KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahUsulan Pembentukan Wartawan Unit DPRD Tidak Dijawab Pemkab Serdang Bedagai oleh : Agus Suriadi
21-Nov-2017, 20:36 WIB


 
 
Kabar Indonesia - Serdang Bedagai, Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sergai terkait pembahasan R-APBD Sergai TA 2018, Kamis (16/11)  di gedung DPRD Sergai, Dusun II Desa Firdaus, Sei Rampah.Sambil menyampaikan pandangan umum Fraksi, tiga fraksi antara lain
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Setelah Survey Ekonomi 2016 BPS Segera Siapkan Survey Biaya Hidup 2018
Oleh : Rahma Nurhamidah | 14-Nov-2017, 10:42:07 WIB

KabarIndonesia - Sensus Ekonomi 2016 (SE 2016) baru selesai dilaksanakan. SE 2016 merupakan sebuah sensus ekonomi yang diharapkan dapat memberikan potret kondisi perekonomian di Indonesia.

Meskipun SE 2016 telah selesai, BPS tidak berdiam diri dan segera menyiapkan sensus atau suvei selanjutnya yaitu Survei Biaya Hidup 2018 atau yang lebih dikenal dengan sebutan SBH 2018. Berbicara mengenai SBH, berkaitan langsung dengan inflasi atau deflasi yang lebih diketahui oleh masyarakat awam sebagai kenaikan atau penurunan harga. Berbicara mengenai kedua istilah ekonomi tersebut, ternyata kedua nilai tersebut dihasilkan dari penghitungan IHK.

Tahukah Anda apa kaitannya IHK dengan SBH 2018 dan kenapa harus SBH 2018? Menilik kedua hal tersebut, Anda harus mengetahui tujuan dilaksanakannya SBH 2018. SBH 2018 adalah survey pengeluaran konsumsi rumah tangga di daerah perkotaan (urban area). Kepala BPS RI, I Kecuk Suhariyanto dalam sambutan pembukaan Pelatihan Innas SBH 2018 (Bandung, 23/10/2017), menyebutkan bahwa, Urban area dipilih karena pada umumnya pola konsumsi daerah perkotaan lebih bervariasi, yang mana non makanan lebih diprioritaskan dibandingkan makanan.

Rumah tangga di daerah perkotaan menganggap kebutuhan konsumsi non makanan dapat diperoleh dengan mudah tanpa harus takut memikirkan tercukupi atau tidaknya konsumsi makanan, yang secara tidak langsung menunjukkan tingkat kesejahteraan dan kemampuan ekonominya lebih baik dibandingkan pedesaan.

Salah satu bahan dasar penghitungan IHK adalah SBH. SBH dilaksanakan 5 tahun sekali. Saat ini IHK dihitung berdasarkan SBH tahun 2012, yang merupakan survey yang ke-6 sejak pertama kali dilaksanakan. Perkembangan teknologi informasi, perubahan pendapatan masyakat, perubahan pola penawaran dan permintaan barang/jasa, perubahan kualitas dan kuantitas barang/jasa serta perubahan sikap dan perilaku masyarakat dapat mengubah pola konsumsi masyarakat, misalnya pada tahun 2012 masih tersedia tape recorder namun pada tahun 2017 tidak tersedia lagi komoditi tersebut. 

Dulu untuk berbelanja, kita terlebih dahulu harus mengunjungi pasar atau took untuk memperoleh barang tersebut. Namun sekarang sudah berkembang dan semakin marak pemesanan barang lewat aplikasi online seperti shopee, lazada, gojek, gocar, dll seiring perkembangan teknologi. Perubahan tersebut mengakibatkan paket komoditas dan diagram timbang hasil SBH 2012 sudah tidak sesuai lagi untuk menggambarkan pola konsumsi rumah tangga saat ini secara tepat. 

Oleh karena itu, dibutuhkan SBH 2018 untuk menghasilkan paket komoditas dan diagram timbang terbaru dalam penghitungan IHK. Dengan adanya SBH 2018, nantinya akan diperoleh IHK dengan tahun dasar baru untuk dapat menggambarkan pola konsumsi rumah tangga saat ini yang lebih tepat.

SBH 2018 dilaksanakan di 90 kota, salah satunya adalah kota Pangkalpinang yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. SBH 2018 direncanakan akan dilaksanakan di salah satu hotel di Pangkalpinang pada tanggal 27-30 November 2017. Dengan adanya SBH 2018 diharapkan dapat diperoleh paket komoditas dan diagram timbang untuk memperbaharui IHK tahun dasar 2012.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Memahami Inflasi Lebih Dalam 21 Nov 2017 03:39 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia