KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
HiburanToko Boekoe Tempo Doeloe oleh : Kabarindonesia
04-Apr-2020, 09:39 WIB


 
 
KabarIndonesia - Hampir setiap anak Tempo Doeloe senang baca komik, termasuk saya. Sebelum ada komik dalam bentuk buku, kami selalu membaca komik strip yang terdapat di koran ataupun majalah.

Misalnya, Put On yang terbit rutin di surat
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemunafik 05 Apr 2020 16:00 WIB

Rembulan di Celah Matamu 07 Mar 2020 15:27 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 
YUK LAWAN WABAH KESEPIAN ! 21 Mar 2020 12:41 WIB


 

Hasil Survey Penilaian Panti Werdha 2019 di Indonesia

 
PARIWISATA

Hasil Survey Penilaian Panti Werdha 2019 di Indonesia
Oleh : Kabarindonesia | 18-Des-2019, 13:58:18 WIB

KabarIndonesia - Berdasarkan Data dari berbagai sumber di internet seperti Badan Pusat Statistik (BPS) 2019 dan lembaga lain; penduduk Indonesia terdiri dari 27 juta lansia. 

Sedangkan jumlah Senior Living, Panti Werdha  maupun Panti Jompo sangat minimal sekali jumlahnya yakni kurang dari 20 Senior Living &  Panti Werdha dan sekitar 250 Panti Jompo kalau dihitung kapasitas daya tampung Senior Living dan Panti Werdha hanya sekitar 2.000 orang. Sementara daya tampung Panti Jompo sekitar 200.000 orang.

Sudah sejak lama KabarIndonesia melakukan survey dengan cara mengamati dan memantau perkembangan berbagai macam Senior Living atau Panti Werdha di Indonesia. Pengamatan tersebut berdasarkan fasilitas, aktivitas dan layanan yang diberikan.    

Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan oleh tim KabarIndonesia. Maka  dapat di simpulkan, bahwa Jababeka Senior Living layak untuk diberikan Award sebagai Panti Werdha yang termegah dengan fasilitas terlengkap di Indonesia.    

Oleh sebab itu pada tanggal 15 Desember 2019 lalu, KabarIndonesia telah menyampiakan perihal tersebut kepada Pihak Manajemen Jababeka Senior Living sebagai "The Most Luxurios Retirement Home" di Indonesia.    Menurut Pihak Manajeman Jababeka Senior Living, akan diselenggarakan  acara Penganugerahan tersebut dalam tajuk "Rebranding Jababeka Senior Living & Pengaguerahan The Most Luxurios Retirement Home in Indonesia" yang direncanakn dilakukan pada Januari 2020 bersamaan dengan Grand Launching Jababeka Senior Living dihadapan para member Jababeka Senior Living dari mancanegara seperti Eropa dan Jepang serta Member (resident) dari dalam negeri.    

Direncanakan acara Grand Launching Jababeka Senor Living ini akan dihadiri oleh pihak Kedutaan Jepang, Kedutaan Belanda serta Bapak Menteri Pariwisata dan bahkan diharapkan dapat diresmikan secaralangsung oleh Bapak Presiden Jokowi Widodo.   

Jababeka Senior Living Luxury Retirement Home merupakan Senior Living terbaik di Indonesia dengan pendekatan empiris di berbagai negara (Amerika, Eropa, Australia dan Asia seperti Jepang)  :    


1. Jababeka Senior Living mempersembahkan Luxury Retirement Home, suatu konsep layanan hunian bagi Senior (lansia) yang berstandar hotel bintang empat dengan perhatian dan kepedulian tim Care layaknya tinggal seperti di rumah sendiri yang penuh rasa kasih sayang. Home Sweet Home.    

2. Mission and purpose. Salah satu perbedaan utama yang membedakan satu Senior Living dari yang lain adalah misi mereka. Bila mengunjungi setiap situs web Jababeka Senior Living "D'Khayangan" (d/h Senior Living D'Khayangan) dan menunjukan visi Jababeka Senior Living untuk menjadi Senior Living terdepan dan terkemuka serta pioneer dalam memberikan layanan hidup bagi lansia Indonesia dan mancanegara dengan motto the way to enjoy golden age, dan sekarang disesuaikan menjadi home sweet home. Tujuan dilahirkannya Jababeka Senior Living adalah untuk memenuhi kebutuhan Senior dan preferensi secara personal yang berbeda diantara satu individu dengan individu lainnya. Mulai dari hal-hal kecil hingga hal-hal besar, (Seperti kesukaan dan kebutuhan gizi, pantangan, jam makan, jam bangun, jam tidur, hobi, serta kebutuhan akan vitamin dan obat-obatan yang harus dikonsumsi secara reguler).      

3.  First impressions. Walaupun intuisi jauh dari satu-satunya faktor yang menjadi dasar keputusan Senior namun seringkali menjadi penentu dalam pengambilan keputusan para Senior. 99% pengunjung Jababeka Senior Living memberikan kesan pertama : Luar Biasa Bagus dan mewah. Setelah ditanya kriteria apa yang memberi kesan pertama demikian, 3 parameter utama terungkap adalah stafnya ramah dan mau menerima, menu makanan, suasana ruang makan menarik dan fasilitas yang berkelas bintang lima.    

4. Location. Baik mencari tempat tinggal di lingkungan pedesaan yang damai atau yang memiliki suasana perkotaan, lokasi  merupakan kunci utamanya. Jababeka Senior Living merupakan konsep Senior Living untuk perkotaan yang ditunjang oleh fasilitas Lapangan Golf disekitarnya, memberikan suasana Jababeka Senior Living perkotaan tetapi suasana pedesaan yang damai dan hijau tetap terasa. Fasilitas lain seperti pelayanan rumah sakit, kawasan sekolah dan pendidikan serta kawasan bisnis lainnya yang sangat dekat.    

5. Access to entertainment. Mungkin orang yang Anda sayangi menikmati makan diluar, menonton film, dan bermain indoor bowling. Atau mungkin memancing dan berkebun di atas daftar hobi favoritnya. Menemukan tempat tinggal difasilitas hiburan dan tujuan lain yang diinginkan dapat membantu mendukung keterlibatan senior dan memelihara hubungan sosial. Jababeka Senior Livng memiliki fasilitas dan aktivitas untuk memenuhi hobi para Senior. Hanya selangkah untuk menuju Lapangan Golf, dalam jangkauan 10 menit ke Mall dan Farmers Market dan theater film.     

6. Travel. Tujuan dalam pemilihan hunian lansias sebagai lingkungan komunitas baru biasanya mempertimbangkan akses yang mudah dalam pemilihan transportasi umum, seperti bandara dan stasiun kereta api untuk membuat mereka tetap dapat melakukan perjalanan. Bahkan beberapa senior living juga menyediakan transportasi ke pusat perjalanan, sehingga lebih mudah bagi para lansia untuk mengikuti selera berkelana mereka. Jababeka Senior Living hanya memerlukan waktu 15 menit untuk menuju ke Stasiun KRL (Commuterline) untuk menjangkau Jakarta dan  Kereta api ke Bandung. Sesuai permintaan Lansia, Jababeka Senior Living menyediakan kendaraan mobil untuk menunjang aktivitas mereka. Bahkan mengaturkan tour bagi penghuni Senior dalam berekreasi baik dalam kota maupun ke luar kota.   

7. Type of community. Dari perawatan komunitas pensiunan berkelanjutan (CCRC) atau  persewaan hunian bagi lansia, pengaturan tempat tinggal senior bisa sangat berbeda. Selain itu, mereka datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, termasuk tipe sepertii rumah dan pondok tinggal hingga apartemen dan duplex. Tergantung pada preferensi pribadi serta pertimbangan keuangan, satu jenis lansia atau  komunitas lansia mungkin lebih cocok daripada yang lain. Jababeka Senior Livng hadir dengan model Apartment dan Villa. Dimana untuk pilihan Villa memungkinkan Senior memiliki Caregiver pribadi dan kebun sendiri, bahkan tempat bagi hewan peliharaan kesayangan Senior.

8. Levels of service. Tidak semua Senior memiliki kebutuhan yang sama. Semua komunitas lansia juga tidak memberikan tingkat layanan yang sama. Apakah Anda mencari tempat tinggal yang mandiri, atau apakah perawatan pribadi, hidup berbantuan, layanan dirumah, atau perawatan kesehatan yang terampil diperlukan? Tempat tinggal yang menawarkan perawatan demensia atau yang menderita penyakit Alzheimer atau masalah kognitif lainnya. Jababeka Senior Living menyediakan layanan untuk independen, bantuan minimal dan bantual total. Termasuk pendapingan khusus untuk Senior dengan demensia atau Alzheimer, bahkan paket rehabilitasi Senior pasca stroke.

9. Accreditations. Banyak orang yang salah untuk menyadari bahwa pemerintah/negara  Indonesia belum mewajibkan Senior Living berlisensi untuk terakreditasitasi. Namun, Senior Living telah menunjukkan kemampuan untuk memenuhi atau melampaui standar perawatan yang ditentukan karena telah mengadopsi standar layanan Senior Living dari Jepang yang sangat dikenal  dengan standar layanan berkualitas. Dengan pengalaman dan kemampuan ini, Jababeka Senior Living yang menjadi endorser bagi Pemerintah untuk melahirkan standar kualitas Senior Living di Indonesia, bersama-sama dengan Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI).      

10. Access to rehabilitation and skilled nursing care. Dalam beberapa kasus, dan seiring dengan waktu, senior akan masuk kepada fase yang membutuhkan rehabilitasi atau asuhan keperawatan yang terampil. Jababeka Senior Living telah mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan tersebut dengan penyediaaan akses kepada fasilitas terminal care bahkan akses kepada penyedia pemakaman.      

11. Diversity and inclusivity. Sama seperti kita semua, Senior akan merasa bertumbuh ketika mereka merasa terlibat. Jababeka Senior Living menerapkan Good Feeling Assesment (GFA) untuk menerawang keragaman latar belakang dan hobi Senior sebelum menjadi penghuni. Sehingga Senior akan mendapatkan pendampingan dengan staf yang tepat, program aktivitas dirancang sesuai dengan minat Senior tanpa melupakan customization untuk memupuk interaksi antara semua anggota penghuni.

12.  Activities. Komunitas di Senior Living menawarkan program yang berorientasi pada pengayaan yang luas dan mendalam. Sementara beberapa lebih mendasar, yang lain lebih luas yang memungkinkan penghuni untuk menyesuaikan kegiatan mereka sendiri, sementara yang lain memiliki fasilitas kebugaran dan kolam renang - yang positif untuk manula yang aktif. Jababeka Senior Living meenyediakan aktivitas dasar seperti kegiatan pemeliharaan kesehatan, program aktivitas untuk mempertahanakan kesehatan fisik, kesehatan psikis, kesehatan sosial dan kesehatan rohani.  Observasi diperlukan dalam menentukan kebutuhan aktivitas dasar  yang ditawarakan kepada Senior.  Jababeka Senior Living juga melaksanakan dokumentasi aktivitas dan interview dengan perodik dengan Senior dalam memperluas aktivitas yang diperlukan Senior penghuni yang lebih sesuai dengan kondisi fisik dan psikis Senior yang lebih disukai.   

13.  Masterpiece Living. Orang-orang dari segala usia memiliki potensi untuk belajar dan bertumbuh. Berdasarkan penelitian yang menunjukan bahwa penuaan yang sukses sangat tergantung pada gaya hidup, untuk memaksimalkan potensi Senior dengan menciptakan budaya dan lingkungan yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan lansia dari segala usia dan kemampuan. Jababeka Senior Living menyelenggarakan sejenis Senior College untuk mengaktualisasikan keahlian dan pengalaman Senior untuk ditularkan kepada Senior penghuni lain. Seperti menjadi instruktur handycraft, tarian, berkebun, dan berbagi pengalaman lainnya. Juga dibuka kesempatan bagi Senior penghuni untuk menjadi konsultan bisnis bagi para pengusaha di sekitar Kota Jababeka maupun menjadi dosen Senior di President University.   

14. Events. Selain kegiatan rutin, banyak tempat tinggal senior juga mensponsori acara didalam Senior Living untuk penduduk dan keluarga mereka. Selain menyelenggarakan aktivitas reguler, Jababeka Senior Living juga menyelenggarakan program aktivitas spesial (event) seperti Seminar Kesehatan dengan mengundang narasumber yang kompeten, pagelaran seni dan budaya, serta gathering keluarga atau rekan penghuni Senior dalam momentum perayaan hari besar keagamaan maupun hari besar nasional. Seperti Hari Kartini, Hari Pahlawan, Hari Ibu, Hari Ayah, Hari Valentine. Tidak kalah penting event perayaan hari ulang tahun kelahiran atau pernikahan Senior Penghuni, hari ulang tahun anak dan cucu dengan mengundang khusus anggota keluarga anak dan cucu berkunjung ke Jababeka Senior Living.    

15. Pets. Sejumlah penelitian menunjukkan manfaat hewan peliharaan untuk manula. Jababeka Senior Living memberikan kesempatan kepada Senior Penghuni untuk membawa hewan peliharaan dengan pembatasan-pembatasan tertentu seperti hanya diperbolehkan bagi Penghuni yang memilih tinggal di villa, dan hewan peliharaan tidak diperbolehkan untuk dibiarkan berkeliaran dilingkungan Senior Living.  

16.  Costs. Menentukan biaya hidup di Senior Living hanya satu bagian dari gambaran perencanaan finansial bagi Senior. Jababeka Senior Living menyadari kondisi finansial Senior baik dari aspek psikologi keuangan maupun dari likuiditas keuangannya. Oleh karena itu Jababeka Senior Living menyediakan opsi pembiayaan bulanan, tahunan bahkan time-sharing yang memungkinkan untuk dipilih sesuai dengan kondisi keuangan Senior maupun anggota keluarga. Dalam hal kondisi keuangan Senior menjadi tidak memenuhi kecukupan untuk biaya hidup di Senior Living, maka manajemen Jababeka Senior Living dapat menawarkan dan memperhitungkan kompensasi  honor Senior sebagai instruktur atau honor Senior dari berbagai keahlian dan pengalaman lainnya.  

17.  Staffing. Hubungan dengan staf dapat membangun pengalaman baru yg indah atau menghancurkan pengalaman hidup Senior di komunitas Senior Living. Jababeka Senior Living menyadari masalah logistik maka rasio staf dengan Senior penghuni menjadi faktor yang sangat mendapat perhatian. Jumlah staff dibanding Senior penghuni diupayakan pada rasio 1:1. Faktor ini berpengaruh untuk anggota staf dapat mengetahui nama setiap Senior dan memiliki waktu yang cukup untuk semua Senior penghuni. Semua staff dinilai dan dievaluasi sesuai dengan tempat mereka bekerja  dan melayani siapa mereka dalam bekerja.   

18. Planning mechanisms. Kebutuhan senior dapat berubah dengan cepat. Jababeka Senior Living dapat memenuhi kebutuhan spesifik saat ini, itu hanya sebagai awal saja. Diperlukan perencanaan untuk pengembangan untuk memenuhi kebutuhannya yang berubah dari Senior penghuni guna meminimalkan stres dan memaksimalkan stabilitas diseluruh proses penuaan.   

19.  Financials. Fasilitas Senior Living mungkin terlihat sempurna di permukaan, apa yang terlihat tidak selalu seperti yang didapatkan. Menggali lebih dalam pertimbangan seperti berapa tahun sebuah komunitas telah berkecimpung dalam bisnis dan rekam jejak, dan rencana pertumbuhannya, dapat mengungkapkan gambaran yang lebih akurat.  Jababeka Senior Living telah beroperasi lebih dari 5 tahun dididirikan oleh joint venture Company Jababeka dan Longlife Japan.  Latar belakang perusahaan besar ini memiliki keahlian dan pengalaman serta dukungan finansial bagi Jababeka Senior Living dalam mengelola Jababeka Senior Living saat ini, dalam pengembangan kapasitas dilokasi saat ini maupun lokasi dikota lainnya.   

20. Non-profit or for-profit?. Jababeka Senior Living merupakan usaha yang berorientasi for-profit dalam pengertian profit yang diperuntukkan keberlangsungan dan peningkatan pelayananan di Senior Living. Penggunaan profit (surplus) lainnya akan  diorientasikan pada pengembangan kapasitas hunian.   

21. Resident feedback. Salah satu cara terbaik untuk menentukan apakah komunitas lansia telah memenuhi misinya adalah berbicara langsung dengan penghuninya sendiri. Jababeka Senior Living menawarkan calon penghuni potensial untuk bertemu dengan penghuni (Member) mengenai kesukaan mereka maupun ketidaksukaan mereka dan faktor-faktor lain yang dirasakan dan dialami sebagai Member. 

  
22. Family and friend referrals. Anggota keluarga dan teman yang berpikiran sama dapat menawarkan umpan balik yang berharga ke dalam proses pemilihan Senior Living. Jababeka Senior Living mempersyaratkan adanya rekomendator atau penaggung jawab bagi calon Member. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong pengambilan keputusan calon Member untuk bergabung di Jababeka Senior Livng benar-benar dengan pertimbangan yang matang termasuk pertimbangan keluarga atau teman. Penanggung jawab juga menjadi counterpart manajemen Jababeka Senior Living dalam mengmbangkan program aktivitas yang lebih baik bagi Senior penghuni, termasuk diskusi mengenai skim pembayaran biaya-biaya opsional yang diperlukan Senior penghuni.  

23. Staff input. Berbicara dengan staf adalah cara lain untuk mendapatkan perspektif yang berbeda tentang  Senior Living. Staff Jababeka Senior Living dipersilahkan untuk berbagi informasi kepada calon maupun Senior penghuni. Anggota staf  yang bergabung di Jababeka Senior Living mencintai apa yang mereka lakukan dan senang ditempat kerja mereka sehingga cenderung positif dalam tanggung jawab mereka sehari-hari.    

24. Can you see yourself living there?. Empati adalah salah satu karakteristik paling penting caregiver (pendamping lansia). Selain kesabaran, semangat dan emapati kepada lansia, Caregiver di Senior Living memiliki latar belakang pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang cukup sehingga kompeten sebagai Caregiver dalam melayani Senior penghuni. Sehingga pertanyaan terakhir adalah apakah tinggal di Jababeka Senior Living akan menyenangkan bagi anggota keluarga juga ?

Bila jawabnya ya, maka Senior penghuni akan kami sambut dengan suka cita Senior calon penghuni untuk bergabung dengan Jababeka Senior Living. Info lebih lanjut  wa/telp : Trisno  +62 819-0110-4414   

JABABEKA SENIOR LIVING  
The Most Luxurious Retirement Home in Indonesia 
The Only Senior Living Place With 18 Hole Golf Course
www.seniorlivingdkhayangan.com          

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Cara Mudah Mulai Investasi Saham 27 Mar 2020 16:14 WIB


 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia