KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
BudayaFida Abbott Promosikan Batik Melalui Peluncuran Buku Hibridanya oleh : Redaksi-kabarindonesia
10-Aug-2018, 04:59 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bila Anda salah satu penyinta media Harian Online KabarIndonesia (HOKI), maka nama Fida Abbott sudah tak sing lagi. Kiprahnya di HOKI sebagai salah satu pewarta warga sudah dimulai sejak bulan Desember 2006. Beberapa bulan kemudian, ia mendapatkan penawaran
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Rindu 28 Jul 2018 11:02 WIB

Hujan 28 Jul 2018 11:02 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Kampung Hijau Tentara Simbol Hubungan Baik TNI dan Masyarakat
Oleh : Iin Suwandi | 21-Jul-2018, 15:23:01 WIB

KabarIndonesia - Permukiman warga di Komplek Kayu Bulan, Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin Utara, Kalimantan Selatan, punya pemandangan yang menyegarkan dan unik di pandang mata. Lingkungan tersebut memiliki lukisan tiga dimensi berwarna-warni di jalan dan dinding bandungan.

Warga di Komplek Kayu Bulan Blok B1 RT/61 Kelurahan Sungai Andai ini, bukan semua anggota TNI, akan tetapi warga mempersolek lingkungannya karena simpati dengan TNI. Kampung ini sontak viral di dunai maya dan menjadi buah bibir di tengah masyarakat karena punya pemandangan menyegarkan.
Lingkungan tersebut memiliki lukisan tiga dimensi berwarna-warni di jalan dan dinding bandungan. Lukisan di kampung ini digagas oleh Agus Cahyo dan dikerjakan oleh seniman mural Andi Nurcahyono. Gambar tiga dimensi di kampung ini bertema alam dan beragam hal tentang TNI.  
Kreativitas seperti ini diapresiasi  karena jadi simbol hubungan baik antara TNI dan masyarakat serta mampu mendorong pariwisata di Banjarmasin. Kampung Hijau Tentara yang berada di Komplek Kayu Bulan Blok B1 Rt 61 Kelurahan Sungai Andai ini, nyata benar kekompakan anggota TNI bekerjasama dengan warga masyarakat lainnya untuk mempercantik lingkungannya. Bayangkan dinding-dinding rumah dicat dan digambar. Tapi ada satu keunikan, dimana semua cat dan gambar dibuat Army Look atau style tentara.  
Di Kampung Hijau Tentara, bukan rumah saja yang dicat warna hijau, tetapi tembok juga tong sampah pun dilukis tentara. Makanya warga di kampung tersebut menamakan Kampung Hijau Tentara, sebagai bentuk penghargaan kepada TNI untuk merubah lingkungan menjadi asri dan menjadi sasaran kunjungan parawisata. 
Simpati Kepada Tentara 
Menurut informasi yang kami ketahui ide ini tercetus oleh Agus Cahyo yang merupakan wraga di kampung tersebut. Sebagaimana yang telah dilansir oleh beberapa media terakhir ini Agus Cahyo menjelaskan bahwa munculnya ide untuk menamakan Kampung Hijau Tentara itu tidak lain rasa simpati kita dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).  
Agus Cahyo lebih jauh menjelaskan bahwa sesungguhnya TNI dekat dengan masyarakat dan selalu mengayomi masyarakat, kita ingin lukiskan semua soal TNI di kampung kita. Sebagaimana diketahui bersama bahwa meski tidak banyak anggota TNI di kampung tersebut, ada sebanyak 20 Kepala Keluarga yang sudah sepakat rumahnya dicat ala tentara.  
"Yang penting latar belakangnya hijau tentara. Kini masih terus dibuat dan dicat oleh warga untuk gotong-royong dan TNI masih menjadi terdepan untuk membantunya. Bantuan sudah pasti mendapat apresiasi dan sponsor seperti dari Koramil Banjarmasin Utara dan sumbangan warga serta dari pihak Jotun," tambah  Agus.  
Menurut rencananya ke depan lokasi tersebut akan dijadikan percontohan bagi daerah lain. Karena disamping untuk menambah kenyamanan masyarakat setempat juga akan dibuat areal bermain anak-anak dan tempat foto anak anak dengan gaya army look. Jadi harus diakui Tentara masih menjadi primadona dalam menjalin kerja sama dan gotong royong dalam masyarakat. Maka pantas saja kalau kampung hijau Tentara di Banjarmasin  menjadi simbol hubungan baik TNI dan masyarakat.  
Dengan hadirnya Kampung Hijau tentara ini, Banjarmasin kota seribu sungai selain memiliki destinasi wisata andalan seperti Pasar Terapung ternyata beberapa kelurahan di kota dengan maskot Bekantan ini memiliki beberapa julukan seperti kelurahan Sungai Jingah sebagai Kampung Kuliner dan kelurahan Sungai Andai sebagai Kampung seribu wajah julukannya pun makin bertambah dengan hadirnya Kampung Hijau Tentara.(*)    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Menuju Pulauku Nol Sampaholeh : Rohmah S
20-Jul-2018, 07:18 WIB


 
  Menuju Pulauku Nol Sampah Sejumlah karyawan Astra sedang membuat ecobrick dengan memasukkan sampah plastik ke dalam botol plastik bekas pada kegiatan sukarela karyawan di Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia