KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
RohaniMengingat dan Menyebut Nama Allah oleh : Syaiful Karim
16-Jan-2019, 16:05 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sejak kecil saya mengalami konflik kognitif yang sangat luar biasa dalam menjalankan kehidupan beragama. Hal ini disebabkan banyaknya istilah-istilah yang banyak dipakai dalam kehidupan beragama sehari-hari yang sangat berbeda dengan dengan penalaran yang jujur. 

Padahal sejak kecil
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Kitab Hidup 16 Jan 2019 09:44 WIB

Nyanyian Malam Sang Perawan 15 Jan 2019 11:37 WIB


 
BERITA LAINNYA
 
 

 

Tarutung Kota Wisata Yang Dibelah Sungai

 
PARIWISATA

Tarutung Kota Wisata Yang Dibelah Sungai
Oleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak | 09-Jan-2018, 07:49:13 WIB

KabarIndonesia - Taput, Tarutung ibukota Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, bagi banyak orang adalah sebuah kota kecil yang menyimpan banyak kenangan terutama dikaitkan dengan keberadaan Aek (sungai) Sigeaon yang membelah dua kota itu. Sungai Sigeaon itu dianggap sebuah sungai legendaris yang diperkirakan sudah mengalir jauh melebihi usia kota itu sendiri. Kehadiran sungai menjadi suatu nilai plus tersendiri dan membuat kota yang terletak di sebuah lembah Silindung itu menjadi sebuah kota yang menarik. 

Kota yang dikelilingi pegunungan memanjang, belakangan tambah populer sejak dibangunnya (semasa Bupati Lundu Panjaitan) monumen salib kasih di pegunungan Siatas Barita tahun 1993. Bupati Tapanuli Utara RE Nainggolan kemudian mendeklarasikan Tarutung sebagai kota wisata rohani. Lebih ratusan ribu orang pengunjung dari berbagai pelosok Nusantara pernah singgah di lokasi salib kasih. Sebuah tempat yang diyakini tempat awal misionaris Dr IL Nommensen datang ke daerah ini. 

Sungai Sigeaon, bagi banyak orang selalu dikenang sebagai tempat berkesan pada masa muda. Seperti dicetuskan Drs Maulim Sitanggang warga Surabaya yang mudik pada perayaan Natal tahun ini. "Dulu masa muda saya sering menangkap ikan di sungai ini sambil mandi di bawah jembatan," katanya bernostalgia saat bertemu dengan reporter KabarIndonesia di warung santai pinggir sungai. Dia juga bercerita mengenang masa pacaran dengan isterinya boru Hutabarat yang berasal dari kota Tarutung. Maulim Sitanggang sangat menyayangkan jika warga kota tidak ikut terlibat menjaga kelestarian Sungai Sigeaon. Karena keberadaan sungai itu merupakan berkat bagi penghuni kota yang jarang dimiliki daerah lain. 

Pada masa liburan panjang, banyak warga yang pulang dari rantau menyempatkan waktunya duduk atau berjalan sepanjang tanggul menikmati panorama senja dan malam hari seraya menguntai memori masa lampau.(*)

Teks foto: Sungai Sigeaon yang membelah dua kota Tarutung menjadi suatu nilai plus keindahan kota


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Muallaf Zaman "Now"! 07 Jan 2019 18:38 WIB

 
 
 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB

 

 

 
Adakah Sorga Dan Neraka 17 Jan 2019 17:30 WIB

Fisika Ruh 15 Jan 2019 16:20 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia