KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahUsulan Pembentukan Wartawan Unit DPRD Tidak Dijawab Pemkab Serdang Bedagai oleh : Agus Suriadi
21-Nov-2017, 20:36 WIB


 
 
Kabar Indonesia - Serdang Bedagai, Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sergai terkait pembahasan R-APBD Sergai TA 2018, Kamis (16/11)  di gedung DPRD Sergai, Dusun II Desa Firdaus, Sei Rampah.Sambil menyampaikan pandangan umum Fraksi, tiga fraksi antara lain
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Kontemplasi (تفكر) 23 Nov 2017 09:41 WIB

Sang Perisai Kehidupan 23 Nov 2017 09:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Berguna bagi Kristiani yang Pancasilais Bukan yang Ala Barat

 
ROHANI

Berguna bagi Kristiani yang Pancasilais Bukan yang Ala Barat
Oleh : Argopandoyo Tri Hanggono | 09-Jul-2017, 23:31:38 WIB

KabarIndonesia - "Saya kira ini spirit yang luar biasa," ungkap Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, menanggapi berdirinya gedung serba guna Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat Jemaat Immanuel (GPIB Jemaat Immanuel) Semarang, Jawa Tengah. 

Mendasari ucapan Ketua Majelis Jemaat GPIB Jemaat Immanuel Semarang, Pendeta Helen Lahulima-Hukom, Gubernur Ganjar berharap bahwa gedung bukan hanya diperuntukan bagi kebutuhan jemaat gereja, tetapi lebih luas lagi memiliki manfaat besar bagi masyarakat kota tua Semarang.

"Tidak hanya untuk kebutuhan jemaat GPIB saja, tetapi juga bagi kepentingan bersama dengan masyarakat," demikian Gubernur Ganjar di sela-sela acara peresmian gedung serbaguna GPIB Jemaat Immanuel Semarang, pada hari Minggu tanggal 2 Juli 2017 yang lalu.

Pendeta Helen mengungkapkan bahwa gedung serbaguna GPIB Jemaat Immanuel Semarang telah lama diinginkan jemaat setempat.  "Sejak puluhan tahun lamanya gedung serbaguna ini sedianya akan menjadi tempat berbagai kegiatan gerejawi atau pun kegiatan lainnya." sebut Pdt.Helen.

"Bila selama ini penyelenggaraan kegiatan menggunakan ruangan dalam gedung dan pastori gereja, kini jemaat bisa menyelenggarakan kegiatannya di dalam KMJ GPIB Jemaat Immanuel Semarang. Kerinduan jemaat selama berpuluh tahun kini sudah terjawab," ungkapnya.

Pdt.Helen juga mengisahkan, pada tahapan menuju hari peresmian itu jemaat dengan setia menjalankan pergumulannya kurang lebih selama lima tahun, sejak peletakan batu pertama. "Semua karena karya Tuhan yang indah," tuturnya dengan wajah ceria.

Ditambahkannya, sebagai bagian dari situs yang dilindungi, GPIB Jemaat Immanuel Semarang, untuk mendirikan bangunan tambahan sangat membutuhkan proses perijinan yang panjang sampai kemudian mendapat persetujuan pemerintah Kota Semarang. Sedangkan untuk pembangunan gedung serbaguna GPIB panitia harus mengumpulkan uang sebanyak 2 miliar rupiah.

Yang tidak kalah penting bagi jemat dan patut disyukuri, bahwa  berdirinya gedung serbaguna GPIB Jemaat Immanuel Semarang itu bukan hanya swadaya jemaat dan dana hibah pemerintah pada tahun 2016 saja. tetapi juga kontribusi dari masyarakat setempat.
Kontribusi ini mengingat GPIB Jemaat Immanuel Semarang terletak di kawasan kota lama Semarang.

Ketua Umum Majelis Sinode GPIB Pdt. Drs. Paulus Kariso Rumambi, M.Si. mengingatkan bahwa gedung yang disebut Gedung Serba Guna harus benar-benar berguna bagi masyarakat sekitar. "Gedung ini juga harus berguna bagi pembangunan iman Kristiani, Kristiani yang Pancasilais, bukan Kristiani yang ala Barat," sebut Paulus.

"Dengan demikian, Kekristenan benar-benar semakin membumi di Negara Kesatuan Republik Indonesia dan GPIB bisa lebih banyak berkontribusi bagi masyarakat." tegas Ketua Umum Majelis Sinode. "Dan lebih dibutuhkan oleh masyarakat dan bangsa ini. Bila gereja benar-benar dengan tulus, maka masyarakat Indonesia benar-benar bisa merasakan kehadiran gereja secara positif, karena iman kekristenan yang Pancasialis itu," lanjutnya menjelaskan.

Dengan demikian gedung serbaguna GPIB Jemaat Immanuel Semarang adalah bangunan yang diharapkan menjadi bangunan multifungsi, baik itu sebagai perkantoran, ruang-ruang peribadatan, pusat pembinaan, penggalangan dana. "Harus bisa digunakan masyarakat untuk kegiatan lainnya," kata Pdt. Helen.

Menyambut penjelasan peruntukan yang baik dari keberadaan gedung tersebut, Gubernur Ganjar pun mengatakan bahwa yang saat ini harus dilakukan pihak gereja adalah mempersiapkan program-program yang dapat membuat gedung serbaguna GPIB Jemaat Immanuel Semarang lebih bermanfaat, dengan harapan adanya muatan pesan-pesan damai, pesan-pesan cinta, pesan-pesan ke-Indonesiaan. "Dengan begitu, gedung akan sangat berarti bagi masyarakat," ungkap Gubernur Ganjar mengharapkan.

Harapan yang diutarakan Gubernur Ganjar memang bukan hal yang berlebihan atau sebuah pemaksaan. Karena memang demikianlah adanya, gereja harus melakukan fungsi-fungsi yang bermanfaat bagi masyarakat lokasi gereja itu berada.

Pdt. Paulus juga mengingatkan bahwa sebuah gereja memang harus menjadi kepunyaan dari umat manusia. "Apapun latar belakang agama, budaya, sosial, dan sebagainya. dan kesadaran sebuah gereja yang hadir bagi semua umat manusia itu, termasuk dalam fungsi mengakomodir segala lapisan elemen masyarakat, agar gereja juga benar-benar bisa menghadirkan 'shalom', "damai sejahtera Allah itu," pesan Pdt. Paulus kepada gereja-gereja di bumi Indonesia, khususnya GPIB.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Menjadi Guru Yang Baik 15 Nov 2017 07:00 WIB

 
Memahami Inflasi Lebih Dalam 21 Nov 2017 03:39 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia