KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Nyatakan Tiga Hari Berkabung Nasional atas Wafatnya Habibie oleh : Danny Melani Butarbutar
11-Sep-2019, 14:48 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Dikabarkan, pada hari ini Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 18,05 WIB, Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (B J Habibie), telah meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, pada usia 83 tahun. Jenazah almarhum telah diberangkatkan dari
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Siapa Kau Siapa Aku? 02 Sep 2019 10:28 WIB

AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Persiapan Puasa Sahur Dahulu

 
OPINI

Persiapan Puasa Sahur Dahulu
Oleh : Bang Rachmad | 19-Mei-2019, 15:43:06 WIB

KabarIndonesia - Banda Aceh, Syukur Alhamdullilah, umat Islam di Indonesia sudah dapat menjalankan ibadah puasa sejak hari Senin, 6 Mei 2019. Sahur merupakan awal yang penting untuk berpuasa karena memberi cadangan tenaga dari makanan yang dikonsumsi.<br />
Memilih menu makanan sahur sangat penting bagi mereka yang menjalani puasa. Memilih makanan yang tepat adalah kunci agar puasa lancar. Menjelang waktu imsak tentu saja kita dianjurkan untuk menikmati makan sahur.

Ada beberapa dalil tentang makan sahur seperti:
Sahur adalah makanan berkah, maka jangan kalian tinggalkan walaupun salah seorang dari kalian hanya meneguk seteguk air, karena Allh k dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur. [HR. Ahmad].
"Bersahurlah kamu sekalian, karena sesungguhnya dalam sahur itu terdapat barakah" [HR. Bukhari & Muslim].

Beberapa kaidah penting dari definisi melaksanakan sahur. Karena sahur menjadi sebab doa & dzikir dikabulkan, termasuk digunakan untuk memperbanyak sholat malam saat waktu sahur. Sahur memberi kekuatan saat menjalankan ibadah puasa.Sahur menambah kekuatan untuk rajin beribadah. Sahur menghindarkan perilaku buruk akibat rasa lapar. Sahur termasuk dalam meneladani sunnah Nabi SAW.

Untuk makan sahur sangat dianjurkan di akhir waktu dan jangan banyak begadang yang tidak perlu. Sahur adalah "modal energi" kita untuk menjalankan ibadah puasa seharian. Karena itu, mengonsumsi makanan yang tepat akan membuat ibadah puasa tidak terasa berat.

Saat sahur, disarankan tetap menerapkan porsi piring makanku dengan menu bergizi seimbang, seperti kita makan siang di hari biasanya. Kurangi makan makanan yang terlalu manis atau asin. Gula dan garam itu sifatnya menarik cairan tubuh, sehingga kita akan lebih sering buang air kecil. Kalau banyak kencing, kita akan cepat haus.

Rasa haus adalah salah satu mekanisme tubuh yang memberi tanda bahwa cairan tubuh berkurang (kekurangan cairan). Saat sahur, disarankan untuk memperbanyak minum air putih. Hal ini penting untuk menjaga kadar air di dalam tubuh agar jangan sampai kekurangan cairan. Minum yang banyak, jangan malas takut sering ke kamar mandi. Justru kita sangat disarankan saat sahur itu harus minum yang banyak.

Makanan pedas dan bersantan sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur, karena makanan tersebut sulit dicerna dengan dengan baik dan sempurna, sehingga akan akan menghasilkan asam ke lambung. Makanan pedas dan bersantan juga bisa mengiritasi lambung, perut kembung, menyebabkan gangguan pencernaan, hingga memicu produksi asam lambung sehingga menimbulkan penyakit maag.

Berikut tips sahur sehat yang bisa Anda terapkan selama puasa sebulan penuh:
1. Minum Air
2. Konsumsi buah-buahan
3. Konsumsi makanan mengandung zat besi
4. Karbohidrat kompleks
5. Lauk pauk
6. Hindari makanan digoreng
7. Magnesium dan potassium

Alternatif terakhir adalah siapkan buah kurma, bila waktu imsak sudah dekat dan tidak sempat makan seperti biasa, maka bisa makan buah kurma untuk menambah energi di siang hari. Saat ini juga telah tersedia Sari Kurma cair yang siap kita konsumsi agar kuat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1440 H. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia