KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Pengabdian Tentara di Pojok Desa
Oleh : Iin Suwandi | 10-Apr-2018, 14:27:55 WIB

KabarIndonesia - Tahukah anda bahwa satu-satunya tugas yang tak pernah berakhir adalah pengabdian seorang TNI (Tentara Nasional Indonesia). Jika dilihat dari tugas pokoknya, TNI bertugas untuk pertahanan negara. Tapi pada sisi lain TNI kerap melakukan tugas-tugas di luar tugas pokoknya, yaitu membantu kesulitan masyarakat di sekitarnya. Seperti yang sering kita lihat dan rasakan selama ini melalui program TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) TNI bersentuhan langsung dengan masyarakat di lapangan.

Dan, keseharian TNI yang telah membaur dalam masyarakat merupakan kebiasaan yang tak memiliki batas dan waktu.  Antara rakyat dan TNI telah menyatu dalam kehidupan sehari-hari. Makanya tidak heran pula jika keseharian TNI memiliki sensitifitas dalam membaca kebutuhan rakyat disekitarnya. Jika ada kendala yang dihadapi maka dapat dipastikan TNI segera  hadir untuk memberikan solusi.
 
Sebagaimana halnya yang terjadi  di Polewali Mandar beberapa waktu yang lalu, anggota TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (SATGAS) TNI Manunggal Membangun Desa  (TMMD) ke-101 Kodim 1402/Polmas di Desa Lenggo Kecamatan Bulo menyeberangkan anak sekolah menggunakan rakit bambu.  Berita ini sempat viral di berbagai media massa juga diberitakan oleh beberapa media nasional pada Sabtu (07/04) lalu.

Dalam pemberitaan seperti yang terlihat pada caption foto yang ditampilkan, Koptu Irwandi salah satu Anggota Satgas TMMD ke 101 dari Kodim 1402/Polmas berbekal keahliannya mengemudikan Landing Craft Rubber (LCR) di satuan lamanya Raider 700 Makassar berani mengemudikan Rakit Bambu untuk menyebrangkan anak sekolah melintasi derasnya arus Sungai Lenggo selebar 50 meter. Menurut  Kopral irwandi "Setelah saya coba mengemudikan rakit bambu ini tidak jauh beda ketika mengemudikan Landing Craft Rubber (LCR) disatuan lama saya dulu di Raider 700, Cara kemudinya sama saja cuma kekurangannya rakit ini tidak menggunakan mesin," ungkapnya.
  
Hal ini juga diutarakan oleh Kepala Desa Lenggo Andi Rusliamin mengatakan bahwa rakit bambu itu memang satu-satunya sarana penyeberangan warga Desa Lenggo, baik anak sekolah maupun para pedagang yang masuk ke desa ini. Siswa-siswi SDN 073 Galung banyak juga dari di Dusun Petabbangang Desa Peburru Kecamatan Tutar yang bersebelahan dengan desa ini karena jarak dari dusun Petabbangang ke SD Inpres  016 Patulang Dusun Kalittarung Desa Peburru berjarak sekitar 3 Km dengan ditempuh berjalan kaki. Sementara SDN 073 Galung Desa Lenggo jarak dari Dusun Petabbangan Desa Peburru hanya berjarak 1 Km meski harus menyebrangi sungai tapi jarak berjalan kami relatif lebih dekat.

Di tengah bangsa Indonesia yang sedang membangun ternyata masih ada saudara sebangsa yang tidak memiliki fasilitas untuk melakukan rutinitas kesehariannya. Kita hendaknya memberi apresiasi kepada TNI yang begitu peka terhadap kebutuhan rakyat disekitarnya. Dengan adanya program TMMD yang dilakukan oleh TNI secara langsung akan dapat menyentuh kebutuhan rakyat yang sesungguhnya.

Oleh karena itu sudah saatnya  kita memberikan dorongan kepada seluruh elemen bangsa untuk dapat bersinergi dengan TNI terus melakukan pembangunan dalam membantu masyarakat pedesaan yang masih sangat minim fasilitas dan prasarana yang dibutuhkan. Pembangunan akan dapat sukses jika semua pihak ikut bersama memberikan sumbangsih dalam membantu mempercepat pembangunan di berbagai pelosok negeri yang belum tersentuh.  

Pembangunan yang dilakukan untuk membantu masyarakat pedesaan yang membutuhkan. Program TMMD yang dilakukan oleh TNI menurut informasinya dilakukan tiga kali  dalam setahun. Dapat dibayangkan dengan program ini akan dapat segera membantu rakyat dalam memajukan pembangunan baik secara fisik maupun pembangunan mental agar bangsa ini makmur adil dan sejahtera.(*) 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia