KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahUsulan Pembentukan Wartawan Unit DPRD Tidak Dijawab Pemkab Serdang Bedagai oleh : Agus Suriadi
21-Nov-2017, 20:36 WIB


 
 
Kabar Indonesia - Serdang Bedagai, Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sergai terkait pembahasan R-APBD Sergai TA 2018, Kamis (16/11)  di gedung DPRD Sergai, Dusun II Desa Firdaus, Sei Rampah.Sambil menyampaikan pandangan umum Fraksi, tiga fraksi antara lain
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

VAS: Metode Baru Pelayanan Pajak di Indonesia Online
Oleh : Santi Dewi | 01-Jan-2009, 00:05:02 WIB

KabarIndonesia - Bangsa Indonesia tidak luput dari dampak kemajuan teknologi. Seiring berjalannya kemajuan IT dan telekomunikasi di Indonesia perlu adanya penstabilan dalam pelayanannya kepada masyarakat. Dunia usaha mengalami kemajuan yang sangat pesat dengan diikuti berkembangnya IT dan telekomunikasi. Untuk itu perlu adanya pelayanan yang dapat menuntun masyarakat di Indonesia berpikir maju.

Dari dulu pelayanan ke publik masih bersifat tradisional yakni dengan pengarahan secara langsung terjun ke masyarakat atau dengan cara masyarakat mendatangi tempat pelayanan publik. Seiring berjalannya waktu kita perlu merubah sedikit prosedur dengan media online seluler sebagai faktor pendukung dalam pelayanan publik tersebut.

Kita ambil beberapa bidang yang berhubungan dengan pelayan publik yang sangat mendasar dan perlu metode baru dalam pelayanannya, untuk itu Media seluler lebih cepat membantu dalam pelayanan ke publik. Bidang tersebut antara lain:



1. Direktorat Departemen Perpajakan

Departemen ini sangat berhubungan dengan masyarakat secara intensif. Maka perlu adanya seluler yang bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuat terobosan baru dengan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat. Sebenarnya ada hal sederhana tentang perpajakan yang belum diketahui masyarakat dan itu perlu seluler gali. Seperti Sunset policy yang saat ini belum selesai di akhir 2008 dan mengalami perpanjangan waktu. Dengan mengambil peluang bisnis ini seluler selain dapat meningkatkan pelayanannya juga dapat turun serta dalam rangka mempercepat program pemerintah dalam dunia perpajakan. Selain Membantu dengan membuat aplikasi tersebut seluler bisa membuat aplikasi lain seperti perhitungan PPh Pasal 21 atau yang lainnya yang mungkin bagi kaum Accounting itu adalah hal mudah namun tidak bagi usahawan menengah kebawah yang masih memerlukan bimbingan dalam pelaporannya.


2. Bidang Keamanan dan Administrasi

Seperti kita ketahui bahwa masih banyak ditemukan kesulitan dalam mengurus administrasi di Indonesia. Maka perlu adanya layanan seluler yang membantu dengan membuat aplikasi bagi masyarakatnya. Dengan cara sederhana, yakni duduk tenang sambil membuka handphone melakukan transaksi maupun mencari bantuan dalam mengurusnya. Jika ada cara pembayaran yang lebih mudah, yaitu mengurangi pulsa si pemakai dengan sendirinya proses pembayaran administrasi bisa dilaksanakan dan dapat dilakukan kapan dan dimanapun.

Bidang Keamanan juga sangat perlu mengadakan perubahan pelayanan yang dengan cara membuat aplikasi sederhana namun dapat dimengerti oleh masyarakat. Dengan aplikasi dimulai dengan pemberian informasi tentang keamanan suatu tempat bisa berkembang dengan pemberian informasi lainnya. Selain seluler dapat membantu masyarakat dalam memperoleh rasa aman seluler secara tidak langsung membantu mengamankan negeri ini.


3. Bidang Kesehatan
 

Pelayanan kesehatan kepada masyarakat juga perlu mendapatkan perhatian oleh seluler sehingga masyarakat tidak mengalami keterlambatan bantuan dalam pelayanan kesehatan. Aplikasi tidak harus dibuat sulit sehingga dapat diterapkan tidak hanya bagi kalangan menengah ke atas namun juga dapat menembus lapisan masyarakat menengah ke bawah. Perlu kita ketahui bahwa seluler tidak hanya buat pelanggan kalangan menengah ke atas namun juga merupakan milik kalangan menengah ke bawah.


4. Bidang Pendidikan

Pelayanan publik yang satu ini mungkin sangat riskan untuk dibicarakan. karena jika terlalu jauh melangkah bisa menyinggung peran serta guru dalam mendidik siswanya. Seluler perlu membuat aplikasi dunia pendidikan dan pelayanannya dengan seimbang sehingga tidak bertabrakan dengan kodrat guru sebagai pembimbing dan pengajar bagi siswanya.

Mungkin beberapa bidang tersebut di atas cukup mewakili dalam perubahan pelayanan publik dari tradisional ke metode seluler. Untuk bidang yang lainnya dapat berjalan dengan sama serta beriringan sesuai perkembangan jaman. Namun perlu diingat Seluler sudah menjadi salah satu bagian dari hidup masyarakat di Indonesia, oleh karena itu tidak ada salahnya seluler memulai terobosan baru tersebut.


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Memahami Inflasi Lebih Dalam 21 Nov 2017 03:39 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia