KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalSusi Pudjiastuti, Sosok Kontroversi Namun Sarat Prestasi oleh : Badiyo
31-Okt-2014, 14:31 WIB


 
 
Susi Pudjiastuti, Sosok Kontroversi Namun Sarat Prestasi
KabarIndonesia - Usai pengumuman Kabinet Kerja Jokowi-JK, ada satu sosok menteri yang menjadi sorotan dan perhatian publik dan ramai diperbincangkan masyarakat. Sosok itu tak lain adalah Susi Pudjiastuti yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
Membutuhkan Wartawan/Wartawati 06 Sep 2012 16:29 WIB


 
Kajati Kalteng Kunjungi Katingan 30 Okt 2014 19:41 WIB


 
Dia yang di Tepian Kali 30 Okt 2014 09:32 WIB

Tak Habis Pikir Dia 30 Okt 2014 09:29 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
LINGKUNGAN HIDUP

Gerakan Perempuan Tanam Pohon di Jambi
Oleh : Daryono | 01-Des-2008, 15:28:44 WIB

KabarIndonesia - Dalam rangka Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara untuk Ketahanan Pangan Keluarga Tahun 2008 di Propinsi Jambi, Ketua TP PKK Propinsi Jambi Ny. Ratu Munawaroh Zulkifli Nurdin secara simbolis menanam pohon dan penebaran benih ikan yang dipusatkan di Bantaran Danau Sipin Telanaipura Kota Jambi hari ini (Senin, 1/12-2008).

Kegiatan itu mengambil tema "Kearifan Lokal Perempuan Jambi Menuju Ketahanan Pangan Keluarga". Kegiatan tanam pohon ini melibatkan ratusan pelajar SD, SMP dan SMA sekaligus untuk menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan hidup.

Pada kesempatan tersebut ditanam sebanyak 300 batang mahoni, 100 batang bungur, 100 batang bulian, 50 batang ketapang, 250 batang durian, 150 batang duku, 50 batang rambutan dan 500 batang bibit kelapa. Selain melakukan penanaman telah ditebar bibit ikan sebanyak 2 juta ekor. Diharapkan apa yang telah ditanam dan tebar akan tumbuh dengan baik serta menghasilkan sebagai sumber pangan keluarga di masa mendatang.

Pada waktu yang sama juga pada setiap kecamatan di Jambi melaksanakan kegiatan yang sama dengan menanam 900 pohon.

Ketua TP PKK Propinsi Jambi Ny. Ratu Munawwaroh Zulkifli mengatakan, sebagai sumber pangan dan papan keluarga, tanaman kayu-kayuan serta beraneka jenis tanaman buah-buahan yang ditanam hari ini sangat berarti sekali bagi penyelamatan bumi terutama terhadap ancaman pemanasan iklim global. Hal yang sangat efektif untuk mencegah bencana tersebut adalah membangkitkan kesadaran dan gerakan bersama untuk melakukan penanaman pohon.

Akibat kerusakan lingkungan diantaranya kerusakan hutan tropis sebagai paru-paru dunia, tahun ini, lubang ozon yang ada di atas Antartika, Kutub Selatan mencapai luas maksimal hingga 26,88 kilometer persegi. Ini tercatat sebagai lubang terbesar kelima yang pernah terekam sepanjang sejarah.

Luas lubang ozon merupakan hasil pengukuran badan antariksa AS (NASA) yang telah melakukannya sejak 30 tahun terakhir. Lubang ozon terbentuk akibat menipisnya lapisan ozon. Hal tersebut membahayakan karena lapisan ozon berfungsi menyerap radiasi ultraviolet dari matahari. Meluasnya lubang ozon dinilai sebagai salah satu pemicu pemanasan global.

Biasanya lubang ozon terbentuk setiap bulan Agustus dan mencapai luas maksimum antara September hingga Oktober sebelum kembali menutup. Tahun lalu luas lubang ozon maksimum hanya 24,83 kilometer persegi.

Munculnya penyakit yang beberapa kali lebih mematikan dan makin menyebar ke penjuru dunia, mulai dari flu unggas hingga demam kuning, dimungkinkan juga adalah akibat perubahan iklim. Perubahan iklim akan berdampak negatif bagi umat manusia dan makhluk hidup lainnya.

Untuk bisa memperoleh hasil yang diharapkan tidaklah mudah. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah melakukan pemeliharaan terhadap tanaman yang sudah ditanam hari ini. “Mustahil tanaman tersebut akan memberikan hasil jika kita tidak memperlakukannya dengan baik, diantaranya menyiangi, memupuk, menjaga dari serangan hama penyakit,” ujar Ratu Munawaroh. Kegiatan ini sesuai dengan temanya yaitu "kearifan lokal perempuan Jambi menuju ketahanan pangan keluarga".

Untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga, masyarakat Jambi diminta tidak hanya tergantung dengan mengkonsumsi beras saja, masih banyak bahan pangan pengganti beras yang mengandung karbohidrat untuk dikembangkan. Penganekaragaman pangan juga sangat baik untuk ketahanan pisik.

“Lahan kosong yang tidak terurus, tegal dan pekarangan terbuka dapat dimanfaatkan untuk ditanami tanaman yang bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarga,” kata Ketua TP PKK Propinsi Jambi.

Ny. Ratu Munawwaroh Zulkifli mengatakan, kegiatan gerakan perempuan tanam, tebar dan pelihara tahun 2008 menuju ketahanan pangan keluarga ini merupakan salah satu kegiatan dari tiga kegiatan organisasi perempuan tahun 2008 dan berkenaan juga dengan Bulan Menanam Nasional. Kegiatan ini untuk pemulihan kerusakan sumber daya alam sekaligus juga membangun budaya sadar menanam sebagai sikap hidup bangsa Indonesia.

Kegiatan ini merupakan lanjutan kegiatan tahun lalu dalam bentuk Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara 10 juta pohon dengan realisasi secara nasional yang melampaui target. Keberhasilan tersebut telah mendapatkan pengakuan dan penghargaan dunia internasional melalui United Nation Environment Programme (UNEP) berupa Certificate of Global Leadership yang diterima oleh Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono dan Menteri Kehutanan pada tanggal 5 Juni 2008 lalu.

Propinsi Jambi mempunyai potensi Keanekaragaman Hayati yang sangat besar. Potensi tersebut terdapat baik di dalam maupun di luar kawasan hutan, utamanya di dalam kawasan hutan. Sebagaimana diketahui luas kawasan hutan di Propinsi Jambi sebesaar kurang lebih 42,17% dari total luas daratan atau sekitar 2 juta hektare. Kawasan hutan tersebut membentang dari Pantai Timur sampai di gunung Kerinci di sebelah Barat, namun keberadaanya terancam oleh persoalan besar yaitu degradasi hutan dan lahan serta laju deforestasi yang tinggi sebagai akibat dari adanya pembalakan liar, penjarahan, kebakaran hutan dan lainnya. (*)




Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Penjual Pisang Bertelanjang Kakioleh : Jumari Haryadi
17-Okt-2014, 23:21 WIB


 
  Penjual Pisang Bertelanjang Kaki Mencari nafkah adalah kewajiban seorang pria terhadap keluarganya. Selain bekerja di sektor formal seperti menjadi PNS dan pegawai swasta, bisa juga dilakukan dengan cara berdagang. Tampak seorang pria tengah membawa pisang yang baru diambil dari kebunnya (16/10/14). Dengan bertelanjang kaki, pria
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Sastra Tanpa Riset 05 Okt 2014 10:09 WIB

 

 
Idul Adha di Leipzig 08 Okt 2014 13:16 WIB


 

 
We Do What We Can Do 30 Okt 2014 09:35 WIB

 
Liga Mahasiswa Kian Bergengsi 29 Okt 2014 23:13 WIB

 

 

 

 

 

 
"Remote Sensing" untuk Masyarakat 13 Sep 2014 08:36 WIB

 
Selamat Melayani Pertua-Diaken 12 Okt 2014 11:13 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia