KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiTHERE IS ONLY ONE KING ! oleh : Kabarindonesia
10-Jan-2020, 06:05 WIB


 
 
KabarIndonesia - Dia lah YESUS - RAJA DIRAJA atau RAJA DARI SEGALA RAJA.

Itulah sikap iman dari Elvis!. Banyak orang mungkin tidak yakin kalau Elvis termasuk penyanyi yang relijius.  Mana mungkin seorang King of Rock & Roll yang
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Opera Afeksi 08 Des 2019 14:27 WIB

Perih Paling Parah 26 Nov 2019 19:35 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Semangat Kebersamaan Untuk Membangun Sekolah di Negeri Piliana

 
PENDIDIKAN

Semangat Kebersamaan Untuk Membangun Sekolah di Negeri Piliana
Oleh : Ardin Makarim | 07-Nov-2013, 00:11:11 WIB

KabarIndonesia - Di seluruh penjuru dunia ini pastilah memiliki hal-hal yang diprioritaskan. Kebanyakan dari mereka memprioritaskan pendidikan untuk menunjang kehidupan di masa depan maupun memang haus akan ilmu pengetahuan. Tak terkecuali anak-anak dari Suku Alifuru, anak-anak dari Negeri Piliana. Negeri Piliana adalah desa terakhir pada jalur selatan pendakian Binaya, Taman Nasional Manusela, Pulau Seram, Maluku. Suku Alifuru yang menjadi mayoritas penduduk di Maluku ini menyebut desa dengan negeri dan negeri-negeri ini dikepalai oleh Raja Negeri.

Di negeri yang bisa melihat sosok Gunung Murkele lebih dekat ini memang jauh dari pusat peradaban. Untuk mencapai pusat peradaban terdekat membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dengan melewati dua bukit dan menyeberangi sungai demi memenuhi kebutuhan pokok mereka. Air yang menjadi hal paling penting dalam kehidupan tidak sulit mereka cari, karena memang telah tersedia sumber air dari alam untuk masyarakat Negeri Piliana.
 
Dimana ada kehidupan, pastilah disana ada anak-cucu yang akan membangun negerinya lebih maju dan menjaga kelestarian alamnya. Anak-anak di negeri Piliana mempunyai semangat juang untuk memajukan negeri mereka. Hal ini dapat dilihat ketika para bocah-bocah SD (10/10), selepas mereka pulang sekolah, mereka membawa ember menuju aliran sungai kering di Negeri Piliana. Di sana mereka mengambil pasir yang nantinya akan dibawa menuju bakal sekolah baru mereka. Jarak dari sungai menuju bangunan sekolah memakan waktu 15 menit dengan medan yang tidak datar. Semua masyarakat Piliana sangat antusias untuk mewujudkan hak-hak pendidikan di negeri ini, mulai dari bocah berusia 5 tahun sampai seorang kakek yang memasuki usia 50 tahun. 
"Guru-guru yang mengajar di Piliana kebanyakan memang dari negeri Piliana sendiri, ada beberapa yang dari luar Piliana", jelas seorang mantan Raja Piliana periode sebelumnya. 
Keakraban sesama suku Alifuru di negeri ini juga terasa ketika mereka selesai gotong-rotong membangun sekolah. Mereka piknik bersama ke Ninipala. Memang di Negeri Piliana hanya ada bangunan Sekolah Dasar. Setelah mereka lulus dari bangku Sekolah Dasar biasanya mereka turun ke pusat peradaban terdekat untuk melanjutkan pendidikan mereka.  

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/  
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com  
Berita besar hari ini. Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

   

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Judika Sihotang Berduet dengan Bupati Taput Nikson Nababanoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
04-Jan-2020, 04:31 WIB


 
  Judika Sihotang Berduet dengan Bupati Taput Nikson Nababan Artis papan atas, Judika Sihotang, menyedot ribuan pengunjung dalam acara hiburan terbuka Old and New 2020 yang dikemas oleh Pemkab Tapanuli Utara di lapangan Serbaguna Tarutung, Kamis (2/1) malam. Massa membludak di lokasi sehingga pengunjung berdesakan di lapangan. Bupati Nikson
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia