KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Pada Nukilan Buku Jokowi Utusan Semesta: Sekali Lagi Semesta Membuktikan Tidak Pernah Ingkar janji bagian (10), telah saya sampaikan alasan-alasan kenapa KH Ma'ruf Amin merupakan salah satu sosok yang paling tepat mendampingi Jokowi dalam Pilpres 2019 kemarin.
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
JENUH 17 Jul 2019 15:06 WIB

Sayapku Telah Patah 08 Jul 2019 10:34 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
PWI Jaya Gelar Orientasi Wartawan 17 Jul 2019 16:02 WIB


 

Waspada Pengeluaran Tak Terduga di Bulan Ramadhan

 
OPINI

Waspada Pengeluaran Tak Terduga di Bulan Ramadhan
Oleh : Setyo Sudirman | 08-Mei-2019, 05:52:24 WIB

KabarIndonesia - Minggu depan kita sudah memasuki minggu kedua Ramadhan. Semoga puasanya lancar terus sampai hari kemenangan tiba. Biasanya kalau sudah masuk minggu kedua Ramadhan, banyak sahabat, teman dekat, saudara hingga rekan kerja mengajak untuk buka puasa bersama. Cek saja di WhatsApp group kita, pasti sudah ramai ngomong acara bukber dimana-mana. Mulai dari group alumni SD sampai alumni kampus hingga rekan rekan kerja, belum lagi kalau sobat terlibat aktif di komunitas tertentu, pastinya banyak juga yang ngajakin bukber kan. Tawaran bukber datang dari mana-mana.

Memang benar, kumpul bareng teman lama itu bisa menjalin tali silaturahmi. Akan tetapi, kita juga harus melihat kondisi keuangan kita. Jangan sampai karena terlalu sering bukber, kantong bisa jebol.

Nah, untuk mengatasi pengeluaran yang tak terduga tersebut, sebaiknya sobat sudah punya alokasi untuk pengeluaran tersebut ya, misalnya sobat punya budget Rp 500.000,- untuk alokasi bukber. Setelah punya budget, tentu harus diprioritaskan mau bukber dengan siapa saja alias jangan semua ajakan bukber diiyakan. Lagi pula, kumpul sama rekan-rekan dekat nggak harus pas bulan Ramadhan kan.

Selain soal bukber, pengeluaran lainnya yang tak kalah penting adalah jajanan menjelang berbuka. Setelah seharian kita berpuasa, tentu kita berharap ketika waktu berbuka tiba, kita dapat makan makanan yang enak. Nah, jajan di luar boleh boleh aja sobat, tetapi jangan setiap hari kita jajan terus untuk berbuka, ya selingi juga dengan masakan di rumah.

Untuk kegiatan jajan di luar ini, juga selayaknya dikontrol. Oleh sebab itu, alokasikanlah budget sedetail mungkin agar sobat dapat mengerem pengeluaran jajan. Jika budgetnya sudah menipis, sebaiknya tidak jajan. Masak di rumah, selain lebih sehat, juga terbukti lebih hemat.

Jika sudah bisa mengontrol diri dan menaati budget yang dianggarkan, niscaya dapat mengalokasikan budget yang lainnya juga, misalnya budget untuk investasi. Pasalnya, masa puasa adalah masa yang tepat untuk meningkatkan investasi.

Pengeluaran yang biasanya dialokasikan untuk makan siang tentu bisa dialokasikan di tabungan modern yang mudah, terjangkau, dan sangat menguntungkan seperti di reksa dana MNC Dana Lancar. Hanya dengan Rp 100.000, siapa pun sudah bisa menabung melalui aplikasi IPOTPAY dan berhak atas imbal hasil (return) di atas bunga tabungan konvensional dan deposito. Imbal hasil hasilnya 7-9% per tahun. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia