KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKetua MPR RI Bamsoet Prediksi Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran oleh : Danny Melani Butarbutar
11-Mei-2021, 10:01 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Mengutip surel editor KOMPAS.com, bahwa untuk tahun ini larangan mudik seperti membentur tembok.

"Mungkin karena kejenuhan yang menumpuk. Mungkun karena peasaan lebih aman lantaran vaksin dan klaim kemampuan pemerintah mengendalikan", sebut Wisnu Nugroho.

Persoalan
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
CARA MENINGKATKAN KHARISMA ! 12 Mei 2021 10:22 WIB


 

SMAN 2 Singkep, Lahirkan Siswa Berprestasi Tiada Henti

 
PENDIDIKAN

SMAN 2 Singkep, Lahirkan Siswa Berprestasi Tiada Henti
Oleh : Syafbrani | 18-Nov-2013, 05:41:31 WIB

KabarIndonesia - Kondisi geografis suatu sekolah yang kemudian membedakan letaknya di kota  atau di desa, bukan secara otomatis akan membedakan prestasinya. Begitu pula dengan ‘input' yang masuk setiap ajaran baru. Tidak harus melulu mengharap siswa ajaran baru yang berprestasi untuk menjadikan sekolah berprestasi.

Namun prestasi itu terletak dari kegigihan dan semangat para gurunya. Di tangan gurulah seorang siswa akan mampu berbuat melampaui keterbatasannya dan terus menerus untuk berkarya. Secara sederhana teorema tersebut adalah ketika guru berprestasi dalam mendidik, hasilnya akan berbanding lurus dengan prestasi siswa. Baik secara akademik, maupun non akademik.

Upaya-upaya dalam menciptakan lingkungan prestatif yang tidak hanya mengharapkan faktor keberuntungan. Akan  tetapi terus melakukan usaha maksimal dan pembenahan, inilah yang selalu dikumandangkan keluarga besar SMAN 2 Singkep. Sebuah sekolah menengah yang terletak di salah satu kecamatan dalam naungan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Seperti  yang disampaikan oleh Kepala SMAN 2 Singkep, Hazirun S.Pd beberapa waktu lalu dihadapan para guru dan siswanya, bahwa hanya keinginan yang tak pernah pudarlah yang membuat kita terus berkarya meski dalam keterbatasan.

"Adalah keinginan tak pernah pudar dalam berkarya, yang membuat kita mampu berbuat melampaui batas-batas kemampuan meski dalam keterbatasan, bukan menjadi hambatan bagi kita untuk berkarya. Seperti yang dilakukan pahlawan-pahlawan kita, mereka mampu berkarya melampaui zaman dimana setiap manusia belum berfikir di zaman itu namun mereka telah mampu berbuat," tutur guru yang juga mengasuh mata pelajaran Matematika ini dengan semangat.

Oleh karena itu, dengan kerja kolaborasi yang terus-menerus dilakukan oleh para guru, SMAN 2 Singkep terus melahirkan siswa-siswa berprestasi. Prestasi disini bukan hanya pada sisi pembelajaran semata, tetapi mereka diberikan kreatifitas sehingga para siswa merasa asyik dalam menjalankan rutinitasnya di sekolah.

Senada dengan ini semua, salah satu guru SMAN 2 Singkep, Syafitriandy, S.Pd.I juga menuturkan bahwa sebagai pendidik kita selalu dituntut tidak hanya memberikan pelajaran yang sifatnya tekstual semata. Tetapi juga membangun kreatifitas. "Dalam proses belajar mengajar, guru tidak hanya mengajari pelajaran yang sifatnya hanya berdasarkan teks tertulis di buku saja, tetapi guru harus terus meningkatkan semangat siswa melalui pengembangan kreatifitasnya, baik itu dalam pelajaran di kelas maupun di luar kelas, bahkan di luar sekolah sekalipun. Sehingga kreatifitas para siswa lebih tersalurkan. Karena dengan meningkatkan kreatifitas siswa, usaha menciptakan prestasi itu lebih mudah tercapai," katanya.

Kerja kebersamaan yang terus dilakukan oleh SMAN 2 ini kemudian selalu memberikan hasil yang di luar prediksi untuk sekolah seukuran kecamatan di daerahnya. Untuk tahun 2013 ini saja, siswa sekolah yang terletak di pulau kecil ini sering memenangkan beberapa kompetisi, bahkan  tidak hanya mengharumkan nama sekolah saja, tetapi juga nama provinsinya pada berbagai kompetisi tingkat nasional.

Beberapa siswa berprestasi yang membawa nama SMAN 2 Singkep pada tingkat nasional tahun ini diantaranya adalah Pebby Erik Sandi yang mengikuti ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Medan Sumatera Utara. Ada juga Wahyu Okta Prasetyo, Ganang Firmansyah, Oji Afrinando Putra yang mengikuti ajang Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) VI.

Untuk ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2S ) ada Felga Lopentus, sementara itu pada kompetisi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XII ada Tri Arbain Saputra, Cindy Laurensia, Devi Arista, Rian Ardian dan Chandra Wijil Nugroho yang berlaga dalam beberapa cabang. Baru-baru ini, untuk bidang karya tulis ilmiah atas nama Intan Sri Wahyuni menjad finalis pada ajang Sayembara Karya Tulis tentang Otonomi Daerah yang diselenggarakan oleh Bapak Isran Noor (Ketua APKASI), dan masih banyak lagi prestasi-prestasi lainnya.

Teruslah ciptakan generasi berprestasi tiada henti. Selamat!



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/  
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com  
Berita besar hari ini. Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
 

 

 
 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia