KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahUsulan Pembentukan Wartawan Unit DPRD Tidak Dijawab Pemkab Serdang Bedagai oleh : Agus Suriadi
21-Nov-2017, 20:36 WIB


 
 
Kabar Indonesia - Serdang Bedagai, Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sergai terkait pembahasan R-APBD Sergai TA 2018, Kamis (16/11)  di gedung DPRD Sergai, Dusun II Desa Firdaus, Sei Rampah.Sambil menyampaikan pandangan umum Fraksi, tiga fraksi antara lain
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

Kontemplasi (تفكر) 23 Nov 2017 09:41 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Tugu Jogja Menjadi Saksi Sejarah dari Tempo Dulu Hingga Masa Milenium.

 
PARIWISATA

Tugu Jogja Menjadi Saksi Sejarah dari Tempo Dulu Hingga Masa Milenium.
Oleh : Susana Paula Klau | 17-Okt-2017, 01:33:10 WIB

KabarIndonesia - Kerlap kerlip lampu malam menghiasi setiap sudut jalanan di kota gudeg Yogyakarta. Hingga tak terasa, ada satu titik pusat yang menyatukan itu semua, TUGU Jogja.  Orang mengenalnya sebagai landmark kota Yogyakarta. Tugu yang bediri kokoh dipersimpangan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro katanya punya makna tersendiri di hati masyarakat Jogja dan para perantau.
Saat malam tiba, jalanan di sekitar Tugu Jogja menjadi kian ramai. Pedagang wedang ronde dan bajigur mulai memadati salah satu sudut di Tugu Jogja. Toko-toko menyalakan lampu hingga suasana malam kian ramai. Para mahasiswa pun mulai memenuhi bangku-bangku yang di Jalan Mangkubumi yang menghadap langsung Tugu Jogja. Duduk diantara ramainya hiruk-pikuk jalanan kota yang juga kerap disebut sebagai kota pelajar ini. 
Mereka hanya duduk, lalu  berfoto ria, lalu duduk kembali. Ya, hanya itu yang mereka lakukan. Namun, ketika ditanya mengapa mereka melakukan hal itu? Apa guna dan manfaatnya? Mereka memiliki jawaban yang sungguh membuat hati tersentuh. “Karena berada di sini adalah lambang bahwa kami memang benar-benar berada di Yogyakarta. Karena Tugu Jogja adalah saksi bagaimana masyarakat Jogja bersatu padu melawan penjajah kala itu.” jawab David, salah satu mahasiswa perantauan asal Maluku.  
Iya, Tugu Jogja memang memiliki sejarah yang panjang. Tugu Jogja ini didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755. Tugu ini awalnya dikenal sebagai Tugu Malioboro atau Tugu Golog Giling yang merupakan penanda Manunggaling Kawula Gusti. Hal ini karena berdirinya Tugu Jogja ini merupakan representasi semangat persatuan antara masyarakat Yogyakarta dan pemerintanya dalam melawan penjajah. 
Tugu ini konon juga merupakan garis magis yang menghubungkan Laut Selatan, Keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi. Akan tetapi, kekokohan Tugu Jogja ini ternyata masih bisa dikalahkan oleh gempa yang mengguncang Yogyakarta pada tahun 1867. Meskipun begitu, bangunan ini kembali didirikan pada 1889 oleh Belanda sebagai tanda bahwa Belanda ingin menguasai wilayah Yogyakarta. Akan tetapi taktik tersebut gagal dan Tugu Jogja masih kokoh hingga saat ini. 
Terlepas dari itu semua, Tugu Jogja tetap saja punya tempat tersendiri di hati para mahasiswa perantau. Mereka yang susah payah meniti kehidupan baru hingga berproses mengejar mimpi, akan selalu terkenang akan keindahan dan filosofi serta sejarah Tugu Jogja. Landmark kota Yogyakarta, saksi bisu perjuangan mereka.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia