KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalWUPID INDONESIA 2017: Pemilihan Dua Tim Debat Bahasa Inggris untuk Mewakili Indonesia di WUPID Global oleh : Redaksi-kabarindonesia
18-Okt-2017, 01:37 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, 18 Oktober 2017 – Ruang kuliah 7-6 dan 7-7 Sampoerna University Jakarta seketika berubah hening dan suasana menegang sebab Muqriz Mustafa Kamal selaku Chair Adjudicator Final round akan mengumumkan
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Sabar dan Syukur 12 Okt 2017 01:07 WIB

Di Padepokan Om Jin 12 Okt 2017 01:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
"Tangisan" Ridho Irama 12 Okt 2017 10:00 WIB


 

 
 
HUKUM

Kasus Jembatan Ambruk, Kadis PU Diperiksa
Oleh : Syahrul | 21-Des-2011, 09:22:12 WIB

KabarIndonesia - Ambruknya jembatan bamba, Kecamatan Batulappa, Kabupaten Pinrang selasa malam (6/12) beberapa waktu yang lalu dimana pengoperasian penggunaannya baru dimulai awal Nopember tahun ini membuat aparat penegak hukum di kabupaten Pinrang tidak tinggal diam. Hal ini disebabkan besarnya indikasi akan adanya penyelewengan anggaran dalam pembangunan jembatan ini yang menelan anggaran APBN 2011 sebesar Rp 2.498.743.000. Namun ternyata roboh dalam kurun waktu pemakaian satu bulanan.

Kasat Reskrim Polres Pinrang, AKP Ilyas Ardi dalam keterangannya mengatakan bahwa hingga hari ini (Selasa, 20/12) pihaknya telah memeriksa 14 orang saksi mulai dari pekerja, masyarakat sekitar, bendahara hingga konsultan proyek. Rencananya, rabu (21/12) pihak penyidik akan memanggil Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) kabupaten Pinrang, Suardi Saleh dan H.Muh. Usain Sain, pimpinan PT. Faisal Putra Mandiri selaku kontraktor pelaksana proyek pembangunan jembatan bamba.

Namun menurut Ilyas, kepastian hasil penyidikan ini masih harus menunggu rampungnya semua pemeriksaan, termasuk menunggu hasil penelitian tim Kriminal khusus (Krimsus) Polda Sulselbar yang telah turun mengambil sample konstruksi jembatan dan juga mengumpulkan informasi dari TKP sehari setelah peristiwa ini terjadi.

Hal senada juga diungkapkan pihak Kejaksaan Negeri Pinrang melalui Kasie Intel, A.Adikawira. Saat ini pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang saksi yang dianggap mempunyai informasi seputar jembatan ambruk ini. Adika berjanji pihaknya akan secepat mungkin mengumumkan hasil pemeriksaan apabila telah dianggap rampung dan siap untuk diekspose. Namun Adika belum berani memastikan apakah ada unsur korupsi seperti mark-up dan kecurangan konstruksi jembatan dalam pembangunan proyek ini walaupun berdasarkan penyelidikan awal memang diduga kuat adanya unsur seperti itu yang menyebabkan ambruknya jembatan ini dalam tenggat waktu pemakaian satu bulanan.

Kepala Dinas PU kabupaten Pinrang, Suardi Saleh yang dikonfirmasi terkait rencana pemanggilan dan pemeriksaan dirinya oleh penyidik, mengaku siap untuk datang dan memberikan keterangan dihadapan penyidik. Suardi juga siap untuk menjalani hukuman apabila dikemudian hari dirinya selaku kepala Dinas PU terbukti ikut bertanggungjawab dalam kesalahan ambruknya jembatan ini.

Disinggung mengenai adanya pernyataan Pimpinan PT. Faisal Putra Mandiri, H.Muh. Usain sain saat dihearing komis III DPRD kabupaten Pinrang tentang banyaknya fee (komisi) yang dikeluarkan pihaknya terkait proyek ini sehingga anggaran yang sampai ke Perusahaannya untuk pembangunan jembatan hanya sebesar Rp 1,2 milliar, Suardi membantah semua keterangan itu. Dirinya dengan tegas mengatakan kalau total anggaran proyek itu semuanya diterima utuh pihak kontraktor dan hanya dipotong pajak sesuai aturan yang berlaku.

Sementara itu, H.Muh. Usai Sain selaku pihak kontraktor yang ingin dikonfirmasi terkait masalah ini tidak bersedia ditemui. Dihubungi melalui telpon genggamnya (HP), juga tidak diangkat. (*)




Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Aldwin dan Ibrahim, Pemenang Ajang Debat - WUPID 2017oleh : Johanes Krisnomo
18-Okt-2017, 23:31 WIB


 
  Aldwin dan Ibrahim, Pemenang Ajang Debat - WUPID 2017 Aldwin Octavianus (kanan) dan Ibrahim Panji Indra (kiri) dari Universitas Indonesia, terpilih sebagai pemenang dalam ajang kompetisi debat Bahasa Inggris WUPID - World Universities Peace Invitational Debate, di Jakarta (14-15/10/17). Mereka berhak mewakili Indonesia di QIUP WUPID Global 2017, Malaysia
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Skenario Menjatuhkan TNI 19 Okt 2017 00:54 WIB

Danau Toba Bukan Danau Tuba 14 Okt 2017 05:14 WIB

 

 

 

 

 
Kampanye Olah Raga 18 Okt 2017 10:35 WIB

 
Pimpinan Redaksi HOKI 2017 09 Okt 2017 20:02 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia