KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Lingkungan HidupHARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 5 JUNI 2019: Bersama Kita Lawan Polusi Udara oleh : Danny Melani Butarbutar
06-Jun-2019, 03:45 WIB


 
 
KabarIndonesia - Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Juni. Pada tahun ini mengambil tema melawan polusi udara #BeatAirPollution. Peringatan ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran global untuk melakukan aksi positif bagi perlindungan pada
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Kejagung Tunggu SPDP Kasus Makar 24 Mei 2019 17:39 WIB

 
Puisi-Puisi Silivester Kiik 17 Jun 2019 15:16 WIB

Sayap Muratara 17 Jun 2019 15:14 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PENDIDIKAN

SMP Negeri 1 Simanindo Ambarita Juara Umum Lomba Lima Mata Pelajaran MKKS
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 26-Mei-2018, 10:40:37 WIB

KabarIndonesia - Siswa SMP Negeri 1 Simanindo menjadi juara umum Lomba Mata Pelajaran Tingkat SMP se-Kabupaten Samosir Tahun 2018 dengan meraih dua juara I, dua juara III dan satu orang juara IV.

Dikabarkan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMP Se-kabupaten Samosir, menggelar Lomba Lima Mata Pelajaran Sekolah yang diikuti siswa kelas VII dan VIII, Kamis (24/05), bertempat di SMP Negeri 1 Pangururan, Samosir Sumatera Utara.

Menurut Sekretaris MKKS SMP Kabupaten Samosir, Saut Marasi Manihuruk S.Pd, bahwa kegiatan lomba ini diikuti oleh 340 peserta dari 34 SMP Swasta/Negeri di Kabupaten Samosir, memperlombakan lima mata pelajaran, yakni :
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS.

Adapun salah satu tujuan dilaksanakannya lomba ini adalah untuk mengukur keberhasilan para pihak terkait pendidikan yakni:
Pertama, Kepala sekolah, dengan program di sekolah sesuai visi dan misi yang ditetapkan bersama dengan warga sekolah yaitu berprestasi, baik secara akademis maupun non akademis.
Kedua, Guru: seberapa jauh strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan telah membuat para peserta didik dapat menguasai standar isi dan kompetensi lulusan dalam ukuran kuantitatif dan kualitatif.
Ketiga, Siswa : seberapa jauh penguasaan materi yang dibelajarkan dalam kelas dengan rentang waktu yang telah ditetapkan, diukur dalam bentuk soal-soal valid dan reliabel dengan keterampilan pengerjaan soal, jelasnya.

"Jadi, dengan lomba ini akan terukur seluruh keberhasilan dari para pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung, dengan indikator pencapaian yang telah ditetapkan," sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa lomba ini juga akan menjadi cikal bakal persiapan untuk segala lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia setiap tahunnya-, seperti OSN, O2SN, FL2SN, LME, OPSI, dan lain-lain.

Kesepuluh juara umum dalam Lomba Mata Pelajaran tingkat SMP se-Kabupaten Samosir yakni, SMP Negeri 1 Simanindo, SMP Swasta Budi Mulia,
SMP Negeri 1 Pangururan, SMP RK Bintang Samosir, SMP Negeri 2 Simanindo, SMP Swasta Bakti Mulia Onanrunggu, SMP Negeri 2 Pangururan,
SMP Negeri 1 Palipi, SMP Satu Atap Negeri 4 Pangururan, dan SMP Negeri 1 Nainggolan.

Memperhatikan hasil perlombaan untuk tahun ini telah terjadi perubahan peringkat juara umum dibandingkan pada tahun 2017. Menurut seorang peserta yang dikonfirmasi tentang kualitas soal, salah seorang peserta mengatakan bahwa soal yang diujikan cukup sulit. “Sesungguhnya banyak soal yang sudah kami pelajari di sekolah, namun kami merasa gugup mengatur waktu,” katanya.

Menurut Sekretaris MKKS ini, fakta lapangan sesungguhnya menunjukkan bahwa para siswa belum dapat berbuat banyak dalam beberapa kancah lomba tingkat provinsi, namun dengan mengusung optimisme, konsistensi, dan determinasi yang tinggi, kedepannya pintu-pintu prestasi akan terbuka lebar.

Diterangkannya, lomba yang diinisiasi MKKS SMP kabupaten Samosir ini telah berlangsung sejak beberapa tahun sebelumnya, dan tetap eksis di tengah-tengah dinamika pengelolaan sekolah. Kendati menyita energi, waktu, dan pikiran, dia berhar pada tahun depan, lomba ini menjadi agenda tetap yang akan didanai oleh APBD Kabupaten Samosir.

Diharapkan lomba ini mencapai bentuknya yang utuh sebagai manisfestasi olah hati, olah pikir, olah rasa, dan olah raga serta menjadi sarana untuk melihat prestasi akademik dan non akademik yang dapat dipersembahkan oleh masing-masing sekolah, sesuai tuntutan penguatan pendidikan karakter yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Khusus untuk kabupaten Samosir, menurutnya lomba ini adalah perwujudan praktis untuk melihat apakah upaya kolektif dari para pihak telah selaras dengan visi kabupaten Samosir, “terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri, dan berdaya saing,”. "Lomba ini dapat dilihat sebagai upaya-upaya mendasar untuk mempersiapkan sejahtera, mandiri, dan daya saing dalam kurun waktu tertentu pada waktu yang akan datang," harapnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 
Pasang Surut Sastra Bandingan 02 Jun 2019 07:39 WIB

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia