KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Lingkungan HidupHARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 5 JUNI 2019: Bersama Kita Lawan Polusi Udara oleh : Danny Melani Butarbutar
06-Jun-2019, 03:45 WIB


 
 
KabarIndonesia - Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Juni. Pada tahun ini mengambil tema melawan polusi udara #BeatAirPollution. Peringatan ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran global untuk melakukan aksi positif bagi perlindungan pada
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Kejagung Tunggu SPDP Kasus Makar 24 Mei 2019 17:39 WIB

 
Puisi-Puisi Silivester Kiik 17 Jun 2019 15:16 WIB

Sayap Muratara 17 Jun 2019 15:14 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Satgas Indobatt Tuan Rumah Latihan Bersama Seceast UNIFIL dengan LAF di Lebanon
Oleh : Iin Suwandi | 07-Feb-2019, 05:22:25 WIB

KabarIndonesia - Satgas Indobatt dipercaya menjadi tuan rumah Latihan Bersama (Latma) antara Komando Seceast (Sector East atau Sektor Timur) UNIFIL dengan Lebanese Armed Force (LAF). Tersebut disampaikan Dansatgas Indobatt XXIII-M/UNIFIL Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya, dalam rilisnya di Lebanon, Selasa (5/2/2019).

Dijelaskan Dansatgas, kehormatan yang diberikan oleh Komando Sektor Timur UNIFiIL tersebut, menjadikan tantangan tersendiri bagi dirinya dan seluruh jajarannya. "Dalam mengatasi berbagai permasalahan di lapangan, terkadang jauh berbeda dengan teori yang pernah diterima dalam pendidikan. Terlebih bagi pasukan yang tergabung dalam misi perdamaian,"ungkapnya.
   
"Tidak hanya kultur dan budaya militernya saja, namun juga perilaku individu dan bahasa bahkan gestur pun dalam penugasan seperti ini perlu dipahami bersama," imbuhnya.   
Jika tidak, maka menurut Arfa, akan berpengaruh dalam pelaksanaan tugas.  
"Untuk menjalin kesamaan persepsi dalam melaksanakan tugas sebagai peacekepers, maka diperlukan suatu bentuk latihan bersama,"tambahnya. 

Mengingat kebutuhan tersebut, lanjutnya, dibawah bendera PBB, UNIFIL (United Interm Force In Lebanon) menggelar latihan bersama yang melibatkan seluruh pasukan yang berada di jajaran Seceast (Sektor Timur) termasuk Lebanese Armed Force (LAF).   
"Latihan bersama atau lebih dikenal dengan istilah Joint Training With LAF, dengan materi Patrol kali ini dilaksanakan di Markas Indobatt UNP 7-1 Adchit Al Qusayr Lebanon,"jelas Arfa Yudha.
   
Menurut dia, kegiatan yang akan berlangsung selama lima hari (4 s.d. 8 Februari 2019) ini, merupakan program latihan dari Seceast UNIFIL yang berkoordinasi dengan pihak LAF. 
Adapun materi latihan yang akan diberikan meliputi materi komunikasi radio, perencanaan dan pelaksna patroli jalan kaki dan kendaraan, kesehatan lapangan, evakuasi medis, dan penanganan demonstran.
   
"Latihan ini ditujukan untuk menyamakan persepsi dan menjalin kerja sama antar satuan jajaran Seceast dan LAF, dalam menjalankan misi perdamaian di wilayah Lebanon, sesuai dengan Mandat UNIFIL 1701,"terang lulusan Akmil 2002 ini. "Kemudian 24 peserta, merupakan perwakilan dari satuan yang ada di jajaran Sektor Timur UNIFIL seperti Spanbatt, Indbatt, Nepbatt, Sempu, Task Force Alfa, Task Force Bravo serta Indobatt,' sambungnya.
  
Terkait dengan pelaksanaan latihan, Arfa menjelaskan, bahwa seluruh materi diselenggarakan di dalam ruangan (teori) dan luar ruangan/lapangan (praktek). "Instrukturnya berasal dari perwakilan tiap-tiap negara (kontingen jajaran Sektor Timur ), pemberian materi secara bergantian,"sambungnya. "Sedangkan untuk mempermudah penyerapan para peserta, diikutsertakan Language Asisstance (LA) dari masing-masing negara, sebagai penterjemah, sehingga setiap materi yang disampaikan dapat diterima dan dimengerti oleh seluruh peserta termasuk personel LAF,"imbuhnya.
 
Pada saat membuka latihan tersebut, Arfa juga berpesan, agar seluruh peserta dapat berkerja sama dengan baik dan mengikuti latihan secara antusias."Kita berharap latihan ini dapat meningkatkan kemampuan personel tercapai secara maksimal, serta terjalinnya hubungan yang baik antara UNIFIL dan LAF untuk menunjang pelaksanaan tugas pokok kedua belah pihak,"pungkasnya.(*)  

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia