KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiDua Minggu Berlatih Menulis Bersama PMOH untuk Para Pelajar SMP dan SMA oleh : Redaksi-kabarindonesia
02-Jun-2020, 01:39 WIB


 
 
KabarIndonesia - Selamat Idul Fitri! Masih dalam situasi masa lebaran ini, Harian Online KabarIndonesia (HOKI) kembali membuka pelatihan menulis online Tahun Ajaran (Tajar) XII, 2020. Pada Tajar ini khusus diperuntukkan bagi para pelajar SMP dan SMA untuk mengisi masa liburan
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Melawan Hoax Virus Corona 21 Mei 2020 15:19 WIB


 
Kami Masih Punya Rasa Malu 31 Mei 2020 11:30 WIB

Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Desainer Sang Pemuja Setan 29 Mei 2020 13:08 WIB


 
 
ROHANI

LAGU SURGAWI
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 21-Des-2019, 06:25:15 WIB

KabarIndonesia - Saat memasuki bulan Desember, umat Kristiani di seluruh dunia melaksanakan perayaan Adven dan Natal. Kita tentu akan merasa ada sesuatu yang kurang kalau ada perayaan Natal tanpa menyanyikan "Malam Kudus," bukan?

Bahkan banyak penjahat yg paling sadis sekalipun, apabila mereka mendengar lagu ini; mereka bisa mengeluarkan air mata terharu.
Siapa yang belum pernah mendengar lagu yang tak pernah alpa dipujikan dalam setiap perayaan Natal ini?

Malam Kudus memang layak disebut sebagai lagu Natal sepanjang masa. Bahkan ada yang menilai bahwa lagu ini adalah "Lagu Surgawi".
Lagu yang indah ini telah diterjemahkan dari bahasa aslinya (Jerman) ke ratusan bahasa lainnya.

Banyak orang menduga bahwa lagu ini pasti disusun dan dikomposisi oleh seorang ahli musik kondang, seperti Mozart atau Beethoven.
Namun kenyataannya tidaklah demikian bahkan sebenarnya lagu ini dibuat dengan tanpa diduga dan direncanakannya terlebih dahulu.

Joseph Mohr (1792 - 1848) adalah asisten pastor dari gereja kecil yang bernama St.Nicholas di daerah pegunungan Tirol (Jerman Selatan). Karena ia tinggal di desa maka yang menjadi pemain organnyapun, seorang guru sekolah yang bernama Franz Gruber (1787 - 1863).

Beberapa hari sebelum Natal ternyata organ gereja rusak, mereka menjadi bingung, bagaimana mereka bisa merayakan Natal tanpa organ. Dan, karena mereka tidak ingin mengecewakan para pengunjung gereja sedangkan hari Natal yang sudah ada diambang pintu. Maka Herr Mohr mencoba mulai menyusun lagu baru dengan kata-kata yang sederhana. Lagu tersebut nantinya bisa dinyanyikan dengan tanpa harus diiringi dengan organ.

Setelah teksnya selesai disusun, ia memperlihatkan lirik lagu tersebut kepada kawan baiknya Herr Gruber: "Puji Tuhan, Friend Mohr, kami telah menemukan satu lagu yang indah sekali!". Setelah itu langsung Herr Gruber membuat komposisi untuk text lagu yang telah dibuat oleh kawan baiknya Herr Mohr.

Akhirnya jadilah lagu "Malam kudus" (Stille Nacht) yang kita kenal sekarang ini. Satu lagu yang sangat sederhana tetapi indah teks maupun melodynya. Dan tepat pada hari Natal, Herr Mohr dan Herr Gruber menyanyikan lagu tersebut diiringi musik guitar dari Herr Gruber.

Ketika tukang organ datang untuk memperbaiki organ di gereja tersebut, ia sangat terpesona sekali oleh lagu yang dibuat dan disusun oleh Herr Gruber & Herr Mohr. Oleh sebab itulah ia berhasrat untuk menyebarluaskan lagu tersebut ke seluruh Jerman.

Hingga akhirnya pada thn 1843 lagu tersebut diterjemahkan kedalam bahasa Inggris oleh John F. Young (1820-1885).

Aneh tapi nyata, coba kalau pada saat tersebut organ di gereja Herr Mohr tidak rusak, mungkin lagu ini tidak akan terciptakan. Jadi satu lagu yang luar biasa indahnya terjadi dan terciptakan secara kebetulan, ialah karena organ gereja rusak.

Josef Mohr meninggal dalam usia 56 tahun. Franz Gruber meninggal dalam usia usia 76 tahun. Walaupun demikan sejauh pengetahuan orang, mereka tidak pernah menulis ataupun menciptakan apa-apa lagi yang luar biasa.

Malam kudus, sunyi senyap,
Siapa yang belum lelap?
Ayah bunda yang tinggallah t'rus,
Jaga Anak yang maha kudus;
Anak dalam malaf, Anak didalam malaf

Lagu malam kudus adalah wujud makna Lukas 2:11 Hari ini di kota Daud telah lahir Raja Penyelamatmu yaitu Kristus, Tuhan.( Seperti ditulis oleh Mang Ucup)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
666 - ANGKA SETAN YG TERKUTUK 06 Jun 2020 11:23 WIB


 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia