KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Olah RagaIndonesia Lolos ke Babak 16 Besar Sepak Bola Asian Games 2014 oleh : Badiyo
19-Sep-2014, 10:31 WIB


 
  KabarIndonesia - Indonesia berhasil maju ke babak 16 besar pada cabang sepak bola Asian Games 2014, Incheon - Korea Selatan.  Tiket ke babak 16 besar tersebut diraih Dedi Kusnandar dan kawan-kawan setelah mengalahkan Maladewa 4-0 pada laga kedua penyisihan grup
selengkapnya....


 


 
BERITA CERPEN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
Membutuhkan Wartawan/Wartawati 06 Sep 2012 16:29 WIB


 

 
Mengaduk Rasa 15 Sep 2014 10:45 WIB

Pergi 12 Sep 2014 12:44 WIB

 
Sumut Gelar Festival Budaya 03 Sep 2014 12:58 WIB



 
BERITA LAINNYA
 
Gita Gutawa, Diva Muda Indonesia 06 Sep 2014 09:34 WIB

Raffi Achmad Tagih Janji Jokowi 31 Aug 2014 04:13 WIB

 

 
 
EKONOMI

Mobil mobil termurah di dunia akan bermunculan dari India
Oleh : Eko Murwanto | 18-Feb-2007, 05:14:35 WIB

Keinginan dari kebanyakan warga yang saat ini masih bepergian dengan kendaraan roda dua (sepeda motor) untuk pindah ke kendaraan roda empat alias mobil pribadi, tidak lama lagi merupakan "impian yang jadi kenyataan".   Paling tidak cerita ini sedang dinikmati oleh warga di negara India saat ini.

Adalah Tata Motors Ltd. yang akan mewujudkan impian tersebut. Tata Motors yang dulunya bernama TELCO (Tata Engineering and Locomotive Company) merupakan perusahaan produsen mobil dan kendaraan komersial terbesar di India, sekaligus menempati urutan ke-5 dalam daftar produsen kendaraan komersial di dunia.Tata Motors merupakan anak perusahaan Tata and Sons Group, yang didirikan oleh Jamsetji Tata, dan saat ini dipimpin oleh Ratan Tata.

Impian sejak lama Ratan Tata, boss Tata Groups ini adalah memproduksi mobil dengan harga Rs. 1 lakh (sekitar US$ 2200).  Lakh adalah salah satu istilah dalam sistem penamaan bilangan yang dipakai di India dan negara-negara di Asia Selatan lainnya.  1 Lakh setara seratus ribu (10 pangkat 5). 1 lakh rupee sama dengan seratus ribu rupee.  1 rupee India sendiri hampir sama dengan 200 rupiah. Berarti harga mobil baru produksi Tata Motors ini kurang dari 20 juta rupiah, suatu harga yang menggiurkan bagi siapa saja yang telah lama bermimpi untuk punya mobil pribadi baru.

Yang pasti mobil ini akan menjadi mobil termurah di dunia. Sekarang ini dengan memiliki uang 20 juta rupiah ditangan, rasanya masih sulit bagi kita untuk mendapatkan mobil bekas dalam kondisi baik, namun Tata menjanjikan mobil yang benar-benar gres dengan harga sebesar itu. Ketika Boss Tata Groups ini berbicara di depan para pemegang sahamnya, dia mengatakan bahwa mobil baru ini akan menciptakan revolusi bagi rakyat India. Tidak diragukan lagi memang dia benar tentang itu.  Ini akan menjadi sebuah revolusi besar tidak hanya bagi rakyat India namun juga bagi seluruh dunia.  Mobil dengan harga Rs. 1 lakh tersebut bagaikan mesin impian bagi jutaan orang yang saat ini tidak mampu membeli mobil karena harganya yang sangat tinggi.

Terus melangkah meskipun banyak suara sinis dan meragukan dari para pesaingnya, termasuk dari Suzuki Motor Corporation yang berpikiran tidak mungkin untuk memproduksi mobil dengan harga jual seperti itu, namun Tata sangat percaya diri bahwa disaat peluncurannya nantilah yang akan menjawab semua keraguan itu. Ratan Tata menyatakan peluncuran mobil ini akan merupakan paradigma baru dalam transportasi pribadi dengan biaya murah, menciptakan segmen pasar baru dan menjangkau masyarakat lapisan bawah yang lebih luas.
Tata Motors merencanakan akan meluncurkan mobil Rs. 1 lakh yang bertipe "compact car" ini pada tahun 2008. Tahap pendesaianan telah diselesaikan dan prototipe mobil tersebut saat ini dalam proses pengujicobaan, kata Ratan Tata untuk menepis banyak kecurigaan bahwa proyek ini terlalu ambisius untuk diwujudkan. Mobil berpintu empat dengan kapasitas 5 orang dan rear engine berkemampuan maksimum 30 hp ini akan membawa kita ke masa-masa mobil Beetle dulu. Mobil ini bukanlah skuter, three-wheeler, atau auto-rickshaw yang diubah jadi bentuk mobil. Jenis yang pertama diluncurkan adalah versi petrol, dan kemudian akan disusul dengan versi diesel. Ini akan menjadi mobil termurah dan yang jelas tidak memiliki high speed seperti pada mobil yang lebih besar, tapi memiliki teknologi CVT (Continuosly Variable Transmission) yang berarti tidak memerlukan perubahan perseneling.

Kendaraan ini juga nantinya akan diekspor ke negara-negara sedang berkembang lainnya termasuk Indonesia, tergantung dari kesuksesan pemasarannya di India sendiri. Sebagai bagian dari rencana Tata untuk membuat mobil-mobil berharga murah, perusahaan ini juga terus menjajaki kemungkinan untuk memproduksi mobil dari bahan plastik rekayasa yang disiapkan oleh General Electric (GE).  Sementara mobil Rs. 1 lakh ini masih dibuat dari bahan baja.

Harga mobil ini memang masih dibawah dari separoh harga mobil termurah yang ada di jalanan India saat ini, sehingga masih terjangkau oleh rakyat kebanyakan. Tentu banyak keluarga yang masih bepergian sambil merasakan panasnya sinar matahari dan menghirup debu jalanan dengan sepeda motor akan mendapat alternatif untuk menggantinya dengan mobil ini. Mobil - mobil murah ini akan segera bermunculan dari India dan memenuhi jalan - jalan raya di India dan negara-negara berkembang lainnya termasuk Indonesia, pertanyaan yang muncul kemudian, akan cukupkah jalan-jalan raya tersebut untuk menampung banyak mobil seperti ini?

Eko Murwanto, Roorkee - India.

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Jangan Salah Menuntun Anak di Jalanoleh : Jumari Haryadi
16-Sep-2014, 14:43 WIB


 
  Jangan Salah Menuntun Anak di Jalan Siapa orang yang tak sayang dengan anaknya? Namun ternyata masih ada saja orang yang tak paham cara menjaga anaknya, misalnya ketika sedang membawanya jalan-jalan. Seperti terlihat dalam foto yang di ambil di Jalan Rajawali, Kota Bandung (14/09/2014). Seorang ibu menuntun anaknya
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 
Kumpulan Petapa dari Kanekes 19 Sep 2014 08:36 WIB


 

 
Desa di Sumut Butuh Dokter 15 Sep 2014 10:43 WIB

 

 
"Remote Sensing" untuk Masyarakat 13 Sep 2014 08:36 WIB


 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia