KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalOJK Umumkan Pemenang Annual Report Award (ARA) 2016: ANTAM Kembali Sabet Predikat Juara Umum oleh : Wahyu Ari Wicaksono
19-Sep-2017, 18:18 WIB


 
 
KabarIndonesia – Jakarta, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bekerja sama dengan Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Pajak, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), dan Ikatan Akuntan Indonesia kembali menggelar Annual Report Award (ARA) 2016.   Mengusung
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Surat Cinta Kepada-Nya 18 Sep 2017 14:09 WIB

Komputer 17 Sep 2017 09:59 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Pancasila Dianggap Slogan Kosong?
Oleh : Aulia Asep Ralla | 31-Des-2008, 14:11:44 WIB

KabarIndonesia - Kita semua prihatin melihat falsafah Pancasila pada saat ini hanya dianggap sebagai slogan kosong tanpa makna, padahal Pancasila sesunggguhnya merupakan sumber dari segala sumber hukum.

Persoalannya, arah ideologi kita seperti di persimpangan jalan. Lalu nilai-nilai yang kita anut itu semakin samar-samar di telan olah nilai-nilai ideologi lain, sehingga terjadilah  tindak korupsi, anarkis merebak di mana-mana.  Atas kenyataan ini, seluruh rakyat Indonesia seharusnya merasa terpanggil untuk menggelorakan kembali Pancasila dengan beragam cara, karena Pancasila merupakan jawaban atas berbagai persoalan bangsa saat ini, seperti merebaknya pengaruh neo liberalisme, serangan kapitalisme serta globalisasi.

Pancasila telah terbukti menjadi perekat dan penjaga kemajemukkan bangsa kita. Seharusnya kita bangga dan terus mengamalkan ajaran Pancasila yang digali para pendiri negara ini. Tetapi, karena nilai-nilai kearifan lokal semakin ditinggalkan, yang ada nilai-nilai demokratis yang kebablasan, sehingga mendorong orang atau kelompok untuk menyelesaikan masalahnya dengan tindakan anarkis seperti diantaranya demo mahasiswa, buruh, petani dan kasus-kasus lain di negeri ini, serta nilai-nilai kapitalis merdorong orang bertindak korupsi, yang mengakibatkan rakyat kita semakin miskin.

Atas kejadian ini semua, tentunya dari pihak lain yang bertujuan mengganti ideologi Pancasila dan yang ingin menghancurkan NKRI ini, “dia pasti ketawa, ha...ha...ha.. gua menang.” Oleh karena itu, seiring dengan semakin kurangnya pemahaman terhadap  Pancasila ini, mari seluruh lapisan masyarakat untuk meyakini kembali bahwa  "Pancasila sebagai Ideologi Pemersatu Bangsa.” Saatnya Pancasila kembali direvitalisasi sebagai dasar filsafat negara dan menjadi “prinsipa prima” bersama-sama norma-norma agama.

Sebagai prinsipa prima, maka nilai-nilai Pancasila dan norma-norma agama merupakan dasar untuk seluruh masyarakat Indonesia berbuat baik. Pancasila harus tetap efektif jadi pedoman bangsa bila Bhinneka Tunggal Ika tetap ingin terjaga. Pluralitas bangsa Indonesia sudah jadi kenyatan sehingga perlu kekuatan pemersatu melalui payung semangat Bhinneka Tunggal Ika.               

Kekuatan pemersatu bangsa bukan diposisikan sebagai penyatuan terhadap keragaman budaya bangsa, melainkan menjadi semangat dan simbol bagi bekerjanya secara demokratis setiap tradisi dan budaya yang ada. Itulah tugas  bangsa kita, Pancasila sebagai pedoman bangsa justru menemukan efektivitasnya bagi penguatan jati diri dan peningkatan produktivitas bangsa.

Sementara itu, khazanah budaya dan keragaman agama dapat menjadi "mata air" bagi kemajuan bangsa dan bukan malah menimbulkan malapetaka yang hanya menyengsarakan rakyat.

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera: http://www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Inspirasi 60 Tahun Astra Untuk Aman Berlalu Lintas di Medanoleh : Rohmah Sugiarti
18-Sep-2017, 21:14 WIB


 
  Inspirasi 60 Tahun Astra Untuk Aman Berlalu Lintas di Medan Head of Public Relations PT Astra International Tbk Yulian Warman didampingi Ketua Koordinator Wilayah Grup Astra Medan Sutadi (kanan) dan Ketua Panitia HUT ke-60 Astra di Medan Badrun Radhi (kiri) berdialog dengan rekan-rekan wartawan pada acara media gathering HUT ke-60
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia