KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPresiden Jokowi: Awasi Penyaluran Bansos, Libatkan KPK, BPKP Dan Kejaksaan oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Mei-2020, 13:27 WIB


 
  KabarIndonesia Mengutip infoKABINET.id, dikabarkan bahwa terkait penyaluran bansos terkait pandemi covid-19 yang ditengarai salah sasaran dan diduga disalahgunakan, Presiden Jokowi secara tegas meminta untuk diawasi.

“Untuk sistem pencegahan, minta saja didampingi dari KPK, BPKP, atau dari Kejaksaan. Kita
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Melawan Hoax Virus Corona 21 Mei 2020 15:19 WIB


 
Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB

Selamat Malam Kehidupan 25 Apr 2020 14:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
DESAINER SANG PEMUJA SETAN! 29 Mei 2020 13:08 WIB


 
 
PENDIDIKAN

Try out Ujian Nasional ala K3S SMP
Oleh : Chairoel Anwar | 16-Des-2007, 11:21:51 WIB

KabarIndonesia - TANJUNGPINANG, Lomba bidang studi tingkat SMP/MTs se-Kota Tanjungpinang kembali digelar, Minggu (16/12) lalu. Lomba yang kedelapan ini ditujukan untuk kelas IX, dan masih dilaksanakan di tempat “keramat” : SMP Negeri 4.

Persamaan lain : pelaksanaan lomba bidang studi ini juga masih “tertatih-tatih”. Hanya dilaksanakan satu kali dalam setahun.
Padahal, kegiatan rutin yang diprakarsai Kelompok Kerja Kepala sekolah (KKKS) SMP sejak tahun 2003 ini rencananya digelar tiga tahun sekali. Selama perjalanan waktu, cuma pada tahun 2004 saja yang berhasil dilaksanakan secara penuh.

Selanjutnya, frekuensi penyelenggaraan melorot drastis. Kurangnya perhatian pemerintah daerah, menjadi penyebab. Padahal, kegiatan adu otak ini tidak menyedot banyak biaya kendati hasilnya bisa sebagai evaluasi.

Ajang lomba kali ini berbeda dari biasanya. SMP Negeri 1 Tanjungpinang --sekolah standar nasional-- absen dalam ajang lomba. Justru Sekolah Pelita Nusantara (Pelnusa) ikut ambil bagian.

“Tidak ada laporan resmi atas ketidakikutsertaan mereka,” demikian ucap Edi Sarwito, Ketua Panitia yang juga Kepala SMP Negeri 3 Tanjungpinang.

Selain itu, setelah delapan kali penyelenggaraan, baru kali ini lomba bidang studi dikunjungi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Tanjungpinang.

“Ini menandakan bahwa lomba bidang studi juga bisa memacu peningkatan mutu antar sekolah. Tentu saja harus mendapat perhatian dinas terkait,” Edi Sarwito beralasan.

Penyelenggearaan ajang penjaringan siswa berprestasi ini kerap macet. Dari tahun ke tahun, perhelatannya pun terseok-seok.

Dimulai pada tahun 2003, lomba yang diagendakan digelar tiga kali dalam setahun (setiap kelas) ini hanya bisa berlangsung sekali.

Pada tahun 2004 lebih baik. K3S SMP Kota Tanjungpinang berhasil menyelenggarakan secara penuh: tiga kali dalam setahun. Namun, frekuensi pelaksanaan lomba bidang studi ini kian melorot pada ahun 2005, dan hanya mampu diselenggarakan dua kali dalam setahun.

Tertatih-tatih dengan persoalan dana dan kurangnya perhatian pemerintah daerah, frekuensi pelaksanaan lomba ini anjlok di tahun 2006. Hanya satu kali dalam tahun. Demikian dengan penyelenggaraan di tahun 2007. 

Ketua Koordinator Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SMP Kota Tanjungpinang, M. Kasim, mengakui, kendala yang dihadapi dalam perhelatan ini adalah soal pendanaan.

"Padahal, hanya dengan dana Rp 5 juta pun lomba ini sudah bisa jalan. Kita tak perlu muluk-muluk, tapi hasilnya yang ingin kita capai. Nyatanya, dana segitu pun tak sanggup dialokasikan pemerintah daerah," ucapnya.

Sekitar tahun 2004, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Tanjungpinang --saat itu dijabat Yusrizal-- mengakui bahwa lomba-lomba seperti ini sangat bagus. Karena, Yusrizal menilai, selain memancing anak didik untuk berkompetisi, juga membuktikan bahwa sekolah yang bagus pun belum tentu bermutu baik.

Dia berjanji, kegiatan lomba ini akan menjadi agenda tetap Disdikpora. Anggaran pun akan disiagakan. Sementara, K3S SMP yang melaksanakannya.

Namun, apa mau dikata, janji itu tak pernah terealisasi. Kegiatan peningkatan mutu SMP mandeg. Disdikpora Kota Tanjungpinang pun kini sudah mengabaikan kegiatan positif tersebut.

"Kita sudah berkali-kali menyampaikan tentang lomba ini. Namun, tampaknya tak ditanggapi walaupun didengarkan," ucap Kasim.* chairoel anwar

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera: www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
DIE HARD - SUSAH MATEK 23 Mei 2020 10:41 WIB

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 
SATU DETIK SETELAH KEMATIAN 26 Mei 2020 08:28 WIB

BACA ALKITAB ITU MENYEHATKAN 23 Mei 2020 12:40 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia