KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Nyatakan Tiga Hari Berkabung Nasional atas Wafatnya Habibie oleh : Danny Melani Butarbutar
11-Sep-2019, 14:48 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Dikabarkan, pada hari ini Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 18,05 WIB, Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (B J Habibie), telah meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, pada usia 83 tahun. Jenazah almarhum telah diberangkatkan dari
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Siapa Kau Siapa Aku? 02 Sep 2019 10:28 WIB

AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
ROHANI

Momentum Penerangan Jiwa
Oleh : Ibn Ghifarie | 25-Des-2010, 06:52:35 WIB

KabarIndonesia - Natal merupakan momentum penerang jiwa atas lahirnya peradaban Kristen (cinta kasih, damai, keselamatan, kebangkitan, kepedulian) berbasis keimanan yang kukuh.

Pasalnya, umat Kristian menyakini tugas mulia kehadiran Sang Juru Selamat ke bumi ini sebagai penerang atas segala bentuk kegelapan, kejahatan dan keburukan. “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikuti Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup” (Yoh. 8:12); “Terang yang sesungguhnya itu sedang datang ke dalam dunia. Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya” (Lih. Yoh.1:9-11).

Keseriusan membumikan pesan suci Mesias pun menjadi tema bersama Natal antara Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) dengan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) yang bertajuk “Terang yang sesungguhnya sedang datang ke dalam dunia” (bdk. Yoh. 1:9) (www.pgi.or.id)

Ditengah-tengah menurunnya sikap ramah dan arif di Jawa Barat. Kehadiran natal diharapkan menjadi momentum bagi seluruh umat beragama di Jawa Barat untuk makin meningkatkan toleransi dan sikap damai dengan cara menahan diri supaya membiasakan berdialog dalam menyelesaikan segala persoalan. Ini dikemukakan oleh Miftah Faridl, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Bandung.

Dialog sangat penting dalam menjembatani segala perbedaan tanpa menggunakan jalan kekerasan. Ia mencontohkan pandangan dalam Islam yang menyebutkan Islam sebagai agama rahmatan lil alamin. ”Rahmatan lil alamin artinya menjadi rahmat bagi seluruh alam. Momentum Natal ini sekaligus menjadi pembuktian bagi makna Islam itu,” ujarnya.

Konsep damai dan penghargaan kepada umat beragama lain untuk beribadah tidak hanya dikenal dalam Islam. Agama apa pun mengajarkan umatnya untuk saling menghormati dan bertoleransi.

”Umat agama apa pun sudah sepatutnya menghargai dan memberikan kesempatan kepada saudara-saudara kita merayakan Natal. Sikap memaksakan kehendak serta pandangan kepada orang lain tidak diajarkan dalam agama apa pun,” ungkapnya. (Kompas, 24/12)

Sejatinya, kehadiran Natal 2010 yang diperingati setiap tanggal 25 Desember diharapkan menjadi momentum awal dalam menjaga keharmonisan, keseimbangan, keselarasan antarmanusia sekaligus membangun kerukunan kehidupan antarumat beragama yang toleran, damai, adil, rukun di bumi pertiwi ini. Selamat Natal 2010 dan Tahun Baru 2011.



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia