KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalForum Promoter 2018 POLRI: Indonesia Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045 (1) oleh : Rohmah S
23-Mei-2018, 12:15 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Pangan tidak hanya merupakan komoditas dan kebutuhan pokok dalam kehidupan setiap orang. Tetapi pangan juga menjadi kepentingan nasional dan keamanan nasional bagi sebuah negara.

Pangan memiliki peran dan fungsi vital bagi bangsa dan Negara Indonesia.
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Laju 10 Kilometer 22 Mei 2018 14:44 WIB

Ranting Putih 22 Mei 2018 14:41 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Sakit Karena Kecelakaan Kerja, Pramugari Garuda Protes di-PHK

 
HUKUM

Sakit Karena Kecelakaan Kerja, Pramugari Garuda Protes di-PHK
Oleh : Rohmah S | 24-Apr-2018, 15:39:45 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Pramugari Garuda Indonesia, Zita Gracia Sekarsari (48) akan segera menggugat PT Garuda Indonesia ke Pengadilan Hubungan Industril (PHI) atas tindakan perusahaan tersebut yang telah memutuskan hubungan kerja (PHK) dengan Zita yang menjadi pramugari sejak 5 Januari 1990.

“Saya telah di-PHK sejak 19 Januari 2017. Pada tanggal 9 Februari 2017 saya mengajukan keberatan atas keputusan itu,” kata Zita di Jakarta, Kamis (19/4) pagi.

Zita mulai menderita sakit herniasi nukleus pulposus (HNP) atau saraf terjepit akibat terjadi hard landing pesawat sejak 9 Januari 2015.

“Saya terus melakukan perawatan sendiri dan sekarang sudah sehat, namun pihak Garuda tidak menerima saya,” kata dia.

Zita menegaskan, ia menderita sakit tersebut karena kecelakaan kerja. “Jadi tidak benar saya harus di-PHK,” tegas perempuan berhijab ini.

Zita mengatakan seperti itu mengacu pada Pasal 153 Ayat (1) huruf j UU 13/ 2003 tentang Ketenagakerjaan berbunyi,”Pengusaha dilarang melakukan pemutusan hubungan kerja dengan alasan pekerja/buruh dalam keadaan cacat tetap, sakit akibat kecelakaan kerja, atau sakit karena hubungan kerja yang menurut surat keterangan dokter yang jangka waktu penyembuhannya belum dapat dipastikan”.

Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Sahat Sinurat, mengatakan pekerja atau buruh yang sakit atau cacat total kerena kecelakaan kerja atau sakit karena hubungan kerja tidak bisa di-PHK sebagaimana ditegaskan dalam Pasal 153 ayat (1) huruf j UU 13/ 2003 tentang Ketenagakerjaan.

“Pihak PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dalam kasus di atas salah. Nanti kami koordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten setempat untuk memanggil pihak PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk,” kata Sahat.

Zita meminta pihak PT Garuda Indonesia kembali mempekerjakannya. “Saya sudah sehat. Selain itu, walaupun saya sakit, saya tidak bisa di-PHK sebab sakit yang saya alami karena kecelakaan kerja,” kata dia.

Ia menegaskan, kalau tindak PT Garuda Indonesia ini tidak dilawan maka akan menjadi preseden buruk dalam hubungan industrial di Tanah Air.

Kepala Humas PT Garuda Indonesia, Ikhsan, ketika dikonfirmasi, Jumat (19/4) pagi, tidak menjawab. Sebelumnya ia mengatakan, akan melakukan pendekatan kepada Zita. (*)

Sumber Foto: garuda-indonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Sinergi Kemitraan DJI dan Halo Robotics Hadirkan Teknologi Pencitraan Udara Mutakhir Untuk Dunia Usaha Indonesia DJI, perusahaan industri drone sipil dan teknologi pencitraan udara (aerial imaging), umumkan kemitraan strategis mereka dengan Halo Robotics, distributor teknologi drone komersial terkemuka di Indonesia. Kemitraan ini diharapkan mampu memberikan solusi komersil DJI sehingga bisa diakses oleh para profesional dan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Peradaban Barat dan Timur 22 Mei 2018 13:51 WIB


 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 
Tempat Sampah Pintar 17 Mei 2018 22:48 WIB

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia