KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilMelani Butarbutar: Tekad Putra Samosir, Melayani Aspirasi Rakyat Sepenuh Hati oleh : Wahyu Ari Wicaksono
05-Nov-2018, 09:11 WIB


 
 
KabarIndonesia - Mengawali karir sebagai CPNS tahun 1976 di kantor Camat Simanindo Ambarita (Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara) dengan pangkat/golongan Juru Muda Tingkat I (I/b), pada Februari tahun 2017 lalu, Danny Melani Michler Hotpantolo Butarbutar atau biasa disebut Melani Butarbutar
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Menjadi Wartawan Pilihan Hidupku 09 Nov 2018 15:39 WIB


 
 
OPINI

Ideologi yang Terlupakan
Oleh : Nanda Harahap | 17-Des-2013, 19:16:44 WIB

KabarIndonesia - Dewasa ini siapa yang tak kenal dengan ideologi liberalisme, komunisme, dan fasisme? Ideologi-ideologi dunia yang sangat berkembang dan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap dunia. Tak sedikit pula yang mencoba masuk ke negara kita, menyisipkan pengaruhnya di sela-sela kemajuan perabadan. Lalu kita terlena dengan setiap kenyamanan yang diberikan, membuat kita melupakan suatu karya bangsa kita, Pancasila.

Mungkin suatu waktu nanti akan ada pertanyaan yang datang kepada kita: apa itu Pancasila, untuk apa ada Pancasila. Orang-orang akan melupakan hakikat Pancasila ini. Ir. Soekarno dengan usulannya dalam pembentukan Pancasila ini berharap bahwa Indonesia akan tumbuh dengan Pancasila sebagai ideologinya. Menggunakan Pancasila sebagai pegangan dalam menghadapi setiap problematika bangsa, bukan hanya dalam kalangan elite politik, tetapi juga hampir dalam setiap elemen masyarakat.

Namun fakta yang terjadi berkebalikan. Warga Indonesia sudah tak melihat lagi nilai dari Pancasila itu sendiri. Pancasila hanya seperti sebuah hiasan dinding di setiap ruangan-ruangan sekolah dan kantor di Indonesia. Publikasi tentang Pancasila dan nilai-nilainya juga sangat jarang dilihat di Indonesia. Pendidikan Pancasila dalam lembaga pendidikan hanya bersifat formalitas. Hal itu bisa dilihat dari beberapa anak pedalaman yang tidak hapal sila-sila Pancasila. Bagaimana kita bisa merealisasikan nilai Pancasila jika kita tidak mampu menghapal sila-sila itu?

Begitu pun dalam dunia perpolitikan. Elite politik bangsa, sebagai seorang aktor dalam dunia politik Indonesia, merupakan suatu kewajiban bagi mereka memberikan contoh tentang implementasi nilai Pancasila dalam kehidupannya. Akankah lingkup Pancasila adalah politik pada khususnya dan kehidupan pada umumnya? Tapi sayang para pemimpin kita telah melupakan semua itu.

Insiden G 30 S/PKI hanyalah sebuah tulisan sejarah menyakitkan tentang sebuah pengorbanan nyawa para pahlawan, tentang rasa sakit, tentang airmata dan keringat, dan tentang kesetiaan. Pengorbanan para pahlawan menjaga kemurnian Pancasila kini hanya tinggal tulisan sejarah.

Sampai kapan semua akan seperti ini? Akankah jasad yang tertimbun tanah itu hanya seonggok raga yang tak bernilai? Semua terletak di tangan kita sebagai masyarakat. Membangun kembali semangat kebangsaan, kecintaan pada karya bangsa, dan berani bertindak untuk kemajuan. Tidak hanya memprotes, tetapi juga memberikan solusi, dan memperbaikinya dari hal yang terkecil sebagai seorang warga negara, juga membangkitkan asa kemajuan dan memberi nilai untuk setiap rasa sakit para pahlawan kita.(*)


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra Dukung Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawaoleh : Rohmah S
12-Nov-2018, 10:18 WIB


 
  Astra Dukung Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Rini Soemarno (kedua kiri) didampingi Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas (kedua kanan) saat flag off Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa di Surabaya (12/11).
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia