KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalDr Ir H Salahuddin Wahid (Gus Sholah) Adik Kandung Presiden ke-4 RI Tutup Usia oleh : Danny Melani Butarbutar
02-Feb-2020, 18:29 WIB


 
 
KabarIndonesia  - Breaking News Kompas tv kemarin (2/2) sekitar pkl. 23.00 dan Dandy Bayu Bramasta KOMPAS.com memberitakan jika KH Salahuddin Wahid atau biasa disapa Gus Sholah, meninggal dunia pada Minggu (2/2/2020) malam.

Almarhum  Gus Sholah yang juga pengasuh
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Opera Afeksi 08 Des 2019 14:27 WIB

Perih Paling Parah 26 Nov 2019 19:35 WIB

 
Menu Aceh Sie Asap Localeco 20 Feb 2020 04:53 WIB



 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
HUKUM

Sidang Sengketa Pemilihan Rektor UKI Toraja Dilaksanakan Akhir Januari
Oleh : Antha | 26-Jan-2020, 07:38:59 WIB

KabarIndonesia - Toraja, Kisruh Pilrek (Pemilihan Rektor) UKI Toraja terus bergulir. Kontroversi kebenaran surat kuasa dari dua pengurus YPTKM (Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Makale) yakni Kristian Seleng dan Linda Christine, perlahan mulai terkuak.

Meskipun pihak YPTKM menjustifikasi 2 (dua) suara kontroversial memenangkan DR. Octavianus Pasoloran, namun berbagai kalangan menilai langkah itu melanggar peraturan pengurus yayasan sendiri.

“Bagaimanapun dibolak-balik itu suara pengurus yayasan, tetap 5-4 untuk Oktavianus karena yayasan menghitung dua suara yang tidak hadir dalam pemilihan. Ini melanggar peraturan pengurus yayasan. Makanya harus diserahkan ke pengadilan,” ungkap Prof. DR. Marthen Arie, SH, MH, Guru Besar Hukum Universitas Hasanuddin, yang juga salah seorang kandidat, via ponsel, Senin (20/1).

Hal sama dilontarkan Thonny Panggua SH, Aktivis Toraja Transparansi. Menurut Thonny, tanpa transparansi dalam penyelesaian kisruh soal Pilrek tersebut, maka jalan keluarnya harus lewat proses hukum.

“Saya dengar gugatan sengketa Pilrek ini juga sudah masuk di pengadilan dengan sangkaan perbuatan melawan hukum. Ya sudah harus begitu karena ini negara hukum. Tidak ada yang kebal hukum termasuk pendeta,” ujar Thonny menanggapi kondisi terkini hasil pilrek yang masih berpolemik ini.

Sementara itu, dari penelusuran ‘mata-mata’ media ini, diperoleh bocoran tentang surat kuasa ‘voting’ itu. Pasalnya, salah satu dari surat kuasa yakni milik Dra. Linda Christine Sumilat, M.Si, istri Bupati Torut Kala’tiku Paembonan yang juga salah seorang pengurus YPTKM, diduga telah memberi dukungan suara kepada Prof. Marthen Arie, menyusul surat kuasa yang dibuat. Dukungan itu dikirim lewat pesan singkat Whatsapp kepada Ketua YPTKM Enos Karoma Sabtu 28 Desember 2019. Tapi anehnya, penerima kuasa, Pdt. Gideon Raru yang juga pengurus yayasan, memilih yang lain yakni DR. Octavianus Pasoloran. Entah, mungkin karena ada petunjuk lain sehingga pilihan itu bergeser dari yang sesungguhnya.

Konon, surat kuasa itu dibuat tanpa diantar langsung pemiliknya ke pihak yayasan. Menurut informasi, surat kuasa tersebut dijemput 3 (tiga) orang ke rumah Linda Christine. Ke-3 orang dimaksud diduga berinisial HL, AA dan HP. Dari ketiganya, surat kuasa itu diserahkan ke Pdt. Gideon Raru sebagai penerima kuasa.

Interval waktu menjelang Pilrek, 31 Desember 2019, termasuk pada H-1, beberapa peristiwa pertemuan terjadi. Diantaranya, Bupati Torut Kala’tiku Paembonan bertemu Ketua YPTKM Enos Karoma di kediamannya. Maksud pertemuan tidak diketahui.

Namun bocoran menyebut, kedatangan Kala’tiku untuk mengecek pilihan Linda Christine aman atau tidak. Kemudian, masih menurut bocoran, dua petinggi BPS Gereja Toraja, Musa Salusu dan Alfred Anggui, pada momen detik-detik menjelang hari ‘voting’, sempat menemui Bupati Kala’tiku Paembonan. Peristiwa lain, pemanggilan pengurus YPTKM oleh Ketua Umum BPS Gereja Toraja, Musa Salusu, untuk diberi advis dan arahan positif.

Teranyar, terlepas dari kisruh yang terjadi, Pengurus YPTKM dikabarkan tetap akan melanjutkan tahapan, yakni Pelantikan Rektor Terpilih. Rencana pelantikan muncul setelah pihak BPS Gereja Toraja memanggil para pengurus YPTKM, Senin lalu (20/1).Pelantikan, sesuai bocoran, dijadwalkan 5 Pebruari mendatang.

Dikonfirmasi, via WhatsApp, Ketua YPTKM, Enos Karoma, tidak merespon. “Saya belum dapat info. Yang ada dari ketua dan sekretaris undangan rapat yayasan jumat 24-01-2020,” ucap Drs. Pither Salempang, anggota YPTKM yang lain, via WhatsApp.

Sementara itu, bocoran lain terkait proses hukum, dari informasi yang berhasil dikorek menyebutkan, Sidang Gugatan Sengketa Pilrek UKI Toraja ini dijadwalkan mulai 30 Januari 2020.
Surat panggilan para pihak terkait segera diantar ke alamat masing-masing. Diantaranya, panggilan untuk Ketua YPTKM, Ketua Senat, dan Ketua Panitia Seleksi serta lainnya termasuk para saksi.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Judika Sihotang Berduet dengan Bupati Taput Nikson Nababanoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
04-Jan-2020, 04:31 WIB


 
  Judika Sihotang Berduet dengan Bupati Taput Nikson Nababan Artis papan atas, Judika Sihotang, menyedot ribuan pengunjung dalam acara hiburan terbuka Old and New 2020 yang dikemas oleh Pemkab Tapanuli Utara di lapangan Serbaguna Tarutung, Kamis (2/1) malam. Massa membludak di lokasi sehingga pengunjung berdesakan di lapangan. Bupati Nikson
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 
IMLEK AGAR KITA MELEK 23 Jan 2020 05:21 WIB

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia