KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
YUUK DEMO NGEPUNG SURGA! 27 Jun 2020 06:33 WIB

 

Ramalan Anda untuk Tahun 2008

 
OPINI

Ramalan Anda untuk Tahun 2008
Oleh : Yohanes | 30-Des-2007, 13:44:06 WIB

KabarIndonesia - Pada umumnya buku-buku ramalan di awal tahun selalu menjadi best seller. Entah itu ramalan horoskop maupun shio. Banyak orang yang ingin mendapatkan bocoran mengenai nasib maupun hokie di tahun 2008 ini. Dari semua ramalan itu hanya satu saja yang sudah dapat dipastikan; hokie besar di awal tahun ini pasti akan diraih oleh sang penulis dan penerbit dari buku itu sendiri, karena bukunya jadi laris.

Menulis buku ramalan ini sangat menyenangkan, sebab tidak akan ada orang yang ngambek ataupun minta ganti rugi apabila ramalannya meleset. Selain itu dapat royalti cukup besar. Berbeda dengan Mang Ucup yang menulis salah sedikit saja langsung dipentungin oleh banyak orang.

Kata horoskop diserap dari bahasa Yunani = „horoskopos" yang berarti melihat jam. Melalui jam waktu kelahiran seseorang bisa ditentukan selain lambang zodiac dari orang tersebut juga bisa diramal mengenai sifat kepribadian maupun jalan hidupnya dari orang itu.

Astrologi atau ilmu perbintangan kata ini juga diserap dari bahasa Yunani, yang berdasarkan letak posisinya dari berbagai benda langit mereka bisa meramalkan nasibnya seseorang.

Astrologi sudah dikenal sejak jaman Babilonia sekitar 4.000 tahun yang lampau. Pada saat sekarang ini ada tiga macam astrologi yang cukup dikenal ialah astrologi barat, astrologi Tionghoa (shio) dan astrologi India (Iyotisha).

Astrologi Tionghoa adalah astrologi yang tertua, walaupun mereka menggunakan hewan sebagai lambang, tetapi ini tetap ada kaitannya dengan ilmu perbintangan. Lima elemen utama dari ramalan ini adalah Venus = metal (emas), Jupiter = kayu, Mercury = air, Mars = api dan Saturn = tanah. Seni ramalan yang sesungguhnya dalam astrologi Tionghoa lebih dikenal dengan sebutan Zi Wei Dou Shu (Ramalan Bintang Ungu). Tahun ini tahun babi api (ding hai) dan tahun depan disebut tahun tikus tanah (wu zi). Tikus adalah arah utara sebagai unsur dia adalah air, sebagai warna dia adalah hitam atau biru.

Kalau kita mendefinisikan rasanya gula itu jelas semuanya akan sepakat bahwa gula itu manis rasanya, tetapi dalam soal ramal meramal itu belum tentu. Orang boleh memprediksikan waktu dan tahun yang sama maupun letak posisi bintang yang sama, tetapi hasilnya bisa berbeda. Peramal satu memprediksikan bahwa tahun 2008 ini adalah tahun keberuntungan sedangkan yang lain menilai agar kita lebih mawas diri. Jadi sukar bagi kita untuk percaya kepada ramalan si A ataukah si B. Walaupun demikian sang penulis buku ramalan tidak perlu khawatir, sebab telah terbuktikan berdasarkan hasil dari jajak pendapat 80% dari responden percaya akan kebenaran dari ramalan mereka. Kenapa demikian?

Dalam istilah psikologi ini lebih dikenal dengan sebutan Barnum efek atau Forer efek kita otomatis bisa menerima dan mempercayai pendapat seseorang, karena dari awal mulanya kita sudah terpengaruhi. Misalnya apabila kita membeli buku ramalan berarti secara tidak langsung kita sudah terpengaruh dan percaya bahwa buku ramalan ini ada manfaatnya bagi kita oleh sebab itu untuk kelanjutannya kita akan percaya bahwa apa yang ditulis dibuku tersebut itu benar.

Di Eropa pernah diadakan test untuk menguji para pakar astrologi, untuk mengetahui di mana letak posisinya ke delapan planet-planet besar, ternyata pengetahuan yang sedemikian mudah dan mendasar sekalipun juga lebih dari 70% tidak dapat mengetahuinya. Bagaimana mereka bisa menghitung dan mengartikan nasib orang lain, apabila letaknya saja sudah tidak tahu di mana?

Berdasarkan test lainnya yang dilakukan oleh majalah Stern dari semua ramalan para astrologi yang paling top di Eropa, ternyata dari hasil keseluruhan ramalannya selama satu tahun hanya tiga persen saja yang mungkin secara kebenaran telah menjadi kenyataan alias jitu ramalannya.

Berbagai macam aliran agama menilai, bahwa ramal-meramal itu haram, tetapi apakah anda tahu bahwa koran Suara Merdeka adalah koran online nomor tiga yang paling banyak pengunjungnya, karena di situ kita bisa membaca astrologi Jawa. Tidak bisa dipungkiri di berbagai macam majalah wanita, yang menjadi rubrik tetap yang ngetop adalah Horoskop. Dan jawablah dengan jujur kalau kita tidak percaya akan segala macam bentuk ramalan kenapa di lain pihak kita selalu mencari hari dan waktu yang baik untuk melakukan hari pernikahan, bukankah ini juga bisa disamakan seperti percaya akan ramalan?

Nabi Jusuf menafsirkan ramalan dari suatu impian, begitu juga banyak nabi-nabi lainnya meramal; hanya mungkin istilah atau sebutannya saja yang berbeda. Kalau kita pergi ke tukang kwamiah atau tukang ramal ini disebut haram dan dosa, tetapi kebalikannya apabila seorang pembimbing agama bernubuat (meramal) ini tidak haram bahkan harus di Amin-kan.

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 
Kemendiknas Luncurkan #Teman KIP 05 Aug 2020 10:35 WIB


 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia