bahasa Indonesia dan Inggris masih sangat sedikit jumlahnya.

“Kami masih sangat membutuhkan bantuan buku-buku bacaan dari siapapun. Buku-buku untuk semua kategori anak-dewasa dan bersifat edukatif atau mendidik baik untuk anak-anak yang masih sekolah maupun bagi para petani sangat kami butuhkan,” ungkapnya jujur.

Rumah Baca Komunitas Merapi terbuka untuk siapa pun yang secara tulus mau menjalin kerja sama dan membantu dalam mewujudkan terpenuhinya minat baca orang-orang dusun ini. Buku-buku dapat dikirim ke alamat Rumah Baca Komunitas Merapi dengan alamat:



Y. SUKISNO RUMAH BACA KOMUNITAS MERAPI Dsn. Gemer RT 02/ RW 07 Ngargomulyo, Dukun, Magelang Jawa Tengah 56482 HP: 085743309943



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera: http://www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babeloleh : Rohmah Sugiarti
17-Mei-2017, 12:26 WIB


 
  Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babel Gubernur Babel Erzaldi Rosman (berdiri) menyemangati peserta Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2017 didampingi Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana UI Emil Salim (kedua kiri) dan Wamen Diknas RI 2010-2012 Fasli Jalal (ketiga kanan), Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2013 Hardinisa
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia