KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
InternasionalPelihara Bumi Ini Dengan Perdamaian (4): Tidak Ada Tuhan Kecuali Aku oleh : Tonny Djayalaksana
09-Okt-2019, 05:21 WIB


 
 
KabarIndonesia - Melalui perenungan diri, saya berharap akan bisa lebih menghayati agama dan juga lebih dapat menekuni jalan hidup sehari-hari. Saya memastikan diri bahwa menjadi Mualaf merupakan suratan dari jalan hidup saya, dan setelah menjadi mualaf saya merasakan perubahan 180
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Komedi Politik 02 Okt 2019 11:10 WIB

Antara Jarak dan Doa 21 Sep 2019 10:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Rayuan Gombal vs Cinta Sejati 11 Okt 2019 08:58 WIB


 
 
OPINI

LOMBA TULIS: Terima Kasih HOKI!
Oleh : Lusia Gayatri Yosef | 20-Des-2010, 11:36:01 WIB

Saya mengenal HOKI dari sahabat saya. Saya masih ingat, saya sering bertanya kepada sahabat mengenai cara menulis dan mengirimkan artikel kepada HOKI. Saat pertama kali mengirimkan artikel, ada rasa takut dan tidak percaya diri dalam hati. Tema apa yang perlu saya sampaikan, bagaimana cara saya memulai kalimat pertama, pesan kemanusiaan apakah yang sebenarnya ingin saya ungkapkan dalam bahasa tulis, perubahan yang seperti apakah yang saya inginkan melalui bahasa tulis.
Sampai pada akhirnya, sejak tahun 2007 hingga sekarang, saya mulai membiasakan diri untuk mengirim artikel mengenai psikologi perkembangan anak dalam konteks pendidikan, pembinaan bakat, juga pembinaan keluarga. Tema-tema tersebut menjadi minat saya. Pada perjalananya, bagi saya pribadi sebagai seorang calon psikolog, menulis artikel diHOKI merupakan tantangan yang menyenangkan. Saya belajar untuk memahami istilah-istilah psikologi ke dalam bentuk bahasa tulis yang mudah dimengerti oleh pembaca. Jujur, hal tersebut termasuk sulit bagi saya. Ibarat sebuah perumpamaan yang pernah dikatakan oleh kakak saya "Lebih mudah memakai sepatu sendiri daripada mencoba memakai sepatu orang lain." Dalam durasi proses menulis, saya membutuhkan waktu 2 hingga 3 hari bahkan lebih untuk menuangkan gagasan ke dalam bentuk bahasa tulis. Terutama untuk menuangkan gagasan mengenai tema-tema khusus seputar psikologi.

Saat proses menulis, saya menemukan berbagai macam respon perasaan dalam diri saya. Saya bertemu rasa lelah, karena saya perlu berpikir untuk merangkai kata. Saya juga bertemu rasa senang dan bangga, saat membaca artikel saya diterima oleh HOKI. Ada perasaan terharu saat artikel yang satu tulis dimuat sebagai "berita utama". Saat menulis, saya juga belajar untuk mengekspresikan apa yang menjadi kegelisahan juga kegembiraan yang ingin saya bagikan melalui bahasa tulisan.
Melalui perjalanan menulis artikel, sampai pada akhirnya saya menemukan cara yang mudah bagi saya untuk memulai menulis. Cara tersebut adalah saya mengangkat pengalaman sehari-hari yang pernah saya temui ke dalam bahasa tulis. Hal tersebut memudahkan bagi saya untuk memulai bercerita isu psikologi perkembangan anak. Kemudian, saya mencoba menganalisa dengan teori. Proses tersebut membantu saya dalam hal memeriksa kembali pengetahuan yang telah saya miliki, juga pengetahuan yang masih perlu saya pelajari. Kiranya, menulis menjadi sebuah kegiatan untuk merefleksikankembali hal yang sudah diketahui dan menemukan hal yang belum diketahui.   

Mungkin, menjadi sebuah pertanyaan bila menulis artikel menjadi suatu yang sulit bagi saya, mengapa saya tetap berusaha untuk melatih diri menulis? Alasan saya tetap menulis artikel diHOKI adalah keyakinan saya bahwa tulisan saya pasti akan memberi sumbangsih kepada para pembaca. Keterampilan menulis juga pengetahuan saya semakin berkembang. Berdasarkan hal tersebut, saya memiliki komitmen terhadap diri saya untuk tetap menulis.

Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para editor yang sudah meluangkan waktu untuk membaca juga memperbaiki tata kalimat saya. Saya juga berterima kasih pada para pembaca yang sudah bersedia membaca tulisan saya. Juga meluangkan waktu untuk berdiskusi dan memberikan opini mengenai tulisan saya. Terima kasih, HOKI! 

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utaraoleh : Sesmon Toberius Butarbutar
25-Sep-2019, 15:25 WIB


 
  Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara Camat Nassau Timbul Sipahutar (kiri) meninjau Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (25/09/2019)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia