KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
ROHANI

HKBP bersama Pemkab Samosir Laksanakan Acara Penguburan Jemaat Korban Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 03-Jul-2018, 16:49:13 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Pasca dihentikannya pencarian korban jiwa karamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang didukung Pemerintah kabupaten Samosir, pada Selasa (3/7) melakukan ibadah acara penguburan warga jemaat HKBP yang menjadi korban dan acara penghiburan keluarga korban, bertempat di dermaga ferry pelabuhan Simanindo, kabupaten Samosir.

Acara diawali dengan kebaktian singkat dipimpin oleh Pareses Distrik VII Samosir Pdt. Mangido Tua Pandiangan, MTh, dihadiri para Pendeta HKBP, aparat pemkab Samosir dan keluarga korban KM. Sinar Bangun yang warga jemaat HKBP yang berdomisili di kabupaten Samosir dan diluar Kabupaten Samosir.

Kepala Departemen Koinonia HKBP Pdt. Dr. Martongo Sitinjak dalam renungan singkatnya menyampaikan agar keluarga korban tetap tabah atas ujian ini, mari kita berdoa agar para korban diberikan tempat di sisi Tuhan.
"Tuhan tetap mengasihi kita, mengasihi dunia, tidak ada kekuatan yang dapat memutus atau menghambat kasih Tuhan termasuk pada mereka yang menjadi korban tenggelam, debu dan tulang-tulang mereka juga dijaga dan akan dibangkitkan Tuhan Allah ke dalam hidup yang kekal" jelas Pdt Martongo.

Pada kesempatan itu HKBP (Distrik VII Samosir) memberikan sumbangan (sipir ni tondi) kepada para keluarga korban KM. Sinar Bangun yang warga HKBP, diawali kata penghiburan oleh Kadep Marturia Pdt Anna Vera Pangaribuan.

Setelah acara kebaktian para Pendeta yang berjumlah 25 orang bersama para keluarga korban didampingi Pemkab Samosir bersama warga masyarakat, menuju kapal Ferry KMP Tao Toba II, selanjutnya bergerak menuju titik koordinat lokasi bangkai kapal yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Tim Basarnas sekitar 1 mil dari Tigaras.

Di atas ferry para Pendeta diatur untuk mendampingi masing-masing keluarga korban melakukan acara penguburan secara liturgis HKBP dengan menyebut nama-nama korban dengan "mandabu tano" serta tabur bunga oleh para keluarga korban seraya mengucapkan doa kepada Tuhan.

Diakhiri acara, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga menyampaikan ucapan turut berduka cita kepada para keluarga korban, mewakili Pemerintah kabupaten Samosir, Forkompimda dan segenap aparat.

"Kita sudah berusaha semaksimal mungkin tetapi inilah kehendak Tuhan, mari kita berdoa agar para korban diterima disisiNya. Kita belajar dari kejadian ini untuk mengevaluasi sistem angkutan danau kita. Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Kita akan membenahi fasilitas, akan kita berikan kenyamanan dan keamanan kepada para masyarakat dan pengunjung." sebut Juang singkat.

Saat kapal ferry KMP Sumut II bersandar di dermaga Tigaras untuk menurunkan jemaat keluarga korban yang mengikuti ibadah di Simanindo, terlihat di atas ferry Pendeta HKBP dan perwakilan jemaat menyampaikan sumbangan kepada keluarga marga Nainggolan jemaat HKBP Duren Sawit Jakarta.

Usai menurunkan penumpang dan peralatan Basarnas, KMP Sumut II bergerak kembali ke Simanindo untuk menutup resmi acara ibadah. Di dermaga Simanindo, pemkab Samosir menyediakan acara makan bersama seluruh peserta dan petugas serta masyarakat yang hadir.

Dapat diinformasikan, acara kebaktian, penguburan korban dan penghiburan keluarga korban ini selain dihadiri Kadep Koinonia HKBP Pdt. DR. Martonggo Sitinjak dan Staf, Kadep Marturia Pdt. DR. Anna Vera Pangaribuan, Pendeta HKBP di Distrik VII Samosir: HKBP Buhit, HKBP Onan Baru, HKBP Ronggur nihuta, HKBP Pangururan, HKBP Simanindo, HKBP Ambarita dan Sekretaris Distrik. Juga hadir Pendeta HKBP Lubuk Dalam Riau, HKBP Bah Birong Hulu, HKBP Panei Tongah, HKBP Batu IV, HKBP Salbe, Pendeta HKBP Resort Duren Sawit dan Pendeta Gereja Advent.

Mewakili Pemkab Samosir hadir Wabup Ir. Juang Sinaga, Ketua DPRD Rismawati Simarmata, Wakil Ketua DPRD Jonner Simbolon, Sekdakab Drs. Jabiat Sagala, M.Hum, Asisten I Mangihut Sinaga, juga para awak media online dan elektronik, juga pewarta kabarindonesia D.M.Butarbutar yang berdomisili di Samosir.

Acara dihadiri para ahli waris dan keluarga atas nama korban warga HKBP yakni, Jaudur Simarmata, Ami Elisabeth Simarmata, Tiar Mindawati Silaban, Gresia Simarmata (keempatnya merupakan Jemaat HKBP Sihusapi), Jaya Sidauruk (Jemaat HKBP Simanindo), Tamari Oktavia Napitupulu (Jemaat HKBP Lubuk Dalam Riau), Joel Manurung (Jemaat HKBP Bah Birong Hulu), Roy Pancer Sirait (Jemaat HKBP Panei Tonga), Martua Hasiholan Sidabutar (Jemaat HKBP Batu IV), Atur Dumaria Sinaga dan Selmalina Sinaga (Jemaat HKBP Salbe), Ledixon Nainggolan, Lilis br. Lubis, Bungaran Nainggolan, Astrid Nainggolan dan Nicolas Naingholan (kelimanya Jemaat HKBP Duren Sawit), Arifin Lubis (Jemaat HKBP Betesda, Ress Sarimatondang) dan satu orang lainnya Sahala Marbun (jemaat Advent).

Diperolah kabar, bahwa sejak peristiwa KM Sinar Bangun tenggelam, pihak HKBP terus memberikan dukungan doa. Praeses HKBP Distrik VII Samosir Pdt Mangido Tua Pandiangan bersama para tokoh lintas agama, pemkab, kemenag, telah menggelar acara doa (partangiangan) untuk memohon petunjuk dan kekuatan bagi segenap yang terlibat dalam usaha pencarian korban. Ibadah dan doa bersama ini dilaksanakan pagi hari di Simanindo dan Tigaras pada sore hari ketiga, Rabu (20/6). Kehendak Tuhanlah yang jadi.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia