KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
RohaniDualitas Ghaib-Nyata (2): Menemukan Resonansi Ilahi oleh : Tonny Djayalaksana
10-Des-2018, 15:05 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pada tulisan "Dualitas Ghaib-Nyata Bagian 1" telah dipaparkan tentang adanya fenomena manusia yang bisa berbicara dengan flora dan fauna. Temuan kenyataan tersebut serupa dengan yang diceritakan dalam Al Quran tentang Nabi Daud dan Nabi Sulaiman yang diberi keutamaan
selengkapnya....


 


 
BERITA CERPEN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
CERPEN

CERPEN: Seulanga, Kau di Mana?
Oleh : Zulfikar Akbar | 05-Nov-2007, 20:00:59 WIB

"Bungong seulanga, seulanga.... keumang coet uroeharoem bee bungoeng hai adoe, leupah that meusradi dalam cinta seulanga malam ngoen uroe...."

KabarIndonesia - Nyanyianku tidaklah sederas hembusan angin sore tadi, Seulanga. Apakah alunannya sampai di mana sekarang kau sedang nikmati senja yang pelan merangkak pulang? Tidak terbetik yakin kau akan mendengarnya.

Aku tidak bisa mengetuk pintu rumahmu meski hanya untuk seuntai salam dan lantas aku pulang. Terus saja ku alunkan nyanyian ini hingga lidahku tak lagi basah. Bibirku mengering, halaman rumahku ikut kerontang, oleh resah yang menyulut heran di kerut-kerut kening tua Bapakku.

"Hudeep teueh saree seulangamatee teueh sigoe, di dalam cinta seulangamalam ngoen uroe oh sayangdua geutanyoe hai adoe dalam sijahtra"

Telah putus senar gitarku hanya untuk nyanyikan bait-bait cinta yang terjelma menjadi potret, memajang entah oleh siapa, pada lorong-lorong panjang waktuku. Ketika itu, ombak kejam belum datang menculikmu dari lamunan penuh harapku. Di bawah naungan bak jaloeh pernah ku nikmati canda renyahmu. Kau tertawakan kuk  yang mencandai kerbau yang lelah di tepi pematang sawah gampoeng kita. Aku masih belum bisa untuk katakan: aku mencintaimu, Seulanga.

Saat ujung matamu mengarah ke bawah alisku, ada debar yang tak bisa ku jadikan puisi. Kembali ku hanya alunkan nyanyian serak dari lidahku yang hampir kelu. Untuk tutupi getaran rasa yang ketika itu belum ku pahami pasti.

Bila saja aku bisa, akan ku jadikan huruf-huruf namamu menjadi puisi terindah. Sekarang, aku hanya tatapi lamat bak jaloeh yang tersusupi oleh bayangmu, Seulanga. Aku masih resahkan, di balik bumi mana jasadmu terkubur. Di pinggir Pantai Ujoeng Kareung aku tanyakan ombak yang bergantian menyapa pasir,"kemanakah Seulangaku, ke samudera manakah kalian larikan dia ketika itu wahai ombak?" Ombak hanya ciptakan senandung bisu dan lalu menjadi buih lagi.

Kembali aku berdiri di bawah naungan bak jaloeh yang sama seperti ketika senyummu belum kau bawa pergi, Seulanga. Belum jenuh ku tatapi cengkrama kuk dan kerbau-kerbau yang masih betah bermain di pesawahan ini

Kosakata:

keumang coet uroe:
mekar saat siang datang
haroem bee bungoeng hai adoe: alangkah wanginya sang bunga
hudeep teueh saree: kita hidup bersama
matee teueh sigoe: matipun bersama
malam ngoen uroe: siang dan malam
Kuk: sejenis bangau
Bak jaloeh: kedondong pagar.


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia