KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Nyatakan Tiga Hari Berkabung Nasional atas Wafatnya Habibie oleh : Danny Melani Butarbutar
11-Sep-2019, 14:48 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Dikabarkan, pada hari ini Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 18,05 WIB, Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (B J Habibie), telah meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, pada usia 83 tahun. Jenazah almarhum telah diberangkatkan dari
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Siapa Kau Siapa Aku? 02 Sep 2019 10:28 WIB

AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
ROHANI

Menjadi Hamba Tuhan
Oleh : Js Kamdhi | 20-Des-2010, 16:00:37 WIB

KabarIndonesia - “Kata Malaikat kepada Maria  “Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.”   Maria pun menjawab, “Sesungguhnya, aku ini hamba Tuhan. Jadilah padaku menurut perkataanmu itu.”( Lukas 1: 38)

Lagu John Lenon dari The Beatles, Let It Be, yang menjadi salah satu hit didasarkan pada jawaban Maria atas kabar suka-cita. Fiat me, meus est servus Dei (Latin) : Terjadilah padaku, sebag aku ini hamba Tuhan. Selain melodi sangat halus, komposisi musik yang menyentuh afeksi, syair lagu yang mampu menusuk kesadaran dan rasa keberagamaan.

Maria, adalah tokoh iman. Wanita yang Tuhan pilih untuk melahirkan Sang Penebus-Sang Juru Selamat-Sang Raja Agung. Sosok wanita sederhana, yang mendasarkan pergulatan dan perjuangan hidup hanya pada kuasa ilahi. Sosok wanita yang selalu menghayati hidup dan kehidupan pada karya penebusan-penyelamatan.

Dalam kerendahan hati, yang dilandasi kesalehan hidup, is berucap,”Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?” Dalam kerendahan hati, Maria merasa tidak layak untuk menerima anugerah besar dari Tuhan Yang Mahaagung. Hingga, malaikat pun berkata, “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus.”  Dalam kerendahan hati, Maria memiliki kekayaan batin-rohani yang kuat hingga berkemampuan menangkap tanda-tanda zaman sebagaimana telah diramalkan para nabi sebagai Putri Zion.

Bagi iman umat Katolik, Maria memiliki tempat istimewa. Per Mariam ad Jesu: melalui Maria ke Yesus. Maria menjadi perantara. Maria menjadi pelindung. Maria pendamping.

Tak mengherankan bila di seluruh pelosok dunia ada tempat-tempat ziarah untuk berkontemplasi, untuk bermeditasi. Tempat-tempat yang menciptakan “nuansa religi” hingga manusia mampu berakrab-akrab dengan Tuhan.

Penampakan Maria, hampir di seluruh pelosok dunia, menunjukkan betapa Maria menjadi perantara menuju Allah Yang Mahabesar. Penampakan Maria yang hingga kini masih terjadi merupakan tanda kebesaran Tuhan pada orang-orang yang menggumuli hidup sebagai hamba Tuhan.

Dalam proses religiositas, kehadiran Maria dalam perkawinan di Kana, merupakan wujud nyata seorang hamba Tuhan yang memiliki ketajaman batin rohani. Maka,ketika sang empunya hajat kehabisan minum (anggur)  Maria berkata kepada Yesus, “Mereka kehabisan minuman!” Lalu, kepada para pelayan, Maria berkata. “Lakukanlah apa yang Ia perintahkan!” Dan, apa yang terjadi? Air berubah menjadi anggur.

Tampilan Maria yang kedua adalah penyertaannya dalam “via dolorosa (jalan salib) Jesus. Dengan penuh setia Maria mengikuti perjalanan salib Jesus. Dan, dari atas salib, Jesus pun menyerahkan murid-murid-Nya menjadi anak Maria, “Ibu, itulah anakmu!” Lalu, kepada para murid Jesus berkata, “Itulah ibumu!” Kekhususan Maria dalam perjalanan iman hanya dapat dipahami dalam intimitas jiwa dengan Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta.

Peran Maria dalam sejarah iman gerawi hanya dapat dipahami dalam korelasi penebusan-penyelamatan Jesus melalui jalan salib-Nya. Itulah sebabnya, menjalani hidup sebagai hamba Tuhan merupakan misteri iman dan sangat  individual. Tidak dapat dirasionalisasikan. Hanya dapat dimengerti dengan berucap, “Meus est servus Dei, fiat me! (Aku ini hamba Tuhanku, jadilah kehendak-Mu!)   


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//


***

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia