KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
PendidikanTeliti Situs HOKI, Cucu Sulastri Lulus Sarjana UIN Syarif Hidayatullah oleh : Supadiyanto S.sos.i. M.i.kom.
21-Sep-2014, 20:01 WIB


 
 
Teliti Situs HOKI, Cucu Sulastri Lulus Sarjana UIN Syarif Hidayatullah
KabarIndonesia - Ketertarikan Cucu Sulastri dalam dunia jurnalistik dan komunikasi, akhirnya mengantarkannya menjadi salah satu calon wisudawati UIN Syarif Hidayatullah dalam waktu dekat ini. Pada 26 Juni 2014 kemarin, Cucu Sulastri baru saja menyelesaikan penelitian berjudul: Dinamika Kerja Citizen Journalism
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
Membutuhkan Wartawan/Wartawati 06 Sep 2012 16:29 WIB


 
Kehadiran-MU 23 Sep 2014 00:31 WIB


 


 
BERITA LAINNYA
 
Gita Gutawa, Diva Muda Indonesia 06 Sep 2014 09:34 WIB

Raffi Achmad Tagih Janji Jokowi 31 Aug 2014 04:13 WIB

 

 

SP3 Perkara Pemalsuan Tanda Tangan, Kapolres Dipraperadilankan

 
HUKUM

SP3 Perkara Pemalsuan Tanda Tangan, Kapolres Dipraperadilankan
Oleh : Agus Pambudi | 25-Jul-2008, 11:01:32 WIB

KabarIndonesia - Seorang warga Desa Bumiayu Kecamatan Wedarijaksa terpaksa mempraperadilankan Kapolres ke Pengadilan Negeri Pati. Karena Kapolres Pati telah mengeluarkan Surat Penghentian Penyidikan Perkara SP-3 laporan warga dengan alasan kadaluarsa.

Kapolres Pati, AKBP Hilman Thoyib terpaksa harus menghadapi gugatan perdata, berupa praperadilan Joyo Yahman, warga Desa Bumiayu Kecamatan Wedarijaksa, melalui kuasa hukumnya, Pengacara Nimerodin Gule SH, Mubasirin SH, Azam Jauhari SH, dan Sudiman SH dari Lembaga Studi Bantuan Hukum LSBH Teratai.

Menurut Pengacara Nimerodin Gule SH, yang diwawancarai KabarIndonesia, gugatan perdata praperadilan tersebut terkait dengan terbitnya Surat Penghentian Penyidikan Pekara SP-3 atas perkara dugaan pemalsuan tanda tangan, dalam akta jual beli tanah sengketa berletter C di persil 77a blok S II, oleh Tukimin, warga Desa Kajar Kecamatan Trangkil pada 29 Oktober 2003. Tapi pada 26 Juli 2005, laporan itu dihentikan oleh Polres Pati, karena alasan kadaluarsa.

Padahal berdasarkan hasil laboratories Laboratorium Kriminal Polri Cabang Semarang, waktu itu didapat bukti kesimpulan, tanda tangan Joyo Yahman dalam akte jual beli dipalsukan. Tapi anehnya pada tanggal 13 Juli 2005, Kapolres Pati mengeluarkan Surat Penghentian Penyidikan Perkara SP-3, yang merugikan Joyo Yahman. Sehingga dia mengambil langkah mempraperadilankan Kapolres Pati. “Dalam perspektif hukum kewenangan untuk menghentikan perkara dalam kontek kedaluarsa itu, bukan kewenangan penyidik. Tetapi kalau itu sudah terbukti kadaluarsa, karena ini masih dalam perdebatan, itu kewenangan Jaksa Penuntut Umum. Maka dengan demikian, penghentian penyidikan dari Kapolres Pati tidak syah demi hukum,” ungkapnya.

Pengacara Nimerodin Gule SH menambahkan, perkara yang dilaporkan penggugat Joyo Yahman terhadap tergugat Kapolres AKBP Hilman Thoyib, ke Polres Pati, pada tahn 2003 lalu sampai sekarang, belum kedaluarsa. Karena kedaluarsa sampai sekarang juga masih dalam perdebatan, para ahli hukum. “Teori-teori ada yang mengatakan, kedaluarsa sejak dilakukan tindak pidana, tetapi ada juga yang mengatakan sejak diketahui, oleh karena itu, tindakan Kapolres mengeluarkan SP-3, bukan dalam kapasitasnya. Sehingga kita mengajukan gugatan praperadilan, untuk menguji sejauhmana kebenaran, kevalidan, legalitas data dari SP-3 itu. Kita berharap Pengadilan mengambil keputusan yang positif,” pungkasnya.

Sidang lanjutan gugatan praperadilan ini, kembali dilanjutkan pada hari Jumat, 25 Juli 2008. Agenda sidang kedua gugatan perdata ini, mendengarkan jawaban atas gugatan dari Joyo Yahman. Jawaban Kapolres Pati, AKBP Hilman Thoyib melalui Kuasa Hukumnya, AKBP Daup Wismawati SH MSi, AKBP Endang Setyaningsih SH dari Pok Advo Bid Binkum Polda Jateng, dan Sugiaro SH dari Kan Hat Kum Bid Binkum Polda Jateng.



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obat Ambeiyen Akutoleh : Kholil Effendi
22-Sep-2014, 10:39 WIB


 
  Obat Ambeiyen Akut Handeuleum/Daun Wungu (Graptophylum pictum Griff) adalah tumbuhan perdu yang berbatang tegak. Umumnya tumbuh liar di daerah dataran rendah, sangat bermanfaat bagi penderita ambeiyen ringan dan akut. Caranya ambil 7 helai daunnya, lalu diremas-remas dengan air hangat sampai hancur dan saring
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
Pejabat Negara dan Penjara 23 Sep 2014 00:35 WIB

 

 
HMI Gelar Training Leadership 23 Sep 2014 10:03 WIB

 

 
Indonesia Siap Hadapi Thailand 22 Sep 2014 13:06 WIB

Asian Games 2014 Resmi Dibuka 22 Sep 2014 11:59 WIB

 

 
Kumpulan Petapa dari Kanekes 19 Sep 2014 08:36 WIB


 

 

 

 
"Remote Sensing" untuk Masyarakat 13 Sep 2014 08:36 WIB


 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia