KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA PROFIL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Filosofi Kopi 20 Jan 2019 01:57 WIB

Senja Kan Berlalu 19 Jan 2019 14:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
 

 

KAK AZRUL AZWAR: Pribadi Santun, Leader Visioner, dan Jago Nulis

 
PROFIL

KAK AZRUL AZWAR: Pribadi Santun, Leader Visioner, dan Jago Nulis
Oleh : Yohanes | 07-Jan-2009, 00:09:51 WIB

KabarIndonesia – Masa depan gerakan kepanduan yang bernama Praja Muda Karana “Pramuka” kini kembali terlihat bergeliat kembali, pasca mengalami kestagnasian dinamika institutif akibat terpengaruh masa peralihan era Orde Baru menuju Reformasi dulu. Rasa optimisme akan kecemerlangan quovadis Gerakan Pramuka itu—salah satu faktor pokoknya—berkat komitmen serius para pemegang pucuk pimpinan korps yang berlambang tunas kelapa ini. Belum lama ini, bertempat di Cibubur (Jakarta), tepatnya tanggal 15-18 Desember lalu; Kak Prof. Dr. H. Azrul Azwar terpilih kembali untuk kedua kalinya menduduki jabatan bergengsi, yakni Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka periode 2008-2013.

Lantas siapakah Kak Azrul Azwar sejatinya yang seorang sosok gaek, namun berjiwa muda serta amat bersahaja selalu itu? Bagaimanakah visi dan misinya dalam merevitalisasikan Gerakan Pramuka di era serba modern ini? Berikut ini tulisan “pendek” hasil bincang-bincang santai tapi serius dengan Beliau.

Keseharian orang nomor satu di tubuh gerakan kepramukaan Indonesia yang berdarah asli Aceh ini, benar-benar perfeksionis meski tetap bersahaja. Gelar S1 dan S3 serta Guru Besarnya diperoleh dari almeamaternya, yaitu Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Sementara titel S2-nya di-gondol dari Universitas Hawai (USA). Berbagai jabatan akademik, non-akademik level nasional, internasional ternyata berjibun-jibun juga, antara lain pernah menjadi Dekan pada Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia dan Wakil Presiden Medical Association of ASEAN (MASEAN), serta Presiden CMAAO. (Mentereng, benar!)

Bicara soal masa depan Gerakan Pramuka, ayah yang dikaruniai tiga anak sekaligus kakek dari tiga cucu ini terlahir 63 tahun silam, pada 6 Juni 1945 di Kotacane (Aceh Tenggara) itu tetap merasa optimistik, bahwa Pramuka tetap memberikan kontribusi besar dalam membangun bangsa berpenghuni 224 juta jiwa ini. Sikap optimisnya jelas beralasan. Patokan konkret itu terletak pada spirit Gerakan Pramuka yang mampu membentuk mentalitas leadership setiap anggota Pramuka sejak dari bangku SD, SMP, SMA/K hingga Perguruan Tinggi (PTN/S).

“Pramuka Indonesia sekarang ingin menunjukkan punya potensi. Seperti di Amerika Serikat terutama bisa mendidik pemuda jadi orang bertanggung jawab, mandiri, disiplin dan terampil. Posisi kita masih diperhitungkan di tingkat internasional," beber Ketua Kwarnas Pramuka yang baru, Kak Azrul Azwar pada Harian Online KabarIndonesia.

Karena itu, Rektor STIKES Binawan ini mengaku sangat yakin, penuh percaya diri akan geliat Gerakan Pramuka bisa kembali. Bahkan lebih baik secara kualitas dibanding pada masa-masa sebelumnya yang sekedar lebih menekankan kuantitas. Bahkan profesor pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini lebih jauh menilai, Indonesia bisa memiliki banyak pemimpin teladan di masa mendatang. Untuk itu, ia pun melakukan sejumlah gebrakan revitalisasi di tengah kesulitan dana (finansial minim) yang dihadapi korps Pramuka.

Latar belakang pendidikannnya memang berhubungan dengan jagat medikal. Itulah yang membuat sebagian pihak dulunya meragukan kapabilitas kepemimpinan Beliau. Namun seiring dengan prestasi yang dicapai Gerakan Pramuka, kini semua pihak meyakini akan kevisioneran dan kecemerlangan dalam memimpin. Memang sekilas pandang kalau dianasirkan, tidak ada korelasi langsung atau tidak langsung antara dunia kedokteran dan Pramuka. Namun ternyata, pada sisi psikososiologis, keduanya memiliki ikatan emosional dan mekanis yang hampir identik.

Jam terbang Kak Azrul Azwar dalam dunia kepramukaan, tidak diragukan lagi. Sebelum menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Azrul Azwar pernah stand by sebagai Pemimpin Satuan Karya (Pinsaka) Bakti Husada Tingkat Nasional (1998-2003). Bahkan Ketua Umum Pengurus IDI ini pernah jadi andalan Nasional sejak tahun 1998.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ini, tercatat aktif sebagai pengurus pada lima belas organisasi. Tak kalah moncer-nya, kiprahnya dalam dunia media massa amat banyak. Seperti pernah menjadi Chief Editor of Weekly Journal dan Indonesian Journal of Family Medicine serta Wakil Pemimpin Redaksi Panacea Health Magazine, Jakarta. Yang hingga kini masih dipegangnya yakni posisi Pemimpin Redaksi Majalah Kesehatan Indonesia.

Kalau mau menghitung penghargaan alias award yang pernah disabetnya, jangan kaget kalau bagaikan deret hitung (matematika), karena amat banyak sekali, antara lain: First Class Citation Medal, Thailand Scout Organization-Bangkok dan Silver Hawk Medal, Japan Scout Association. Belum lagi ia pernah memperoleh Tanda Kehormatan Melati, Indonesian Scout Movement, Jakarta dan Pinggat Semangat Rimba Emas, Malaysian Scout Association, Kuala Lumpur, dan masih banyak lagi.

Tak lupa pula segenap Tim Redaksi Harian Online KabarIndonesia mengucapkan selamat atas terpilihnya Kak Azrul Azwar untuk kedua kalinya sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (2008-2013).

Selamat berkiprah kembali: Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan. Maju dan Jaya; Berdayalah Pramuka untuk Generasi Muda dan Indonesia.




Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
 
 
 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB

 

 

 
Haruskah Beragama? 18 Jan 2019 16:17 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia