KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PARIWISATA

Wakil Gubernur Sumut Membuka Resmi FDT 2017
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 08-Des-2017, 14:50:45 WIB

KabarIndonesia - Festival Danau Toba 2017 yang telah dimulai Rabu (6/12), akhirnya dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara Hj Nuhajizah Marpaung walaupun tanpa kehadiran Menteri Pariwisata dan Gubsu di Taman Objek Wisata Sipinsur, Humbang Hasundutan, Kamis (7/12). Semula pembukaan FDT 2017 dijadwalkan pada pukul 15.00 WIB, namun bergeser menjadi pukul 16.00 WIB setelah Wakil Gubernur Sumut, Nurhajizah Marpaung dan para Kepala Daerah kawasan Danau Toba memasuki panggung.

Dilaporkan, acara pembukaan diawali dengan Parade Tandok (Ibu-ibu menggunakan pakaian adat dan membawa 'tandok'/sumpit/kantongan anyaman pandan yang berisi beras-'boras si pir ni tondi'). Warga yang membawa 'tandok' sambil manortor (menari) memasuki arena pelaksanaan Festival diiringi tabuhan musik tradisional 'gondang sabangunan'. Selanjutnya, sejumlah penari (panortor) turut membawakan tortor persembahan dihadapan para pejabat kabupaten (Forkompimda) dan Muspida yang hadir. Turut berparade kontingen dari beberapa kabupaten, mereka datang menampilkan ciri khas kebudayaan lokal masing- masing.

Menurut salah seorang dari seksi acara BP Siahaan, kurang lebih 1.200 warga yang merupakan perwakilan dari 10 kecamatan yang ada di Humbahas ikut memeriahkan pembukaan Festival Danau Toba 2017 ini. “Sebanyak 1.200 orang membawa tandok yang isinya beras si pir ni tondi. Ini sebagai tanda masyarakat ikut berpartisiasi menyukseskan upacara ini dan menyerahkan beras 'sipir ni tondi' ini kepada rombongan Wagub,” sebutnya.

Dalam sambutannya, Hj Nuhajizah Marpaung mengharapkan agar para pengusaha lokal maupun dari luar Sumatera Utara dapat berinvestasi di kawasan sekitar Danau Toba dengan membangun tempat-tempat penginapan dan tempat perbelanjaan sehingga para wisatawan menjadi betah. Selain itu, Wagubsu juga mewanti wanti agar jangan sampai perkembangan pariwisata di daerah sekitar Danau Toba membawa dampak negatif terhadap warga sekitar misalnya masuknya peredaran narkoba yang dapat merusak perkembangan generasi muda.

Sebelumnya Kementerian Pariwisata RI diwakili Direktur Badan Otorita Pengelolaan Danau Toba, Ari Prasetyo, mengatakan bahwa Pemerintah Pusat sangat memberikan perhatian terhadap Sumut, khususnya kawasan Danau Toba. Oleh karena itu dia berharap, masyarakat setempat dapat mendukung pemerintah dengan meningkatkan keramahtamahan dan menjaga lingkungan danau Toba. "Diharapkan, pembangunan penginapan dan perbelanjaan dipercepat," kata Ari.

Hal senada disampaikan Wakil Gubernur Sumut, Nuhajizah Marpaung, bahwa Danau Toba telah ditetapkan pemerintah pusat sebagai satu dari tiga destinasi pariwisata prioritas Indonesia. Bersama dengan Borobudur dan KEK Mandalika, Danau Toba telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Nasional.

"Oleh karena itu, kami mengharapkan para pengusaha, baik di Sumut dan diluar Sumut, dapat membangun tempat-tempat penginapan dan tempat perbelanjaan sehingga para wisatawan menjadi betah di Sumut, khususnya di kawasan Danau Toba," jelas Nurhajizah.

Pantauan media di lokasi acara Sipinsur, untuk antisipasi peran serta pedagang, panitia menyediakan 50 stand kuliner dan 40 stand untuk pelaku UKM dan penggiat pariwisata untuk dimanfaatkan selama perhelatan FDT 2017. Berbagai perlombaan dan hiburan rakyat pun telah dijadwalkan. Diinformasikan bahwa acara yang digelar selama empat hari ini menggunakan anggaran dari APBN, APBD, dan sponsor yang turut berpartisipasi.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia