KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Pelatihan Menulis Online Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Top ReporterTop Reporter Bulan Maret 2019 oleh : Kabarindonesia
19-Mar-2019, 15:33 WIB


 
 
KabarIndonesia - 
Nama : Dr. I Wayan Mustika, S. Ked
Lahir : Kuta, 11 September 1970 
Alamat: Jln. Bakungsari Kuta
Pekerjaan : Dokter Umum Swasta   

Kegiatan lain:

Penulis buku-buku spiritual:     
1. Dialog Spiritual I
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Doa-doa Dalam Nama 19 Mar 2019 20:16 WIB

KAYON 19 Mar 2019 09:08 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Pelaksanaan Syariat Islam di Aceh Menurut Pandangan Akademisi Malaysia

 
ROHANI

Pelaksanaan Syariat Islam di Aceh Menurut Pandangan Akademisi Malaysia
Oleh : Bang Rachmad | 10-Mar-2018, 00:06:24 WIB

KabarIndonesia-Banda Aceh,Dalam pengajian rutin KWPSI ada tamu istimewa dari negara jiran Malaysia. Hadir beberapa orang tokoh dari akademi Universitas Utara Malaysia (UUM), Kedah, yaitu Prof. Madya Dr. Jamaluddin Mustaffa (Kriminolog Islam) dan Dr. Nabisah Ibrahim (Psikolog Islam), Prof Dr Kamal A Hamid (pakar narkoba), Dr Zawawi (pakar hukum), Dr Syakiran (pakar administrasi publik), dan Dr Siti Rozaina (pakar psikologi). 

Para tokoh ini mencoba memahami pelaksanaan syariat islam di Aceh dan bisa membawa pulang hasil study banding ini ke negara Malaysia. Ada beberapa hal terkait pertemuan ini seperti kajian Aceh tidak perlu ketakutan dengan pihak-pihak luar dalam menjalankan syariat Islam sebagai sebuah ajaran yang benar yang datang dari Allah. 

Prof Dr Jamaluddin menyadari bahwa Aceh itu memang unik dan harus dijadikan pelajaran dalam pelaksanaan syariat Islam. Terungkap bahwa di Negeri Kedah belum mendapatkan hak untuk menerapkan hukum Islam seperti di Aceh.

Banyak yang menentang terhadap usaha memberlakukan hukum Islam di Kedah. Pemberlakuan syariat Islam di Aceh diharap menjadi model bagi negara-negara lain, terutama bagi Malaysia.

Tidak mudah mendapatkan kewenangan menerapkan hukum Islam dalam sebuah negara. Aceh harus bersyukur dan serius dalam menerapkan keistimewaan dalam bidang agama ini sehingga dapat menjadi model bagi negara-negara lain.
 
Salah satu dampak yang bisa dirasakan dari pelaksanaan hukum syariat Islam adalah, rendahnya angka kasus kejahatan dan kriminal yang terjadi di tengah masyarakat, dibandingkan dengan daerah lain. Selain itu, kehidupan masyarakat juga menjadi teratur dan tenang dengan aturan agama, serta jauh dari depresi.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Berkah TMMDoleh : Agus Rizal
10-Mar-2019, 16:26 WIB


 
  Berkah TMMD TMMD ke-104 Kodim 0601/Pandeglang membawa berkah bagi para pemilik warung di lokasi tersebut. Anggota Satgas TMMD pada saat istirahat meluangkan waktu untuk melaksanakan kegiatan komsos dengan warga masyarakat di salah satu warung milik warga sambil menikmati jajanan di kampung Saluyu,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 
Pemkab Tubaba Gelar Musrenbang 20 Mar 2019 15:38 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia