KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia – Serang, Guna memaksimalkan peran Balai Latihan Kerja(BLK) yang sudah ada selama ini, Kementerian Ketenagakerjaan terus matangkan penerapan konsep Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK). Pasalnya konsep ini diyakini mampu menjawab kebutuhan tenaga kerja terampil di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan
selengkapnya....


 


 
BERITA OLAH RAGA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Bubar Riyaya 22 Jul 2017 01:58 WIB

Anak Beranak Kanak 22 Jul 2017 01:56 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

GTPN RUTE BUKITTINGGI-DANAU KEMBAR: Diuji Beratnya Medan, Dimanja Keindahan Pemandangan

 
OLAH RAGA

GTPN RUTE BUKITTINGGI-DANAU KEMBAR: Diuji Beratnya Medan, Dimanja Keindahan Pemandangan
Oleh : Rohmah Sugiarti | 17-Jul-2017, 12:38:45 WIB

KabarIndonesia - Danau Kembar, Perjalanan gowes di hari ke-enam pada etape kedua pergelaran Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017, tim Gowes merampungkan rute Bukit Tinggi – Danau Kembar dengan menempuh jarak sekitar 117 Km. Rute hari ke- enam ini memang melewati land mark pesona keindahan Sumatera Barat, Danau Singkarak, dan Danau Kembar (Danau Diatas dan Danau Diatas) yang terbentang di ketinggian pegunungan Bukit Barisan Selatan.  

Sebelum perjalanan,  paginya Tim Gowes ikut meramaikan pergelaran Fun Bike Gowes Pesona Nusantara (GPN) bersama masyarakat Bukit Tinggi yang mengapresiasi olahraga bersepeda ini dengan baik.   “Hari ini kita mengikuti kegiatan fun bike tetapi tidak mengikuti akhir acara pengundian doorprize. Kita hanya mengikuti start sampai finish dan langsung meneruskan perjalanan.” jelas Road Capten Martha Mufreni.  “Di acara ini teman-teman atlet membaur dan menyapa peserta fun bike. Ini menjadi refreshing kami yang setiap hari ketemu aspal jalanan. Nikmati saja,” tambah Martha ceria.

Sekitar jam 10 pagi setelah Fun Bike, Tim GTPN resmi diberangkatkan oleh Walikota Bukittinggi, H. M. Ramlan Nurmatias, S.H, dari lokasi Jam Gadang yang menjadi icon kota Bukit Tinggi. Di lokasi berdiri tegak jam raksasa,  dibangun pada zaman Belanda tepatnya tahun 1926 oleh kolaborasi arsitek Yazin dan Sutan Gigi Ameh.  

Perjalanan menuju Danau Singkarak, disambut dengan variasi  tanjakan dan turunan hingga pada batas Padang Luar. Setelah itu tim mendapatkan bonus turunan panjang hingga Danau Singkarak dengan pemandangan bentang alam yang indah menakjubkan.   Sesampainya di perbatasan wilayah Bukit Tinggi dan Tanah Datar, dilakukan seremoni serah terima tim dari Pemerintah kota Bukit Tinggi ke Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. Sekaligus ritual penyerahan tanah air dan pataka Tanah Datar dan Padang Panjang untuk dibawa tim sampai puncak acara Hari Olah Raga Nasional (Haornas) tanggal 9 September 2017 di Magelang.  

Tim Gowes dikawal dengan minivan RRI dan Patwal serta diikuti pesepeda dari komunitas  Tanah Datar, diantara mereka ada bapak Arman, Kabid Pengembangan Olah Raga Tradisional, Kementerian Pemuda dan Olahraga yang turut mendampingi hingga tapal batas Tanah Datar dan Solok.  

Memasuki daerah danau Singkarak, tim gowes disuguhi dengan pemandangan yang luar biasa. Danau terbesar di pulau Sumatera setelah Danau Toba ini luasnya mencapai 1000 hektar. Hamparan air yang jernih, sampan-sampan nelayan yang bertebaran di permukaan danau dengan latar belakang hamparan daratan yang hijau subur merupakan suguhan keindahan alam yang tiada tara.   Di lokasi ini tim bisa melakukan tahapan sprint sampai ke dermaga Danau Singkarak Solok. Tim gowes telah ditunggu oleh Suherman, Asisten Daerah Kabupaten Solok.  

Dalam sambutannya, Suherman mengucapkan selamat datang kepada Tim GTPN. Beliau berharap selain bermanfaat untuk mempromosikan kegiatan olahraga dan memperkokoh persatuan NKRI. Kehadiran Tim Gowes diharapkan turut mendukung program Kabupaten Solok yang tengah giat mempromosikan destinasi wisata unggulannya yaitu Danau Singkarak, Danau Tuo dan Danau Kembar.  Menanggapi hal tersebut, Deputi Kemenpora yang turut hadir menyatakan bahwa bagian dari program “Ayo Olahraga” ini akan berlanjut hingga 2019 dan juga dimaksudkan untuk memperkenalkan daerah wisata yang dilalui. 

Dilepas dari lokasi ini, tim pun beberapa kali melakukan Interval Sprint Ride hingga tiba di Kota Solok. Di jalur kebun teh yang meskipun kecil tapi bagus dan flat ini, tim mampu memacu sepeda dengan rata-rata kecepatan sekitar 35-40 km/jam selama kurang lebih sejauh 10 km. Memasuki kota Solok, tim mulai dihadapkan pada jalan menanjak dari dpl 735 m -1025 m dengan elevasi sekitar 30-60 derajat.  

Di antara para Rider Tim GTPN 2017 terdapat para atlet wanita berprestasi yang potensial dan sedang dipersiapkan untuk mengikuti berbagai  ajang kompetisi balap sepeda nasional maupun internasional.  Event yang terdekat yang diproyeksikan untuk diikuti adalah Jelajah Wanita Malaysia 2017. Karenanya  dalam momentum event ini, para atlet digeber dengan beberapa program-program latihan yang langsung ditangani oleh salah atlet legenda sepeda Fanny Gunawan.

Di ruas-ruas rute yang memungkinkan, Tim GTPN 2017 melakukan “formasi balap“ dengan memacu laju sepeda sampai kecepatan maksimal secara interval (Interval Sprint Ride) hingga kadang mendekati kecepatan 50 km/jam, menggunakan jenis Sepeda Gunung yang cukup berat. Formasi ini selain menjadi bagian dari pola latihan juga variasi untuk mengatasi kejenuhan dalam perjalanan bersepeda jarak jauh dan berdurasi panjang. Meskipun tanpa ampun  dihajar medan tanjakan demi tanjakan, tim terus berusaha menjaga stamina dan memompa semangat membaja. Mereka hanya melakukan dua kali istirahat, itupun juga dilakukan untuk memecah kepadatan lalu lintas sehingga bisa tetap melaju dengan lancar.  

Menjelang petang, sekitar pukul 17.30, akhirnya tim berhasil tiba di rumah dinas Bupati Solok dan disambut dengan jamuan minum teh yang dihadiri langsung oleh Bapak Bupati beserta ibu.  Ketika tim masih di rumah dinas Bupati Solok, hujan mulai turun. Dengan mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan, sementara kondisi sudah larut, terpaksa tim Gowes dan tim dievakuasi menuju tempat menginap di Danau Kembar dan tiba dengan selamat di penginapan pukul 20.30 WIB.  

Kegiatan Gowes Touring Pesona Nusantara ini merupakan gerakan kampanye "Ayoolahraga" yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga, dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017di Sabang. Kegiatan ini diharapkan dapat menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.  

Dengan sampainya Tim GTPN di Danau Kembar, mereka telah menempuh jarak 640 km di etape kedua setelah di etape pertama menempuh jarak 1.168 dari kilometer nol Sabang dan finish di Balige Sumatera Utara. Tim Gowes Touring Pesona Nusantara akan menempuh total perjalanan 5000 km dari garis start kilometer nol Sabang sampai finish di Kota Magelang. Pada etape 2 dari kota Balige Sumatera Utara, Tim Gowes menuju Padang dengan jarak tempuh total 727 km. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mensos Khofifah: Kampung Berseri Astra Jadi Role Modeloleh : Rohmah Sugiarti
24-Jul-2017, 06:03 WIB


 
  Mensos Khofifah: Kampung Berseri Astra Jadi Role Model Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (kedua kanan) menandatangani prasasti Desa Sejahtera Mandiri untuk Kampung Berseri Astra Keputih didampingi oleh Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Hartono Laras (kanan), Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Medsos dan Hoax 26 Jul 2017 16:30 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 
Awas Anemia! 17 Jul 2017 13:12 WIB

 

 

 
Uang Bukanlah Sumber Kebahagiaan 26 Jul 2017 16:09 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia