KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKorem 044/GAPO Gagalkan Pencurian 15 Ton Minyak Pertamina oleh : Dedi Sugiri
30-Jul-2015, 17:21 WIB


 
 
Korem 044/GAPO Gagalkan Pencurian 15 Ton Minyak Pertamina
KabarIndonesia - Palembang, Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Suko Basuki selaku Dansatgas penguatan Binter berhasil menggagalkan pencurian BBM Illegal hasil dari Illegal Tapping yang terjadi di daerah Gelombang Kota Prabumulih tepatnya di desa talang taling Rm. Empat Saudara Ambo Jln. Jend. Sudirman
selengkapnya....


 


 
BERITA HUKUM LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Pikiranku 19 Jul 2015 06:37 WIB

Hilang Arah 19 Jul 2015 06:35 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

NKRI dengan KOWIL Tak Dapat Dipisahkan
Oleh : Nurtina Santhy | 30-Des-2009, 17:13:50 WIB

KabarIndonesia - Pada suatu kesempatan, Kasad Jenderal TNI George Toisutta di Mabes AD Jakarta menegaskan bahwa Kowil itu harus tetap dipertahankan, namun atas pernyataan Kasad tersebut ada dari sebuah LSM di salah satu koran Nasional menekankan perlunya restrukturisasi Komando Kewilayahan (Kowil) berkaitan dengan dinamika ancaman yang berkembang saat ini. Agenda restrukturisasi itu berkaitan dengan tugas pokok TNI, yaitu menghadapi ancaman perang dari luar.

Menurutnya, Komando Teritorial (Koter) yang ada saat ini masih berasal dari perimbangan agresi militer zaman penjajahan serta fungsi politik TNI pada masa Orde Baru. Koter harus dilihat dalam konteks strategi pembangunan kekuatan pertahanan dan gelar kekuatan TNI. Pembinaan teritorial bukan tugas TNI. Hal ini seharusnya diserahkan kepada pemda.

Mencermati pernyataan di atas, saya sebagai warga masyarakat yang cinta damai, kurang pas dengan pandangan dari LSM tersebut, sebab dalam Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Posisi Angkatan Darat berada pada posisi untuk membantu pemerintah, dan dilaksanakan dalam pola Operasi Militer Selain Perang.

Dengan demikian berarti masih relevan Koter tetap dipertahankan, sebab sasaran Pembinaan Teritorial (Binter) adalah terwujudnya ruang, alat, dan kondisi juang, serta Kemanunggalan TNI-Rakyat yang tangguh dalam rangka mendukung pertahanan negara di darat, lebih khusus yang berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti di Kalimantan dan Papua. Bukan untuk fungsi politik TNI, karena TNI sekarang sudah tidak berpolitik lagi.

Oleh karena itu seluruh lapisan masyarakat harus menyadari bahwa peran Angkatan Darat dalam hal ini Koter itu semata-mata demi mendukung kebijakan pemerintah, bagi keberhasilan dan kesuksesan dalam kelangsungan pembangunan nasional yang memerlukan keterpaduan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak antara aparat Kowil dengan pemerintah, sehingga diperoleh kesamaan visi dan persepsi terhadap penanganan berbagai permasalahan aktual yang terjadi di wilayahnya.

Kowil harus tetap dipertahankan demi tetap tegak kokohnya NKRI.  Untuk itu kita semua seluruh rakyat Indonesia tidak ada salahnya mendukung TNI untuk pembentukan kodam baru, baik di Kalimantan maupun di Papua, bila perlu penambahan kodam itu mengikuti pemekaran daerah, seperti Kepolisian setiap ada pemekaran daerah, Polri segera mengikutinya dengan pembentukan mulai dari tingkat Polda sampai ke Polres.(*)



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mengelola Bisnis Menggiurkan di Tapanulioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
24-Jul-2015, 20:08 WIB


 
  Mengelola Bisnis Menggiurkan di Tapanuli Demam batu akik sudah berlangsung hampir setengah tahun sejak Februari 2015. Demam akik juga melanda kawasan Tapanuli di Sumatera Utara. Tapanuli Tengah misalnya sudah melakukan pameran akik. Fenomena akik juga mewarnai kawasan Tapanuli Utara. Awalnya hanya dua orang pengelola, belakangan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
TNI Polri Jangan Mau Diadu Domba 28 Jul 2015 09:27 WIB

Mewujudkan Damai Itu Indah 27 Jul 2015 23:03 WIB

 
Indonesia Sambut Ferrari 488 GTB 31 Jul 2015 10:18 WIB


 

 

 
PHE ONWJ Optimis Capai Target 31 Jul 2015 10:17 WIB


 
Jadwal Copa America 2015 11 Jun 2015 13:43 WIB

 
Mengenang Chris Siner Key Timu 13 Mei 2015 18:00 WIB

Badan Kecil, Semangat Tinggi 30 Apr 2015 07:41 WIB

 

 

 
Deteksi Kanker Sejak Dini 06 Jul 2015 22:55 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia