KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniSembilan Butir Testimoni Untuk Presiden Jokowi oleh : Berthy B Rahawarin
01-Okt-2014, 16:21 WIB


 
 
Sembilan Butir Testimoni Untuk Presiden Jokowi
KabarIndonesia - Jakarta, Inilah Sembilan Butir Testimoni untuk Presiden (terpilih) Joko "Jokowi" Widodo dari diskusi politik dengan tema "Etika Politik Impian Rakyat: Testimoni untuk Presiden Jokowi".

Narasumber dalam diskusi politik tersebut adalah guru besar dan pakar psikologi-politik Universitas
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
Membutuhkan Wartawan/Wartawati 06 Sep 2012 16:29 WIB


 

 
Kebebasan Diri 29 Sep 2014 05:20 WIB

Kata-kata Nan Muncul Tiba-tiba 26 Sep 2014 05:49 WIB


 
BERITA LAINNYA
 
Gita Gutawa, Diva Muda Indonesia 06 Sep 2014 09:34 WIB

Raffi Achmad Tagih Janji Jokowi 31 Aug 2014 04:13 WIB

 
Hobi Fotografi Tak Harus Mahal 29 Sep 2014 02:39 WIB


 
 
PARIWISATA

Objek Wisata Agro Perkebunan Teh Gunung Mas
Oleh : Dr Rochajat Harun Med. | 30-Jul-2008, 20:19:41 WIB

KabarIndonesia - Objek wisata ini terletak di daerah Puncak kabupaten Bogor Jawa Barat. Terkenal sejak jaman Belanda. Lokasinya mudah dijangkau karena dilintasi jalan antara Bogor- Cianjur. Hawanya yang sejuk, indah dan nyaman jauh dari gangguan polusi, sungguh banyak menarik perhatian para wisatawan asing maupun domestik. Apalagi setelah 4-5 tahun terakhir daerah wisata ini telah banyak dilengkapi dengan berbagai fasilitas bagi kebutuhan wisatawan, antara lain penginapan, bungalow, areal kemping, fasilitas olahraga seperti Tea Walk, kolam renang, terbang layang dan lain-lain.

Perkebunan Teh Gunung Mas adalah salah satu unit usaha PT Perkebunan Nusantara VIII (pesero). Terletak di daerah pergunungan yang sejuk di ketinggian 700-1400 m diatas permukaan laut, dengan suhu rata-rata 18-25 derajat celsius. Karenanya Gunung Mas merupakan tempat yang nyaman untuk beristirahat dan rekreasi atau sekadar melepas lelah penat dari perjalanan atau kesibukan sehari-hari. Lokasinya berjarak 100 km dari arah Bandung dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Atau 80 km dari arah Jakarta menuju Puncak dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Tidak jauh dari objek wisata agro Gunung Mas ini, sebetulnya masih ada objek wisata lain yang cukup menarik untuk dikunjungi seperti: Taman Safari yang berada di Cisarua, Taman Bunga Nusantara yang berada di Cipanas, Taman Wisata Alam Cibodas, Danau Telaga Warna di Puncak, serta Istana Presiden yang berada di Cipanas. Hampir setiap hari terutama pada hari Sabtu, Minggu dan hari-hari liburan sekolah, lokasi wisata ini banyak dikunjungi wisatawan termasuk anak-anak sekolah.

Objek wisata agro Gunung Mas ini menyediakan berbagai fasilitas wisata antara lain:
  • Tea Walk.
Tea walk adalah salah satu objek wisata utama, yaitu kegiatan rekreasi berupa jalan santai mengelilingi areal perkebunan teh. Menikmati hijaunya daun teh yang menghampar laksana permadani , bersatu dengan alam di tengah udara yang sejuk dan jauh dari polusi udara dan kebisingan. Kita juga dapat menyaksikan sendiri bagaimana pemetikan teh. Seorang pemandu akan menemani sebagai guide wisata. Kita bisa memilih rute perjalanan yang diinginkan yaitu 4km, 6km, atau 8 km.Waktu tempuh perjalanan akan berlangsung sekitar 1 sampai 3 jam.
  • Areal Kemping (camping ground)
Bagi pengunjung yang ingin berkemah bersama keluarga, handai tolan, maupun para pencinta alam, mereka dapat brkemah di kawasan Gunung Mas ini yang luas (2551 ha.) dan asri disekeliling bukit dan kebun teh.
  • Penginapan.
Disamping wisata satu hari (one day tour), bagi anda yang ingin bermalam di kawasan objek wisata agro Gunung Mas ini, disediakan pula penginapan yang berupa: 4 buah kamar standard, 3 unit bungalow, dan 21 unit pondokan. Tiap type memiliki harga yang bervariasi.
  • Kolam Renang Anak.
Ini merupakan fasilitas terbaru, yaitu kolam renang untuk anak-anak dimana orang tua bisa asyik menggunakan fasilitas yang lain untuk orang dewasa tanpa diganggu oleh putra-putrinya. Di areal “Tirta Mas” ini tersedia 2 (dua) buah kolam renang berair sejuk dan segar yang berasal dari mata air pegunungan yang menyehatkan.
  • Ruang Pertemuan.
Di kawasan Gunung Mas ini juga disediakan ruang pertemuan, yang jumlahnya 3 buah ruang untuk pertemuan, rapat kerja, atau untuk keperluan lainnya. Kapasitas ruang tersebut adalah mulai dari 30 sampai dengan 200 orang.Ruangan ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang pertemuan seperti: OHP, Wireless, sound system, white board dan lain-lain.
  • Catering
Bentuk pelayanan lain kepada para pengunjung objek wisata agro Gunung Mas adalah catering service. Melayani pesanan dengan menu pilihan yang beragam, baik berupa box ataupun prasmanan / buffet. Disediakan mulai dari snack, makan pagi, makan siang, makan malam, ataupun untuk acara-acara lainnya.
  • Pabrik Teh.
Di pabrik teh Gunung Mas kita dapat pula menyaksikan bagaimana teh diolah sejak dari daun hasil pemetikan, hingga menjadi teh yang telah kita kenal selama ini, yaitu berupa teh curah maupun teh celup. Kita bisa berkunjung ke pabrik teh ini secara perorangan ataupun kelompok. Kunjungan ini pasti bermanfaat, terutama bagi pelajar dan mahasiswa.
  • Tea Corner & Tea Café.
Gunung Mas menyediakan pula bagi wisatawan atau pengunjung yang menyukai minum teh. Tersedia 3 (tiga) buah Café kecil dimana kita dapat minum teh asli produk Gunung Mas sambil kita bersantai bercengkrama dengan keluarga atau teman. Tentu kita akan merasakan perbedaan rasa teh di Gunung Mas ini.
  • Sarana Olah Raga.
Bagi pengunjung yang senang berolah raga, disini disediakan pula berbagai fasilitas seperti: Lapang Tenis, Terbang Layang, serta Kuda Tumpakan yaitu kuda yang bisa kita tumpangi mengelilingi dan menikmati keindahan panorama kebun teh yang telah ditentukan.

Sampai kini objek wisata agro Gunung Mas telah menarik banyak wisatawan, yang menurut petugas pada tahun 2008 tercatat ada 101141 orang wisatawan domestik, dan 10233 orang wisatawan mancanegara. Diharapkan untuk tahun-tahun berikutnya akan lebih meningkat lagi. Semoga !


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
International Press Card KabarIndonesiaoleh : Kabarindonesia
30-Sep-2014, 14:56 WIB


 
  International Press Card KabarIndonesia International Press Card HOKI ini merupakan Press Card yang bergengsi dan mempunyai nilai yang tinggi. Bagi mereka yang tertarik untuk bisa mendapatkan International Press Card HOKI sebagai reporter ataupun fotografer, silahkan menghubungi Redaksi KabarIndonesia melalui email ke info@kabarindonesia.com dengan subject/judul: “Saya
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Literasi untuk Edukasi Bencana 25 Sep 2014 12:37 WIB

 

 

 

 

 
Indonesia Siap Hadapi Thailand 22 Sep 2014 13:06 WIB

Asian Games 2014 Resmi Dibuka 22 Sep 2014 11:59 WIB

 

 

 

 
Hati-Hati Lahir Premature 01 Okt 2014 16:27 WIB


 

 
"Remote Sensing" untuk Masyarakat 13 Sep 2014 08:36 WIB


 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia