KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Pada Nukilan Buku Jokowi Utusan Semesta: Sekali Lagi Semesta Membuktikan Tidak Pernah Ingkar Janji bagian (5) kita telah melihat bagaimana Jokowi-JK yang saya istilahkan sebagai penumpang gelap Pilpres 2014 ternyata bisa mematahkan analisa dan prediksi banyak orang dengan
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sayapku Telah Patah 08 Jul 2019 10:34 WIB


 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

LOMBA TULIS: Terima Kasih HOKI!
Oleh : Lusia Gayatri Yosef | 20-Des-2010, 11:36:01 WIB

Saya mengenal HOKI dari sahabat saya. Saya masih ingat, saya sering bertanya kepada sahabat mengenai cara menulis dan mengirimkan artikel kepada HOKI. Saat pertama kali mengirimkan artikel, ada rasa takut dan tidak percaya diri dalam hati. Tema apa yang perlu saya sampaikan, bagaimana cara saya memulai kalimat pertama, pesan kemanusiaan apakah yang sebenarnya ingin saya ungkapkan dalam bahasa tulis, perubahan yang seperti apakah yang saya inginkan melalui bahasa tulis.
Sampai pada akhirnya, sejak tahun 2007 hingga sekarang, saya mulai membiasakan diri untuk mengirim artikel mengenai psikologi perkembangan anak dalam konteks pendidikan, pembinaan bakat, juga pembinaan keluarga. Tema-tema tersebut menjadi minat saya. Pada perjalananya, bagi saya pribadi sebagai seorang calon psikolog, menulis artikel diHOKI merupakan tantangan yang menyenangkan. Saya belajar untuk memahami istilah-istilah psikologi ke dalam bentuk bahasa tulis yang mudah dimengerti oleh pembaca. Jujur, hal tersebut termasuk sulit bagi saya. Ibarat sebuah perumpamaan yang pernah dikatakan oleh kakak saya "Lebih mudah memakai sepatu sendiri daripada mencoba memakai sepatu orang lain." Dalam durasi proses menulis, saya membutuhkan waktu 2 hingga 3 hari bahkan lebih untuk menuangkan gagasan ke dalam bentuk bahasa tulis. Terutama untuk menuangkan gagasan mengenai tema-tema khusus seputar psikologi.

Saat proses menulis, saya menemukan berbagai macam respon perasaan dalam diri saya. Saya bertemu rasa lelah, karena saya perlu berpikir untuk merangkai kata. Saya juga bertemu rasa senang dan bangga, saat membaca artikel saya diterima oleh HOKI. Ada perasaan terharu saat artikel yang satu tulis dimuat sebagai "berita utama". Saat menulis, saya juga belajar untuk mengekspresikan apa yang menjadi kegelisahan juga kegembiraan yang ingin saya bagikan melalui bahasa tulisan.
Melalui perjalanan menulis artikel, sampai pada akhirnya saya menemukan cara yang mudah bagi saya untuk memulai menulis. Cara tersebut adalah saya mengangkat pengalaman sehari-hari yang pernah saya temui ke dalam bahasa tulis. Hal tersebut memudahkan bagi saya untuk memulai bercerita isu psikologi perkembangan anak. Kemudian, saya mencoba menganalisa dengan teori. Proses tersebut membantu saya dalam hal memeriksa kembali pengetahuan yang telah saya miliki, juga pengetahuan yang masih perlu saya pelajari. Kiranya, menulis menjadi sebuah kegiatan untuk merefleksikankembali hal yang sudah diketahui dan menemukan hal yang belum diketahui.   

Mungkin, menjadi sebuah pertanyaan bila menulis artikel menjadi suatu yang sulit bagi saya, mengapa saya tetap berusaha untuk melatih diri menulis? Alasan saya tetap menulis artikel diHOKI adalah keyakinan saya bahwa tulisan saya pasti akan memberi sumbangsih kepada para pembaca. Keterampilan menulis juga pengetahuan saya semakin berkembang. Berdasarkan hal tersebut, saya memiliki komitmen terhadap diri saya untuk tetap menulis.

Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para editor yang sudah meluangkan waktu untuk membaca juga memperbaiki tata kalimat saya. Saya juga berterima kasih pada para pembaca yang sudah bersedia membaca tulisan saya. Juga meluangkan waktu untuk berdiskusi dan memberikan opini mengenai tulisan saya. Terima kasih, HOKI! 

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia