KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalTotal Pasien Covid-19 Yang Sembuh di Tanah Air Berjumlah 1.317.199 Orang oleh : Danny Melani Butarbutar
25-Mar-2021, 12:08 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Melansir berita KOMPAS.com, bahwa hingga Kamis (25/3/2021),jumlah Pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh bertambah 4.656 orang dalam 24 jam terakhir. Dengan demikian, total pasien Covid-19 yang sembuh berjumlah 1.317.199 orang.

Data tersebut disampaikan Satuan Tugas
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
ROHANI

Shaum atau Puasa?
Oleh : Mohamad Fadhian | 21-Jun-2012, 11:36:30 WIB

KabarIndonesia - Maha Suci Allah dengan segala rahmatNya yang telah memberikan nikmatNya yang tak terhitung kepada kita semua.
Apabila kita bertanya apa Shaum itu, hampir pasti orang-orang akan menjawab Puasa. Padahal walaupun Shaum dan Puasa sama-sama menahan nafsu,makan,minum, terdapat makna yang sangat jauh antara kedua kata tersebut.

Shaum berasal dari kata Shoma, Yashumu, Shouman wa Shiyaman artinya menahan diri dari sesuatu, berhenti, diam atau berada di suatu tempat (mu'jam Al-Mufradat Alfadh Alquran: 298). Dan Islam menyempurnakan kata tersebut menjadi Shaum yang Allah wajibkan kepada umat islam. Sedangkan Shaum menurut syariat adalah "menahan diri dari makan dan minum dan jimak dari terbit fajar sampai terbenam matahari(maghrib) karena mengharap ridha Allah dan menyiapkan serta melatih diri untuk bertaqwa kepada Allah dengan cara mendekatkan diri dalam perkara yang tersembunyi maupun yang nyata (Tafsir Al-Maraghi 2:67). dalam kitab Fathul Bari (V:5) juga disebutkan bahwa Shaum adalah menahan diri dari yang khusus, pada waktu yang khusus, dari sesuatu yang khusus, dan dengan syarat-syarat yang khusus.

Sangat mulia sekali arti kata Shaum apabila kita cermati dengan iman. Mungkin itu sebabnya Allah menurunkan perintah Shaum dengan seruan "yaa ayyuhaladzi na amanu...." karena untuk mengeri makna dari katanya pun memerlukan keimanan bukan asal menuruti perintah tanpa tau maksud dari perintah tersebut. Dan sebagian orang masih menganggap Shaum sama dengan puasa, tapi kita lihat arti kata puasa.

Puasa berasal dari bahasa sanksekerta, dalam kitab Candravid terdapat ayat yang berbunyi "Upawasa itu pada hari kamu dilahirkan,..."(4:9) dan "Rayakanlah penutupan Upawasa itu dengan tabuh-tabuhan"(4:6). Jelaslah bahwa puasa berasal dari ajaran diluar Islam. Sama halnya ketika dulu kita mendengar orang menyebutkan bahwa Shalat itu sama dengan Sembahyang padahal Sembahyang tiap agama berbeda dan Sembahyang dalam Islam adalah Shalat. Begitu juga Puasa, mungkin setiap agama memiliki ajaran tentang puasa dan puasa bagi agama Islam adalah Shaum. Itulah yang membedakan Islam dengan agama lain. Karena Rasul melarang kita untuk meniru suatu kaum.Rasul bersabda: " barangsiapa yang menyerupai satu kaum, ia termasuk mereka." (H.R. Abu Daud)

Walaupun terlihat sepele, tapi alangkah lebih baiknya kita menggunakan ajaran Islam,yang bersumber dari Tuhan yang menciptakan aku dan seluruh jiwa, Allah SWT. Luruskan niat, bahwa kita sungguh-sungguh menerapkan Islam secara Kaffah daari hal-hal yang terlihat kecil untuk menjadi sesuatu yang sangat besar. Wallahu'alam bishshawab.



Blog: http://www.pewarta.kabarindonesia.blogspot.com/ 
Alamat ratron (surat elektronik): 
redaksi@kabarindonesia.com 
Berita besar hari ini...!!! kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hacker ClanX12 15 Jan 2021 06:38 WIB

 

 
Kenaikan Cukai Rokok Ditunda 04 Nov 2020 00:50 WIB

 

 

 
 
 

 
 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia