KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalDr Ir H Salahuddin Wahid (Gus Sholah) Adik Kandung Presiden ke-4 RI Tutup Usia oleh : Danny Melani Butarbutar
02-Feb-2020, 18:29 WIB


 
 
KabarIndonesia  - Breaking News Kompas tv kemarin (2/2) sekitar pkl. 23.00 dan Dandy Bayu Bramasta KOMPAS.com memberitakan jika KH Salahuddin Wahid atau biasa disapa Gus Sholah, meninggal dunia pada Minggu (2/2/2020) malam.

Almarhum  Gus Sholah yang juga pengasuh
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Opera Afeksi 08 Des 2019 14:27 WIB

Perih Paling Parah 26 Nov 2019 19:35 WIB

 
Menu Aceh Sie Asap Localeco 20 Feb 2020 04:53 WIB



 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Jual Beli Pulau
Oleh : Aulia Asep Ralla | 09-Sep-2008, 15:02:58 WIB

KabarIndonesia - Merebaknya berita tentang terjadinya jual beli pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bukan hanya bualan belaka. Isu ini sangat santer berkembang saat ini dalam masyarakat bahkan menurut suatu sumber yang layak dipercaya menyebutkan bahwa, Pulau Tatawa yang terletak di antara Pulau Komodo dan Pulau Flores, hanya dijual seharga Rp 3 miliar kepada seorang warga asing sejak 2005.

Juga pada tahun 2005 yang lalu kasus penjualan pulau terjadi juga di NTT, ketika itu Pulau Bidadari Kabupaten Manggarai Barat, dijual oleh warga setempat kepada warga Inggris.

Akibatnya, TNI mengirim pasukan untuk mengawasi pulau tersebut, sebelum akhirnya diambil kembali oleh pemerintah daerah setempat. Kini, Pulau Bidadari dikuasai PT Reefseekers Kartenest Lestari milik pasangan suami-isteri asal Inggris untuk bergerak dalam bidang jasa dan akomodasi dalam bentuk Penanaman Modal Asing (PMA).

Berbagai elemen menyayangkan kejadian ini, jika kejadian ini tidak dapat diselesaikan secara cepat oleh pemerintah NTT. Karena apabila benar-benar terjual kepada pihak asing maka sama saja menjual negara kepada orang asing. Fenomena ini tidak boleh dibiarkan begitu saja meskipun Undang-Undang tentang Otonomi Daerah membolehkan mengatur daerahnya sendiri tapi bukan untuk menggadaikan kedaulatan NKRI. Peristiwa jual beli pulau seperti itu jika dibiarkan akan menjadi hal yang biasa dan bahkan disepelekan, sehingga bukan tidak mungkin beberapa tahun kedepan satu persatu pulau-pulau terluar Indonesia akan laris dipasaran.

Okelah Timor Timur bisa lepas karena mayoritas masyarakatnya minta untuk merdeka. Tapi kalau sudah menjual pulau itu adalah milik selamanya dan tidak menutup kemungkinan pihak yang membeli akan mendirikan negara dipulau yang sudah dibeli. Penjualan pulau Tatawa merupakan salah satu intervensi pihak asing secara terselubung.

Hal ini dapat dilihat secara nyata beberapa waktu yang lalu TNI merencanakan pembangunan batalyon untuk memperkuat pertahanan karena dianggap strategis apalagi berbatasan langsung dengan dua negara yaitu Timor Leste dan Australia. Tapi apa yang terjadi sejumlah LSM yang digandeng sejumlah para pemuka agama/Pendeta menolak pendirian batayon TNI dengan alasan yang tidak masuk akal.

Nah, sekarang setelah pulau Tatawa dan Bidadari dikuasai oleh pihak asing, pihak LSM dan para tokoh agama NTT bungkam seribu bahasa. Apa itu bukan merupakan persekongkolan untuk menghancurkan Indonesia Raya? Kita bukan menuduh secara berlebihan tapi hubungan kejadian demi kejadian kita dapat menangkapnya.

Salah satu solusi agar sejumlah pulau tidak terlepas dan selalu dalam pengawasan, sebaiknya pemerintah melanjutkan pendirian batalyon TNI di NTT disejumlah tempat strategis. Untuk memperkuat pertahanan negara dan sekaligus dapat memantau jika kemungkinan pihak asing melakukan jual beli pulau lagi. Khusus untuk pulau Bidadari yang sedang dikuasai oleh pihak asing agar segera diambil oleh pemerintah daerah, lalu kemudian dikelola oleh pengusaha lokal. Lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Judika Sihotang Berduet dengan Bupati Taput Nikson Nababanoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
04-Jan-2020, 04:31 WIB


 
  Judika Sihotang Berduet dengan Bupati Taput Nikson Nababan Artis papan atas, Judika Sihotang, menyedot ribuan pengunjung dalam acara hiburan terbuka Old and New 2020 yang dikemas oleh Pemkab Tapanuli Utara di lapangan Serbaguna Tarutung, Kamis (2/1) malam. Massa membludak di lokasi sehingga pengunjung berdesakan di lapangan. Bupati Nikson
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 
IMLEK AGAR KITA MELEK 23 Jan 2020 05:21 WIB

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia