KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
YUUK DEMO NGEPUNG SURGA! 27 Jun 2020 06:33 WIB

 
 
PENDIDIKAN

Rektor Dr Haposan Siallagan: UHN Medan Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 08-Jul-2020, 05:31:00 WIB

KabarIndonesia - Medan, Di tengah merebaknya wabah pandemi covid-19 saat ini, Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan menggelar wisuda secara daring (online) pada hari Senin (6/7/2020) Acara itu sendiri adalah untuk mewisuda mahasiwa periode I Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020.

Dr. Haposan Siallagan, SH, MH, yang dikonfirmasi pewarta media ini melalui ponsel (5/7), membenarkan kegiatan wisuda online tersebut, dengan maksud bahwa kampus UHN Medan yang menduduki peringkat terbaik pada 100 perguruan tinggi secara nasional, baik PTN maupun PTS itu, tetap produktif dalam proses akademik. Juga sebagai langkah mewujudkan kebersamaan untuk menangani pemutusan penyebaran virus tersebut

“Dalam rapat pimpinan, ditetapkan bahwa wisuda Periode I Tahun Ajaran 2019/2020 pada awalnya diadakan secara tatap muka, namun kemudian diubah menjadi secara online. Kita manfaatkan teknologi yang sedang booming, yakni dengan menggunakan aplikasi ‘Zoom Meeting’, juga ditayangkan secara ‘live streaming’ melalui YouTube pada akun UHN Medan Official." sebut Haposan yang juga alumni Fakultas Hukum UHN tersebut.

Lebih lanjut dikatakannya: "Hal ini kita lakukan dengan mempertimbangkan perkembangan kondisi pandemic Covid-19 di Indonesia. Khususnya di Kota Medan yang masih terus mengalami peningkatan. Semoga semuanya dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala,” ucap Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr Haposan Siallagan SH, MH.

Dikabarkan, acara Wisuda periode I tersebut diikuti total peserta wisuda sebanyak 750 orang lulusan dari 10 Fakultas, terdiri dari Ahli Madya dan Sarjana, khusus Program Pascasarjana yang diwisuda sebanyak 206 orang.

Selain dihadiri Civitas Akademika UHN, terlihat hadir Kepala Lembaga Layanan DIKTI (L2DIKTI) Wilayah 1 Sumatera Utara, Prof. Dr. Dian Armanto, M.Pd, M.A., PhD, Ompui Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, Ketua Yayasan Universitas UHN Medan Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, Sekretaris Yayasan Pdt. Lince Simanjuntak, M.Th, tokoh masyarakat Sumut Kombes Purn (Pol) Dr. Maruli Siahaan, S.H., M.H. Juga hadir Faduhusi Daely, S.Pd., M.M, Bupati Nias Barat yang kehadirannya saat itu sebagai salah satu wisudawan.

Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Haposan Siallagan, SH., MH dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada wisudawan/i Program Magister, Profesi, Sarjana dan Ahli Madya dan kepada orangtua yang sudah memberikan dukungan dan kepercayaan kepada Civitas Akademika UHN Medan untuk mendidik putra-putrinya.<br />
“Harapan kami kepada seluruh wisudawan, saudara dapat mengemban ilmu dan dapat memberikan sumbangsih kepada masyarakat, bangsa dan negara. Merespon era revolusi industry 4.0, kita dituntut agar mampu beradaptasi mengikuti perkembangan teknologi yang serba digital.

UHN Medan akan meningkatkan system pembelajaran online yang lebih kreatif dengan memadukan aplikasi berbasis teknologi yang mampu meningkatkan aktifitas pembelajaran dan perkuliahan secara efektif, efisien dan bermutu,” ujar Haposan.

Selanjutnya Haposan mengatakan bahwa pada masa pandemi ini juga UHN Medan telah mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah untuk membuka Program Studi Magister Pendidikan Matematika, pengajuan Program Magister Akuntasi dan Program Studi Teknologi Informasi Jaringan.

“Semua dilakukan untuk memajukan visi UHN Medan yaitu menjadi universitas yang unggul, bermartabat, berdaya saing global menuju Perguruan Tinggi yang berkelas dunia dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi berlandaskan kasih Tuhan dan Ibu Pertiwi, Pro Deo et Patria,” tambah Haposan yang juga alumni fakultas hukum UHN Medan.

 Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan DIKTI (L2DIKTI) Wilayah 1 Sumatera Utara, Prof. Dr. Dian Armanto, M.Pd, M.A., PhD dalam sambutannya nengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan/i semoga sukses masa depannya.

“Saya memberikan apresiasi kepada Universitas HKBP Nommensen Medan yang telah berani menyelenggarakan wisuda daring pertama kali di Sumatera Utara dan ini merupakan kebanggaan dan diharapkan bisa menjadi suri tauladan bagi seluruh perguruan tinggi di Sumatera Utara untuk bisa melaksanakan hal yang sama dengan situasi yang berbeda,” ucapnya.

Dian Armanto, juga menyampaikan perihal dana abadi untuk mahasiswa, kampus Nommensen merupakan satu-satunya yang ada di Sumatera Utara, dosen dengan gelar Doktor yang lebih dari 15% dan calon doktor yang lebih dari 60 orang dengan 7 Professor, berharap UHN Medan segera mendapatkan akreditasi dengan nilai A tahun depan. UHN Medan merupakan PTS yang bermutu di Sumatera Utara yang mendapatkan peringkat ke-5 di tahun 2018.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Yayasan Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Ir. Nurdin Tampubolon mengucapkan selamat atas dilantiknya menjadi seorang sarjana. Ini merupakan start untuk melakukan sesuatu yabg terbaik untuk kedepannya dengan tantangan yang lebih berat dan bagaimana menerapkan ilmu yang sudah didapatkan dengan mengikuti norma dan etika sehingga wisudawan/i menjadi manusia yang membanggakan yang mampu berdaya saing secara nasional maupun internasional.

Pimpinan/Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan. "Kiranya kedepan Tuhan akan selalu menyertai dan menunjukkan jalan para wisudawan. Tetaplah ikuti jalan Tuhan di dalam kehidupan sehingga kelak akan memperoleh berkat- berkat, ketika ilmu pengetahuan saudara abdikan ditengah bangsa dan Negara ini. Sekalipun wisuda ini dilaksanakan secara daring tetapi makna dari acara ini tidak hilang dan akan selalu kita kenang sepanjang hidup kita,” ucap Ompui.

Sementara itu, mewakili para wisudawan, Faduhusi Daely, S.Pd., warga Nias Barat menyampaikan pesan dan kesannya atas pelaksanaan wisuda daring tersebut.
“Dengan wajah berseri-seri, penuh kebahagiaan kami mendapatkan gelar sebagai hasil perjuangan selama menempuh pendidikan di Universitas HKBP Nommensen. Saya mengajak para wisudawan agar dapat memberikan kontribusi positif dalam menjalani kehidupan ditengah-tengah masyarakat dengan berbekal ilmu pengetahuan, keterampilan dan keahlian yang telah didapatkan selama perkuliahan,” ucap Faduhusi Daely, S.Pd., M.M, wisudawan yang juga menjabat sebagai Bupati Nias Barat.

<strong>Wisudawan Terbaik</strong>

Adapun wisudawan terbaik adalah dari Fakultas Ekonomi atas nama Egi Lioner H Siahaan dengan IPK 3.96, Erickson Karunia Gulo dan Morianta Sitepu dengan IPK 3.93 dan Ade Yanti Nababan dengan IPK 3.86. Fakultas Teknik, Rohancen Pandapotan Barus dengan IPK 3.53. Fakultas Peternakan Krismon Sitorus dengan IPK 3.28. Fakultas Ilmu Hukum, Imelda Hutapea dengan IPK 3.52. Fakultas Pertanian, Lidya Shandofa Sipayung dan James Situmorang dengan IPK 3.82, Anggriani Elfrida Silitonga dengan IPK 3.66 dan Kristian Nababan dengan IPK 3.43. Fakultas Bahasa dan Seni, Ricad Pangeran Tarihoran dengan IPK 3.86 dan Yoyada Teguh Jaya dengan IPK 3.59.

Selanjutnya dari Fakultas Kedokteran atas nama Nova Virda A. Simanjuntak dengan IPK 3.41, Program Profesi Dokter atas nama Vina Octavia Simanjuntak dengan IPK 3.87, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Claudia Benedita Pardede 3.93, Angelina Halim dengan IPK 3.92, Ira Sari Purba dengan IPK 3.85, Novri Mayana Saragih dengan IPK 3.84 dan Sediana Hutagaol dengan IPK 3.80. dari Program Pascasarjana atas nama Evi Novalina Br Sitepu dan Rajin Haria dengan IPK 4.00 serta Veranda Panjaitan dengan IPK 3.90.

Salah satu wisudawan terbaik, Egi Lioner Siahaan adalah mahasiswa yang mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) di PT. Indonesia Asahan Aluminium (PT. Inalum) saat dikonfirmasi Humas UHN Medan Nella Silitonga mengatakan tetap bersyukur walaupun seremonial wisuda dilakukan secara daring karena Covid-19 tidak dapat diabaikan.

”Ada rasa menyesal saat menjadi lulusan di tengah pandemi? Saya pribadi tidak! Saya pribadi bersyukur karena apapun yang terjadi saat ini semua karena rencana Tuhan. Saya berpikir bahwa wisuda online ini adalah takdir terbaik. Mungkin ini juga kesempatan saya dan semua teman-teman yang wisuda untuk mawas diri, karena setelah wisuda ada perjuangan yang lebih banyak lagi,” ucapnya kepada media dengan mantap.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia