KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Batik adalah Indonesia 13 Okt 2018 19:47 WIB

Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 
 
PENDIDIKAN

Tahapan Pembentukan Kelompok
Oleh : Lusia Gayatri Yosef | 13-Jan-2018, 04:22:50 WIB

KabarIndonesia - Sebagai individu, seseorang memiliki rasa ingin tahu bagaimana sebuah kelompok terbentuk. Berikut beberapa tahap kelompok terbentuk:

1. Tahap orientasi. Pada tahap ini calon anggota kelompok cenderung melakukan estimasi mengenai hasil yang akan diperoleh. Bilamana ia bekerja sama dan berinteraksi dalam kelompok yang dituju.  Penulis memberikan contoh: seseorang bergabung dalam komunitas beasiswa, karena dalam komunitas tersebut memberikan informasi tentang cara mengikuti petunjuk pengisian beasiswa dan cara mendapatkan atau memperoleh beasiswa.

2. Tahap pemusatan kegiatan. Pada tahap ini para anggota kelompok itu sudah menyadari bahwa membuat koordinasi kegiatan merupakan suatu hal yang sangat menguntungkan bagi mereka semua.  Penulis memberikan contoh: perkumpulan/ kelompok pemburu beasiswa membuat jadwal pertemuan setiap hari Rabu dan Jum'at pada pukul 16.00 WIB.

3. Tahap pembentukan peraturan. Pada tahap ini norma kelompok dan peraturan. Peraturan yang dapat diterima oleh semua anggota telah mulai muncul.  Penulis memberikan contoh: perkumpulan beasiswa membuat aturan seperti yang boleh bergabung dalam perkumpulan beasiswa adalah remaja yang memiliki usia 15 tahun dan seterusnya. 

4. Tahap peresmian pada tahap ini, norma dan peraturan yang ada dalam kelompok kemudian diumumkan secara resmi. Penulis memberikan contoh: bahwa perkumpulan beasiswa di Desa X telah diresmikan oleh ketua RT dan RW.

Tahap-tahap terbentuknya kelompok di atas dapat dipelajari terlebih dahulu. Tepatnya, sebelum seseorang bergabung dalam suatu kelompok. Selain itu, anggota kelompok yang sudah cukup lama dalam kelompok dapat mengikuti kegiatan refleksi diri mengenai kelompok yang telah ia miliki selama bertahun-tahun. Refleksi diri tersebut seperti apa saja yang perlu dikembangkan dalam kelompok, kemudian apa saja yang perlu diganti atau dirubah dalam kelompok, dan lain sebagainya.(*)

Daftar Pustaka: Shinta, A. (2002). Buku diktat psikologi sosial 2.     

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Bakul Kejujuran 17 Okt 2018 13:02 WIB

 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia