KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalDr Ir H Salahuddin Wahid (Gus Sholah) Adik Kandung Presiden ke-4 RI Tutup Usia oleh : Danny Melani Butarbutar
02-Feb-2020, 18:29 WIB


 
 
KabarIndonesia  - Breaking News Kompas tv kemarin (2/2) sekitar pkl. 23.00 dan Dandy Bayu Bramasta KOMPAS.com memberitakan jika KH Salahuddin Wahid atau biasa disapa Gus Sholah, meninggal dunia pada Minggu (2/2/2020) malam.

Almarhum  Gus Sholah yang juga pengasuh
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Opera Afeksi 08 Des 2019 14:27 WIB

Perih Paling Parah 26 Nov 2019 19:35 WIB

 
Menu Aceh Sie Asap Localeco 20 Feb 2020 04:53 WIB



 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
ROHANI

Ratusan Keluarga Besar Abang Becak Balige dan Sekitarnya Semarakkan Perayaan Natal
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 19-Des-2019, 13:15:17 WIB

KabarIndonesia - Balige,  Keluarga Besar Abang Beca se kota Balige dan sekitarnya merayakan Natal bersama pada tanggal 18 Desember 2019 di Gedung Serbaguna HKBP Balige, Tobasa.

Perayaan Natal berbahasa Batak Toba ini mengambil  tema: Nunga Hubege Jala Hutanda Hami Mesias Sipalua I, dan sub tema: Marsitutu Mamaritahon  dohot Mangulahon Haluaon na sian Kristus marhite jasa transportasi Becak.

Menurut penuturan panitia, perayaan Natal para abang becak ini sudah untuk ketiga kalinya diselenggarakan di Balige, dan kali ini terlihat semakin ramai dikuti keluarga Par - Beca.

Sebelum ibadah Natal diselenggarakan, diawali dengan kegiatan parade pawai Becak Motor yang bergerak dari Gedung Serbaguna HKBP Balige mengitari kota Balige, untuk menyampaikan salam Natal mereka pada masyarakat dan publik.

Dengan membawa keluarga masing-masing para Abang Beca mengikuti pawai tersebut  dipandu oleh Dinas Perhubungan kabupaten Toba Samosir. Banyak warga  masyarakat yang dilintasi pawai tersebut sangat gembira dan  mengapreasi parade becak ini.  Selama kurang lebih satu jam kegiatan pawai berlangsung.

Usai parade/pawai, para abang becak dan keluarganya memasuki gedung Serbaguna untuk melanjutkan acara ibadah Natal. Terlihat seluruh peserta dengan khidmat dan nyaman mengikuti rangkaian acara.

Mengawali acara terlebih dahulu disampaikan laporan dan sambutan oleh pengurus keluarga becak motor yaitu bapak Napitupulu. "Kami sangat senang atas perayaan Natal tahun ini. Kami dari pekerja transportasi becak Balige mengucapkan 'Selamat Natal Untuk Kita Semua' Kiranya tahun depan Natal seperti ini tetap kita laksanakan dengan dukungan HKBP." sambut Napitupulu.

Apa yang dikatakan pengurus keluarga becak motor Balige ini juga disambut baik oleh Kepala bidang Marturia HkBP Distrik XI Toba Hasundutan, Pdt. Sarlen Lumbantobing yang sekaligus sebagai Ketua Pelaksana Natal ini.

Dalam sambutannya Pdt. Sarlen menegaskan bahwa Natal ketiga kalinya ini harus mempunyai “goal” (tujuan) yaitu membentuk wadah persekutuan Parbecak Se Kota Balige dan sekitarnya, untuk membangun kebersamaan dan saling tolong menolong sesama komunitas keluarga Parbeca.

Usai kata  pembukaan dan kata sambutan, kemudian dilanjutkan dengan 
Ibadah Natal yang dilayani oleh Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan ibu Pdt. Donda Simanjuntak sebagai liturgis dan khotbah disampaikan Kadep Marturia, ibu Pdt. Dr. Anna Ch. Vera Pangaribuan.

Dalam khotbahnya Ibu Kadep Marturia HKBP menekankan bahwa sejak awal Desember ini kita sudah mengikuti ibadah Natal, ada natal marga, natal parsahutaon, natal dari gereja dan natal lainnya. Lalu untuk menggugah kesadaran dan iman para hadirin, Ibu Kadep menanyakan, apakah makna natal bagi kita, secara khusus natal keluarga besar  parbecak malam ini?

"Natal dirayakan karena keselamatan telah diberikan oleh Allah kepada kita melalui kelahiran Yesus ke dunia ini. Jika keselamatan telah diberikan kepada kita, maka bagaimanakah sikap kita di dalam dunia ini?.  Secara khusus apa sikap para keluarga parbecak yang hadir malam ini?" sebut Ibu Kadep Marturia.

"Melalui perayaan natal yang ketiga ini, apakah yang boleh kita syukuri dari tahun ke tahun? Bagaimana sikap kita bersyukur melalui kegiatan kita ini sebagai parbecak motor? Tentunya, kita akan bekerja semakin baik, ramah dan jujur kepada penumpang dan juga kepada keluarga." lanjutnya.

Ibu Kadep menegaskan bahwa pekerjaan jasa transportasi Beca ini adalah juga pekerjaan yang mulia di mata Tuhan, parbeca melayani masyarakat dan publik di bidang transportasi. Parbecak boleh mengajak dan mengantar jemaat untuk beribadat di hari minggu, itu adalah pelayanan.

Seusai ibadah natal, acara dilanjutkan dengan makan bersama. Seluruh hadirin, mulai dari anak-anak sampai para orang tua menikmati makanan ala kadarnya, dengan sujacita. Sukacita ini juga dirasakan pada pantia, pelayan dari kantor pusat HKBP dan dihadiri oleh para undangan.

Setelah selesai makan bersama dihibur dengan nyanyian rohani dari anak-anak keluarga parbeca. Kemudian, penyerahan  bingkisan Natal yang sudah dipersiapkan Departemen Marturia HKBP dan HKBP Distrik IX Toba Hasundutan kepada anak-anak dan juga para orang tua yang mengikuti Natal ini. Terlihat ramainya acara yang diikuti oleh anak-anak , mereka antusias dan bergembira ria saat menerima Bingkisan Natal tersebut.

Sebelum penyerahan Bingkisan Natal, Ibu Kadep Marturia HKBP menekankan, kiranya ditahun-tahun berikutnya Natal Parbecak di Balige dan sekitarnya ini, begitu juga di Distrik HKBP lainnya dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

"Sebagaimana kita tahu bahwa tahun 2020 adalah Tahun Pekabaran Injil HKBP, saya mengajak dan mendorong agar seluruh Distrik HKBP melayani Jemaat yang belum terjangkau. Inilah adalah salah satu yang menjadi gebrakan baru bagi Pekabaran Injil Internal HKBP. Horas Parbecak, Horas HKBP, HKBP berkat bagi dunia." tutup ibu Pdt Dr Anna Vera dengan mantap. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Judika Sihotang Berduet dengan Bupati Taput Nikson Nababanoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
04-Jan-2020, 04:31 WIB


 
  Judika Sihotang Berduet dengan Bupati Taput Nikson Nababan Artis papan atas, Judika Sihotang, menyedot ribuan pengunjung dalam acara hiburan terbuka Old and New 2020 yang dikemas oleh Pemkab Tapanuli Utara di lapangan Serbaguna Tarutung, Kamis (2/1) malam. Massa membludak di lokasi sehingga pengunjung berdesakan di lapangan. Bupati Nikson
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 
IMLEK AGAR KITA MELEK 23 Jan 2020 05:21 WIB

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia