KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalWUPID INDONESIA 2017: Pemilihan Dua Tim Debat Bahasa Inggris untuk Mewakili Indonesia di WUPID Global oleh : Redaksi-kabarindonesia
18-Okt-2017, 01:37 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, 18 Oktober 2017 – Ruang kuliah 7-6 dan 7-7 Sampoerna University Jakarta seketika berubah hening dan suasana menegang sebab Muqriz Mustafa Kamal selaku Chair Adjudicator Final round akan mengumumkan
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sabar dan Syukur 12 Okt 2017 01:07 WIB

Di Padepokan Om Jin 12 Okt 2017 01:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
"Tangisan" Ridho Irama 12 Okt 2017 10:00 WIB


 

 

Korem 044/Gapo Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1439 H

 
ROHANI

Korem 044/Gapo Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1439 H
Oleh : Dedi Sugiri | 22-Sep-2017, 09:00:19 WIB

KabarIndonesia - Penrem 044/Gapo, Anggota Makorem 044/Garuda Dempo dan Satuan Balak Korem wilayah Palembang serta Persit Kartika Candra Kirana Koorcab Rem 044 mengikuti acara peringatan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharam 1439 H/2017 M, yang dilaksanakan di Masjid Al Ikhlas Makorem 044/Gapo Jln. Jenderal Sudirman KM 4,5 Palembang, Jumat (22/9/2017).
Dalam ceramahnya Ustadz H. Ahmad Fadholi. NS.menyampaikan dalam bahasa Arab, hijrah bisa diartikan sebagai pindah atau migrasi. Tafsiran hijrah disini diartikan sebagai awal perhitungan kalender Hijriyah, sehingga setiap tanggal 1 Muharam ditetapkan sebagi hari besar Islam.  

Memang, sejak hijrahnya Rasulullah ke Yatsrib, sebuah kota subur, terletak 400 kilometer dari Makkah, Islam lebih memfokuskan pada pembentukan masyarakat muslim yang tidak kampungan dibawah pimpinan Rasulullah, SAW. "Jadi inti dari peringatan tahun baru Hijriah adalah pada soal perubahan, maka ada baiknya momen pergantian tahun ini kita jadikan sebagai saat saat kita untuk merubah menjadi lebih baik," ujar Ustadz H. Ahmad Fadholi.  Itulah fungsi peringatan tahun baru Islam.

 

Ada tiga pesan yang disampaikan Ustadz H. Ahmad Fadholi NS. dalam menyambut tahun baru Hijriah ini, yaitu pertama kita senantiasa harus mengingat masa lalu, dengan mengingat masa lalu kita dapat menghindari diri dari kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak baik atau tidak bermanfaat, diharapkan kita tidak akan mengulangi lagi di tahun baru ini dan sehingga kita akan selalu melakukan hal-hal yang baik dan kualitas hidup kita akan lebih baik.

 

Kedua, kita selalu mengingat akan kematian, dengan mengingat kematian yang semua orang tidak tahu kapan dan dimana datangnya ajal, hanya Allah SWT yang tahu, maka kita akan selalu ingat kepada Sang Pencipta Allah SWT dan jauhilah tempat-tempat yang tidak baik, kita harus melakukan amalan-amalan kecil secara istiqamah, dimulai sejak tahun baru ini yang nilai pahalanya luar biasa dimata Allah SWT, "seperti membiasakan shalat dhuha dua raka'at, suka sedekah kepada fakir miskin, menyantuni anak-anak yatim," harapnya.

 

Ketiga, kita harus selalu menjaga hawa nafsu, karena hawa nafsu seseorang akan bisa terjatuh kedalam syirik karena ia memperbudak dirinya kepada hawa nafsu. Manusia oleh Allah SWT telah diberikan akal sehat dan agama Islam untuk mengendalikan hawa nafsu, untuk itu marilah kita gunakan akal sehat kita dan laksanakan ajaran agama untuk mengendalikan hawa nafsu kita.

 

Dari ketiga pesan tersebut, kita akan senantiasa berusaha melakukan perbuatan yang baik dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT,  agar tahun baru ini jauh lebih baik dari tahun kemarin dan membawa banyak manfaat bagi keluarga maupun masyarakat muslim lainnya. Menurutnya, dengan memasuki tahun baru ini kita berusaha untuk mengoreksi diri, apakah amalan-amalan yang pernah kita lakukan itu sudah termasuk baik atau tergolong amalan jelek.

 

Bila yang kita lakukan sudah mencerminkan kebaikan maka kita berusaha untuk meningkatkan amalan tersebut.  Namun sebaliknya bila tahun lalu amalan yang kita kerjakan jauh dari kebenaran yakni salah, maka kita berusaha dengan optimal untuk melangkah menuju kebenaran agar supaya perjalanan hidup kita ini semakin lama semakin baik sehingga menjadi insan yang baik mulai kehidupan dunia lebih-lebih di akhirat kelak. 

 

Hadir dalam acara peringatan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharam 1439 H, Danrem 044/Gapo, para Kasi/Pasi Korem 044/Gapo, Dan/Kabalakrem, Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS  jajaran Korem 044/Gapo serta Persit KCK Koorcab Rem 044 PD II Sriwijaya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Aldwin dan Ibrahim, Pemenang Ajang Debat - WUPID 2017oleh : Johanes Krisnomo
18-Okt-2017, 23:31 WIB


 
  Aldwin dan Ibrahim, Pemenang Ajang Debat - WUPID 2017 Aldwin Octavianus (kanan) dan Ibrahim Panji Indra (kiri) dari Universitas Indonesia, terpilih sebagai pemenang dalam ajang kompetisi debat Bahasa Inggris WUPID - World Universities Peace Invitational Debate, di Jakarta (14-15/10/17). Mereka berhak mewakili Indonesia di QIUP WUPID Global 2017, Malaysia
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Skenario Menjatuhkan TNI 19 Okt 2017 00:54 WIB

Danau Toba Bukan Danau Tuba 14 Okt 2017 05:14 WIB

 

 

 

 

 
Kampanye Olah Raga 18 Okt 2017 10:35 WIB

 
Pimpinan Redaksi HOKI 2017 09 Okt 2017 20:02 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia