KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Nyatakan Tiga Hari Berkabung Nasional atas Wafatnya Habibie oleh : Danny Melani Butarbutar
11-Sep-2019, 14:48 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Dikabarkan, pada hari ini Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 18,05 WIB, Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (B J Habibie), telah meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, pada usia 83 tahun. Jenazah almarhum telah diberangkatkan dari
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Siapa Kau Siapa Aku? 02 Sep 2019 10:28 WIB

AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Siswa Ponorogo Finalis Olimpiade ASEAN

 
PENDIDIKAN

Siswa Ponorogo Finalis Olimpiade ASEAN
Oleh : Muh Nurcholis | 20-Nov-2011, 17:34:46 WIB

KabarIndonesia - Pedagang Sayur Keliling (PSK) ternyata memiliki solidaritas yang tinggi dengan sesama rekannya. Hal itu terbukti dari hasil penelitian 3 siswa SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Berkat mengupas tuntas PSK tersebut mengantarkan mereka menjadi finalis olimpiade sosial tingkat ASEAN yang diselenggarakan Universitas Indonesia (UI).

Rencananya, ketiganya bakal mempresentasikan karya mereka tersebut di lomba putaran akhir Olimpiade Ilmu Sosial 2011 di Kampus FISIP Universitas Indonesia, Depok pada 14-19 Nopember 2011 ini. Bersama 29 tim yang lolos mereka juga berhak mengikuti beragam acara pendukung lainnya yang sesuia tema “Membangun Solidaritas Pemuda Menuju Komunitas ASEAN 2015”.

Mulai dari seminar, workshop, talkshow, city tour, konferensi pemuda, gala dinner, community service, fundraising challenge, dengan berbagai pengisi acara ternama.

Tim yang terdiri Salma Inas Shofiyya (XII.A2), Zuhdah Sima’atul Kubro, dan Dhalikal Abdillah Roslien (XII.IPA.3) sukses mengorek ketererangan para pedagang sayur keliling di seputaran kecamatan kota Ponorogo Hebatnya lagi, ketiga siswa jurusan Ilmu Penegetahuan Alam (IPA) ini hanya butuh waktu tak lebih dari 1 bulan untuk melakukan penelitian hingga mampu mempresentsikannya.

Dari hasil penelitian tiga siswa SMA RSBI ini diketahui bahwa para PSK memiliki solidaritas yang tinggi. Menurut Salma, sesama PSK mengetahui wilayah langganannya masing-masing.

“Jadi mereka itu tidak saling serobot wilayah. Mereka bersaing dengan sehat,” paparnya kepada pewarta HOKI.

Di samping itu, kata dia, solidaritas PSK itu nampak ketika ada salah satu yang sakit atau absen berkeliling. Ketika ditanya PSK lainnya pasti mengetahui alasan absennya PSK bersangkutan.

Mengetahui PSK itu absen, maka yang lainnya bakal menggantikannya. “Inilah sebenarnya nilai yang kami ketahui dari para pedagang sayur keliling tersebut,” bebernya.

Ia membeberkan, hasil penelitiannya ini bakal ia rekomendasikan kepada pemerintah. Sebab, PSK ini bakal menjadi solusi adanya pengangguran yang menggejala di negeri ini.

“Dari tingkat solidaritas itu bisa memberi solusi pengangguran. Tidak hanya lelaki tapi juga perempuan,” sebutnya.

Lolosnya hasil penelitan siswa Muhipo itu tidak lepas berkat bimbingan guru Dra. Fien Fardiani, M.Si dan dukungan pihak sekolah. Menurut Dra. Fien Fardiani, M.Si, ide penelitian anak didiknya ini, terinspirasi dari banyaknya pedagang sayur keliling di Ponorogo.

Ia mengaku bangga dengan raihan prestasi tersebut. Sebab, mampu bersaing dengan peserta SMA aktif dari seluruh provinsi di Indonesia dan 9 negara anggota ASEAN lainnya.

Mulyani, S.Pd, M.Hum kepala SMA Muhipo menegaskan, prestasi ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Muhipo Ponorogo terus meningkat. Terbukti sekolah swasta yang satu-satunya menyandang RSBI di Ponorogo juga mampu berprestasi hingga tingkat ASEAN.

“Intinya kami ngopeni siswa. Dana yang berasal dari siswa akan kita kembalikan sebesar-besarnya demi perkembangan siswa yang mampu membawa nama baik sekolah,” tukasnya. (*)



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia