KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilMelani Butarbutar: Tekad Putra Samosir, Melayani Aspirasi Rakyat Sepenuh Hati oleh : Wahyu Ari Wicaksono
05-Nov-2018, 09:11 WIB


 
 
KabarIndonesia - Mengawali karir sebagai CPNS tahun 1976 di kantor Camat Simanindo Ambarita (Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara) dengan pangkat/golongan Juru Muda Tingkat I (I/b), pada Februari tahun 2017 lalu, Danny Melani Michler Hotpantolo Butarbutar atau biasa disebut Melani Butarbutar
selengkapnya....


 


 
BERITA PROFIL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Menjadi Wartawan Pilihan Hidupku 09 Nov 2018 15:39 WIB


 

Wawancara dengan Ibu Dr. BRA Mooryati Soedibyo

 
PROFIL

Wawancara dengan Ibu Dr. BRA Mooryati Soedibyo
Oleh : Anthony Bachtiar | 18-Sep-2007, 18:49:12 WIB

KabarIndonesia - Hj. BRA. Mooryati Soedibyo, S.S., M. Hum adalah nama lengkap dari Mooryati Soedibyo yang lahir di Surakarta, 05-01-1928. Dia adalah Wakil ketua II MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat). Mooryati Soedibyo adalah seorang putri keraton, cucu dari Sri Susuhunan Pakoe Boewono X Keraton Surakarta.  

Dia memiliki berbagai talenta antara lain yang kesohor oleh keberhasilannya di bidang  kecantikan, dan jamu tradisional yaitu MUSTIKA RATU. Sejak usia 3 tahun ia tinggal di Keraton Surakarta yang terkenal sebagai sumber kebudayaan Jawa.

Di samping keberhasilannya dalam bidang politik, dia adalah juga seorang pembuat produk ramuan jamu dan kosmetika tradisional yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia dan juga salah satu dari pencetus ide kontes pemilihan Putri Indonesia yang digelar setiap tahun.

Hobinya minum jamu tersebut sudah dia lakukan sejak dia masih belia, ramuan jamu resep Keraton Surakarta tersebut awalnya dia membagi-bagikan gratis ke teman-temannya, akhirnya pada tahun 1973 dia memulai sesuatu yang baru untuk mengembangkan resepnya untuk menjadi bisnis. Produknya juga terkenal di luar negeri yang mana produknya telah merambah sampai ke sekitar 20 negara.

Ketika Redaksi KabarIndonesia bertemu dengan Ibu Mooryati Soedibyo, kami benar-benar kagum, karena walaupun Ibu Mooryati usianya sudah hampir mencapai 80 tahun, tetapi memiliki penampilan yang jauh lebih muda daripada usianya. Begitu juga jawaban-jawaban yang diberikan oleh beliau, tidak sedikitpun menandakan bahwa usianya sudah lanjut. Di bawah ini adalah hasil wawancara antara Ibu Mooryati dengan Redaksi KabarIndonesia.

Pertanyaan: Mohon kiranya Ibu menceritakan rahasia keberhasilannya Ibu dan juga apa kiat-kiat keberhasilan yang dapat disampaikan untuk generasi penerus.

Jawaban: Rahasia keberhasilan saya, nggak saya lakukan, biasa-biasa saja seperti lain-lain orang, yang penting saya punya obsesi untuk melestarikan budaya Indonesia sepanjang pengetahuan dan jangkauan pikiran saya yaitu budaya yang saya kenali sejak kecil  budaya Jawa.

Apa yang menonjol yang baik jangan sampai punah dan hilang tanpa bekas. Sesuatu yang merupakan tradisi/heritage budaya Indonesia yang perlu dilestarikan dan digunakan oleh masyarakat untuk dimanfaatkan. Sebab untuk itu saya sangat konsisten dalam menjadi founder dan bidang usahanya Mustika Ratu yang bergerak di bidang sarana kesehatan dan kecantikan, busana dan disebarluaskan ke masyarakat luas.

Saya termasuk orang yang tidak pernah putus asa, gigih, disiplin, pada diri saya sendiri, inovatif dan pekerja keras tanpa kenal lelah. Namun selalu bersyukur atas nikmat dan apa yang telah diberikan Allah SWT kepada saya dan keluarga saya.
Sukses di perusahaan adalah melakukan dengan "human resource oriented" mengatur aturan yang berlaku dalam mengelola suatu industri yang baik dengan segala kemampuan yang ada. Memperhatikan kemampuan staf dan pekerja dengan menyelenggarakan training, bimbingan dan lain-lain agar trampil sesuai dengan tugas dan kewajibannya.
 
Kebutuhan human resource perlu diperhatikan, kebutuhan materil, kebutuhan rohani, kebutuhan pengembangan pengetahuan keterampilannya, ketenangan lingkungannya, dengan demikian diharapkan sumber daya manusia yang merupakan kunci dari segala suksesnya kegiatan-kegiatan perlu memiliki dedikasi, merasa ikut memiliki dan ikut bertanggung jawab menjadi suatu kekuatan Team Work yang handal.

Pertanyaan: Di usia senja Ibu dan di sela-sela kesibukan yang padat, kenyataannya Ibu masih memiliki energi maupun kemampuan untuk terjun dalam bidang politik maupun melakukan studi doktor lagi. Di samping itu tidak bisa dipungkiri, penampilan Ibu tetap cantik, anggun dan awet muda. Di mana letak rahasia kekuatan maupun kesehatan Ibu?

Jawaban: Kesehatan itu tidak datang begitu saja tanpa diusahakan, kesehatan harus didukung oleh cara hidup sehat. Sekarang manusianya hidup sehat sehingga bisa panjang usianya dan menikmati hasil kerja pada waktu muda. Menurut hasil data statistika orang Amerika sekarang bisa rata-rata hidup sampai dengan 85 tahun dan orang Indonesia yang dulu hidup sampai usia 55 tahun sudah bisa menambah usia harapan hidupnya sampai dengan 65 tahun. Lebih dari usia itu dikatakan orang sudah "mendapat bonus dari Tuhan Yang Maha Esa".

Cara hidup sehat diatur menurut ilmu kesehatan yaitu:
Apa yang dimakan? Apa yang diminum? Apa yang dilakukan sehari-hari? Tidur cukup? Melakukan olah tubuh teratur? Kegiatan yang produktif fisik dan mental? Berfikir positif dan bersyukur (tidak stres). Menurut pendapat saya perawatan diri terhadap "body, mind and spirit" merupakan usaha-usaha yang harus tetap dilakukan meskipun usia bertambah, sehingga badan tetap sehat, produktif dan tidak "pikun".

Pertanyaan: Ibu adalah pencetus ide dan perintis ajang kontes pemilihan Puteri Indonesia, dapatkah Ibu menceritakan kesan dan pengalaman dalam merintis pemilihan Puteri Indonesia ini?

Jawaban: Sebagai pencetus berdirinya Mustika Ratu yang menangani sarana perawatan kesehatan dan kecantikan, sudah pasti tidak boleh lepas dari kegiatan yang berhubungan dengan masalah-masalah tersebut tadi antara lain kecantikan, perawatan yang berhubungan dengan kesehatan dan kecantikan seperti kegiatan pemilihan Miss Universe oleh Miss Universe Organization yang anggotanya terdiri dari kurang lebih 100 negara yang diselenggarakan setiap tahun, Mustika Ratu tidak boleh ketinggalan, pertimbangannya:

Mustika Ratu membuat Yayasan Puteri Indonesia (YPI) dan menyelenggarakan pemilihan puteri-puteri Indonesia dari berbagai provinsi/daerah dengan kriteria body, mind, spirit sehingga puteri remaja muda dapat dibina untuk mengembangkan dirinya berani tampil di depan umum sebagai seorang remaja puteri yang berkualitas, cantik, cerdas dan berkualitas.

Dengan adanya Pemilihan Puteri Indonesia maka diharapkan mereka semakin percaya diri dan merasa punya kedudukan yang sama dengan puteri-puteri bangsa lain. Sebab itulah pemenangnya yang menjadi Puteri Indonesia mulai tahun 1992 sudah berminat dan berani untuk mengikuti pemilihan di kancah internasional menjadi Miss Universe yang bertujuan untuk memperkenalkan Indonesia kepada dunia, mengenal tidak hanya kecantikan dan kecerdasan puteri-puterinya tetapi juga berbicara mengenai Kecantikan Negara Indonesia dengan objek wisatanya, budayanya, lingkungan budayanya dan kekayaan alamnya.

Pertanyaan: Selain pandai meracik jamu, Ibu juga terkenal pandai meracik kemampuan berpolitik, sehingga pada saat pemilihan legislatif 5 April 2004 suara yang diraih terbesar antara lain dari tiga tokoh politik yang terpilih lainnya. Usul apa yang Ibu bisa berikan sebagai Senator agar rakyat Indonesia bisa merasa aman, tenteram dan kenyang?

Jawaban: Masalah politik itu karena suatu proses hidup di mana saya harus melakukan suksesi penerus yang akan meneruskan tampuk pimpinan pengelolaan bisnis yang sudah saya rintis dan berkembang. Dalam organisasi apapun harus dibentuk dan direncanakan adanya proses penerus agar perusahaan dapat tetap menjadi berkembang di waktu yang akan datang (sustainable development).

Setelah berjalan transisi penerus yang akan mengganti saya dipersiapkan, dilakukan interaksi leadership transfer beberapa waktu, waktu saya mulai bisa saya gunakan untuk fokus pada masyarakat. Kebetulan UUD 1945 Pasal 22D menentukan dibentuknya lembaga Dewan Perwakilan Daerah yang setiap orang dapat mendaftarkan diri ke KPU. Saya coba mendaftarkan diri dan ternyata mendapat suara terbesar di Provinsi DKI Jakarta dan menjadi Anggota DPD RI.

Bagaimana proses saya dapat dipilih menduduki Wakil Ketua MPR juga adalah melalui rapat paripurna yang dihadiri oleh Anggota DPR dan DPD. Dari hasil rapat paripurna dipilih 4 pimpinan MPR yang terdiri dari 2 orang anggota DPR dan 2 orang anggota DPD dan sebagai wakil DPD saya berhasil dipilih dengan suara terbanyak menjadi Wakil Ketua MPR.


Blog:
http://pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Alamat ratron (
surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!!
Kunjungi segera: http://kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra Dukung Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawaoleh : Rohmah S
12-Nov-2018, 10:18 WIB


 
  Astra Dukung Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Rini Soemarno (kedua kiri) didampingi Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas (kedua kanan) saat flag off Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa di Surabaya (12/11).
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Rocky Gerung dan Jokowi 05 Nov 2018 15:56 WIB

Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia