KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Batik adalah Indonesia 13 Okt 2018 19:47 WIB

Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 
 
OPINI

TNI AD Kirim Alat Berat Bantu Pemulihan Gempa Lombok
Oleh : Iin Suwandi | 08-Aug-2018, 13:58:10 WIB

KabarIndonesia - TNI Angkatan Darat mengerahkan 100 prajurit beserta alat berat dari Batalyon Zeni Konstruksi (Yon Zikon)-13/Karya Etmaka ke Lombok. Prajurit ini akan membantu evakuasi korban yang banyak membutuhkan alat berat, terutama untuk membersihkan puing-puing dan memulihkan bangunan yang hancur akibat gempa Lombok.

Selain membawa 100 prajurit TNI dari Yon Zikon 13/KE, KRI Teluk Parigi 359 juga membawa material berupa kendaraan angkut berat, seperti 3 unit NPS, 1 unit Truk Tangki BBM, Ran Kodal, truk tangki air. 
Sejumlah alat berat dan alat lainnya yang turut dibawa, yakni angkut berat Zeni (dumptruck 5 ton 5 unit, crane cargo, selfloader); alat berat Zeni (3 unit backhoe loader, 3 unit exca PC 70, 1 unit RO, 3 unit forklift dan lighting tower, 2 unit dozer D3); alat perkakas Zeni (5 set toolkit batu, 4 set toolkit kayu, 2 set toolkit listrik, 3 unit genset 10 kva, 2 unit alat potong serbaguna, 2 unit chainsaw).  

Selain itu, ada alat komunikasi (HT dan Megaphone) serta alat pendukung lainnya, seperti  3 set tenda pleton, 1 set tenda regu, 4 buah meja lapangan, 20 buah kursi lapangan, 100 buah fieldbed, 5 set kompor lapangan,  2 set Adurlap, 1 set alat kesehatan, 3 set terpal dan 10 buah drum BBM. 

Dengan dikerahkannya kekuatan Zeni tersebut, diharapkan dapat mempercepat proses pembersihan puing-puing reruntuhan dan pemulihan bangunan akibat gempa, sehingga masyarakat korban gempa dapat kembali ke kediamannnya masing-masing. 

Untuk membantu menyalurkan bantuan masyarakat yang terkena korban gempa bumi, Tentara Nasional Indonesia juga membuka Posko di Gedung Suma 3, VIP Room Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. 

Sertakan Tim Psikologi  
Selain prajurit Zikon, TNI juga mengirimkan Tim Psikolog tiga matra (Trimatra) TNI membantu memulihkan kesehatan mental dan psikis korban bencana alam gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tim ini terdiri dari enam orang perwira dari Dinas Psikologi AD, AL, dan AU. Masing-masing angkatan mengirimkan dua orang psikolog. 
Tim Psikologi TNI beranjak menuju Lombok sejak Rabu kemarin(1/8).

Sebelumnya, tim akan mendata para korban dengan menggunakan metode need assessment & need analysis. Tujuannya untuk mengetahui seberapa banyak korban terdampak stres pascagempa dan seberapa dalam tingkat trauma yang dialami oleh para korban. Dari hasil analisa tersebut, akan diketahui bentuk metode intervensi apa saja yang efektif untuk diberikan. 

Langkah selanjutnya, Tim Psikologi akan melaksanakan kegiatan mental healing yaitu berupa kombinasi terapi dengan teknik yang simultan kepada para korban. Intervensi yang diberikan, diharapkan dapat menanggulangi PTSD (post traumatic stress disorder) yang dialami para korban, sehingga mereka segera bisa melakukan aktivitas sehari-hari secara normal tanpa rasa trauma. 
Salah satu psikolog anggota tim, Mayor Inf Kurniawan R. mengungkapkan, terdapat berbagai kegiatan intervensi yang kemungkinan besar akan dilakukan oleh tim ini. "Rencananya, kami juga akan berupaya mengembalikan kondisi emosional para korban dengan beberapa teknik emotional behavioral therapy, cognitive behavior therapy (CBT), dan hypnotherapy," ujarnya.  

"Selain itu juga untuk meningkatkan kondisi motivasi para korban, dengan berbagai metode motivation training," ungkap Psikolog TNI yang sehari-hari bertugas di Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad) ini. 
Kita patut memberi apresiasi kepada TNI karena dengan cepat mengirimkan pasukan untuk membantu saudara kita yang tertimpa musibah. Derita mereka adalah derita kita juga, karena kita satu saudara sebangsa dan se tanah air.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Manfaat Membaca 22 Sep 2018 15:12 WIB

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia