KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Nyatakan Tiga Hari Berkabung Nasional atas Wafatnya Habibie oleh : Danny Melani Butarbutar
11-Sep-2019, 14:48 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Dikabarkan, pada hari ini Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 18,05 WIB, Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (B J Habibie), telah meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, pada usia 83 tahun. Jenazah almarhum telah diberangkatkan dari
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Siapa Kau Siapa Aku? 02 Sep 2019 10:28 WIB

AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Mengisi Aki Menggunakan Air Aki Biru Atau Merah

 
OPINI

Mengisi Aki Menggunakan Air Aki Biru Atau Merah
Oleh : Adis Setiawan | 24-Jun-2019, 10:30:08 WIB

KabarIndonesia - Selama ini dalam pemahaman warga, bahwa yang dinamakan air aki (biru) adalah air yang bersifat keras apabila terkena chasis mobil akan berkarat dan terkena kulit berbahaya gatal gatal. Padahal yang menyebabkan berkarat dan berjenis keras kena kulit gatal adalah Air Accu Zuur (merah). Air aki (biru) adalah air yang dimurnikan agar bebas dari timbal atau bisa disebut Aquades dan cara membuatnya lewat penyaringan.

Sebetulnya Air AC juga masuk kategori air murni karena bebas timbal, sedangkan Air Accu Zuur (merah) adalah air yang kemasannya berwarna merah atau juga disebut aki zuur. Didalamnya terkandung asam sulfat (H2S04) yang mengandung elektrolit, yaitu zat yang dapat menyimpan serta menghantarkan listrik. Dibanding air yang kemasan biru, cairan ini (Accu Zuur) cukup berbahaya karena jika terkena kulit akan dapat membuat gatal-gatal dan apabila terkena besi bagian dari chasis mobil akan berkarat.

Jadi yang untuk menambah air Aki jenis basah pada kendaraan anda apabila level airnya berkurang menggunakan Air Aki (Biru), Air ini apabila terkena bagian mobil tidak usah khawatir cukup dilap saja karena jenis air Aquades tidak berbahaya. Kenapa penambahan memakai Air Aki (Biru) Aquades karena pada saat aki digunakan pada mobil untuk perjalanan, maka mobil melakulan sistem charging dan kondisi air aki akan mendidih karena panas menguap lewat lubang kecil pada tutup aki.

Isi kadungan cairan pada aki basah adalah 70% Accu Zuur (Merah) dan 30% Air Aki (Biru), Jadi ketika ada sistem charging dari Altenator mobil, air Aki akan mendidih dan menguap dan berkurang maka perlu ditambah. Menurut Trainer pada saat saya masih training mekanik mengatakan bahwa yang menguap adalah kandungan jenis Air Aki (Biru) dengan teori merebus air kalau sudah mendidih lama kelamaan air akan habis apabila kompor tidak dimatikan. Makanya saat Air jenis aki basah levelnya berkurang yang ditambah menggunakan jenis Air Aki (Biru).

Sedangkan kegunaan Accu Zuur (Merah) untuk mengisi pada awalan aki yang berjenis aki masih kosong dari pabrikan. Air ini digunakan untuk menguras Aki. Biasanya opini masyarakat Aki yang sudah mulai soak akan dikuras dan diganti dengan Accu Zuur yang baru dan di cas ulang. Walapun terkadang belum tentu aki akan kembali maksimal karena ada beberapa faktor misalnya faktor usia aki dilihat dari kode produksi yang tertera pada aki. Biasanya umur aki sekitar 2 tahunan.

Untuk kedepan jangan salah beli yang untuk mengisi ketika air aki level berkurang menggunakan jenis Air Aki (Biru), Sebetulnya ada beberapa jenis aki yaitu GS Premium dari pabrikan masing kosong tidak ada air Akinya. GS Hyibrid dari pabrikan sudah ada airnya, low maintenance lebih berkurang penguapan air akinya. GS Maintenance Free bebas perawatan, biasanya disebut aki kering karena jenisnya tertutup tanpa ada lubang tutup air akinya, padahal didalamnya juga ada airnya cuma tidak perlu ditambah karena menggunakan sistem sirkulasi.The Trusted Parts Shop.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia