KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
RohaniDualitas Ghaib-Nyata (2): Menemukan Resonansi Ilahi oleh : Tonny Djayalaksana
10-Des-2018, 15:05 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pada tulisan "Dualitas Ghaib-Nyata Bagian 1" telah dipaparkan tentang adanya fenomena manusia yang bisa berbicara dengan flora dan fauna. Temuan kenyataan tersebut serupa dengan yang diceritakan dalam Al Quran tentang Nabi Daud dan Nabi Sulaiman yang diberi keutamaan
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Pelaksanaan Syariat Islam di Aceh Menurut Pandangan Akademisi Malaysia

 
ROHANI

Pelaksanaan Syariat Islam di Aceh Menurut Pandangan Akademisi Malaysia
Oleh : Bang Rachmad | 10-Mar-2018, 00:06:24 WIB

KabarIndonesia-Banda Aceh,Dalam pengajian rutin KWPSI ada tamu istimewa dari negara jiran Malaysia. Hadir beberapa orang tokoh dari akademi Universitas Utara Malaysia (UUM), Kedah, yaitu Prof. Madya Dr. Jamaluddin Mustaffa (Kriminolog Islam) dan Dr. Nabisah Ibrahim (Psikolog Islam), Prof Dr Kamal A Hamid (pakar narkoba), Dr Zawawi (pakar hukum), Dr Syakiran (pakar administrasi publik), dan Dr Siti Rozaina (pakar psikologi). 

Para tokoh ini mencoba memahami pelaksanaan syariat islam di Aceh dan bisa membawa pulang hasil study banding ini ke negara Malaysia. Ada beberapa hal terkait pertemuan ini seperti kajian Aceh tidak perlu ketakutan dengan pihak-pihak luar dalam menjalankan syariat Islam sebagai sebuah ajaran yang benar yang datang dari Allah. 

Prof Dr Jamaluddin menyadari bahwa Aceh itu memang unik dan harus dijadikan pelajaran dalam pelaksanaan syariat Islam. Terungkap bahwa di Negeri Kedah belum mendapatkan hak untuk menerapkan hukum Islam seperti di Aceh.

Banyak yang menentang terhadap usaha memberlakukan hukum Islam di Kedah. Pemberlakuan syariat Islam di Aceh diharap menjadi model bagi negara-negara lain, terutama bagi Malaysia.

Tidak mudah mendapatkan kewenangan menerapkan hukum Islam dalam sebuah negara. Aceh harus bersyukur dan serius dalam menerapkan keistimewaan dalam bidang agama ini sehingga dapat menjadi model bagi negara-negara lain.
 
Salah satu dampak yang bisa dirasakan dari pelaksanaan hukum syariat Islam adalah, rendahnya angka kasus kejahatan dan kriminal yang terjadi di tengah masyarakat, dibandingkan dengan daerah lain. Selain itu, kehidupan masyarakat juga menjadi teratur dan tenang dengan aturan agama, serta jauh dari depresi.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia