KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Batik adalah Indonesia 13 Okt 2018 19:47 WIB

Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 
 
HUKUM

Dukcapil Samosir Serahkan Langsung Akta Kelahiran Anak yang Lahir di Rumah Sakit
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 09-Jun-2018, 09:27:54 WIB

KabarIndonesia - Setelah terbitnya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 sbagai Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006, telah diundangkan pula beberapa peraturan-peraturan yang berkaitan dengan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Dari berbagai Peraturan yang telah diterbitkan tersebut, muncullah berbagai kebijakan baru bidang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai berikut: Pergeseran dari stelsel pasif menjadi stelsel aktif, perubahan asas peristiwa menjadi asas domisili, KTP-el berlaku seumur hidup (sepanjang tidak ada perubahan elemen data).

Kemudian, pelayanan adminduk tidak boleh dipungut biaya/gratis. Pejabat dukcapil diangkat dan diberhentikan oleh Mendagri. Data Kependudukan untuk keperluan pembangunan dan pemerintahan menggunakan data Kemendagri. Rekam dan cetak KTP-el diluar domisili dan percepatan peningkatan cakupan Akta Kelahiran. Setiap makam memiliki Buku Pokok Pemakaman. Pengurusan KTP-el dan Akta Kelahiran tanpa pengantar RT, RW dan Kelurahan/Desa. Kartu Identitas Penduduk untuk semua usia.

Mencermati kebijakan tersebut, seluruh jajaran pemerintah kabupaten/kota melalui motto "Dukcapil bisa dan melayani sepenuh hati" juga membuat terobosan baru dalam percepatan pelayanan adminduk buat warganya, melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Sekaitan dengan itulah, pemkab Samosir melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) sejak tahun 2014 telah melakukan pelayanan jemput bola ke desa, sekolah dan kantor. Seperti yang dilakukan baru-baru ini di rumah sakit umum daerah dr. Hadrianus Sinaga Pangururan.

"Suatu kerja sama yg baik antara Dukcapil dan RSUD Hadrianus Sinaga.
Akte Lahir anak yg diserahkan hari ini di ruang bersalin RSUD dr Hadrianus Sinaga Pangururan, semua bayi yg lahir di RS sebelum pulang ke rumah sdh membawa akte lahirnya masing" info Bupati Samosir Rapidin kepada media (9/6) melalui akun WAnya.

Rapidin Siimbolon juga mohon diberitakan di media. "Mohon dishare biar warga kita semua tahu, karena Akte Lahir merupakan salah satu pelayanan wajib bagi masyarakat," tutupnya.

Sementara itu, Lemen Manurung kadis Dukcapil yang dihubungi pewarta kabarindonesia, membenarkan bahwa untuk meningkatkan pelayanan umum dan pelayanan wajib kepada masyarakat, pihaknya menyerahkan Akte Lahir anak di rumah Sakit Hadrianus Sinaga (08/06).

Menurutnya, pemberian akta lahir ini adalah wujud kerjasama yang baik antara dinas Dukcatpil dan pihak RSU Hadrianus Sinaga Pangururan, setelah adanya mobil unit pelayanan dukcapil yang dibeli pada tahun 2017 yang lalu.

"Semua bayi yg lahir di rumah sakit ini, sebelum pulang ke rumah sudah membawa akte lahirnya masing-masing. Akta Kelahiran adalah bukti sah mengenai status dan peristiwa kelahiran seseorang yang dikeluarkan oleh dinas kependudukan dan catatan sipil." jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa bayi yang dilaporkan kelahirannya akan terdaftar dalam Kartu Keluarga (KK) dan diberi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai dasar untuk memperoleh pelayanan lainnya.

Dijelaskan manfaat Akta Kelahiran antara lain identitas anak, administrasi kependudukan pada KTP, KK; untuk keperluan sekolah, untuk pendaftaran pernikahan di KUA, mendaftar pekerjaan, persyaratan pembuatan paspor; untuk mengurus hak Ahli Waris. Mengurus asuransi, mengurus tunjangan keluarga, mengurus hak Dana Pensiun dan juga untuk melaksanakan ibadah Haji bagi yang melaksanakannya.

Sementara itu, pantauan di media sosial para netizen mengapresiasi kinerja Dukcapil Samosir. "Selamat untuk Dukcapil, dgn adanya mobil pelayanan kita langsung jemput bola. Kalau mungkin dibeli satu mobil yandukcapil yang lebih lengkap secara teknologi komunikasi, berbasis web khusus. Selamat untuk pak Bupati." tulis pewarta kabarindonesia.com yang mantan kadis dukcapil Samosir. "Saran yang bagus" tutup Rapidin.(*

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Bakul Kejujuran 17 Okt 2018 13:02 WIB

 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Manfaat Membaca 22 Sep 2018 15:12 WIB

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia